RPP K13 PJOK Kelas 5 Tema 1 Sub tema 1 Pembelajaran 1
Satuan Pendidikan : SD .............................
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan
Dan Manusia(Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan
(Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Muatan
: IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada
manusia dan hewan.
3.1.2 Menunjukan cara menjaga
kesehatan alat gerak.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan
hewan.
|
4.1.1 Menciptakan alat peraga dari bahan bekas.
|
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis.
|
3.1.1
Menunjukan ide pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2
Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
|
4.1.1
Mengindentifikasi pokok pikiran yang
terdapat pada sebuah teks.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
D. MATERI
- Bacaan organ gerak hewan dan manusia
- Bacaan beberapa paragarap.
- Gambar dan percakapan.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
●
Apa
yang tergambar pada sampul buku.
●
Apa
judul buku
●
Kira-kira
ini menceritakan tentang apa
●
Pernahkan
kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
●
Pada
awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan
mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
●
Siswa
mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
●
Biarkan
siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi
gambar secara cermat untuk menggali informasi.
2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga
terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui
konsep pelaporan tertulis.
3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa
dengan dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan
mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian
terhadap organ gerak.
A. Ayo
Membaca
●
Siswa
membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif
kegiatan membaca:
1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa
diminta dalam hati.
2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan
bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan
bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
gemar membaca.
-
Siswa
memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
-
Melalui
bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
●
Selesai
membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf
dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif
jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan
menggunakan organ geraktersusun
dalam sistem gerak.
2. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan
memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya
dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
-
Siswa
mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo
Menulis
●
Pada
kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf
berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Alternatif Jawaban
1. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan
terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ
gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam
sistem gerak manusia dan hewan.
2. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali
fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam
kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang,
berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak
akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan
aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem
yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik
gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun
gerakan-gerakan terencana.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi
-
sebuah
paragraf.
-
Siswa
mengetahui fungsi organ gerak.
-
Siswa
dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.
C. Ayo
Berdiskusi
●
Siswa
membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara
menentukan ide pokok bacaan.
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi
1. Guru menciptakan suasana interaktif dan
atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan
lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya
diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan
untuk didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk mencatat
kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti
pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga
bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan
pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa
acara.
6. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru
mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk
menarik kesimpulan.
7. Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai
pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Alternatif
Jawaban
-
Ide
Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah
paragraf.
-
Fungsi
Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
-
Cara
menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu,
menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide
pokok/pikiran utama.
Hasil
yang diharapkan
▪
Siswa
memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah
bacaan.
▪
Siswa
mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat
orang lain.
●
Pada
kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi.
●
Cara
membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang
disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
●
Setelah
membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan
yang dirasa mendekati kebenaran.
●
Siswa
meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
●
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian
atau peristiwa.
-
Kemandirian
dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil
yang diharapkan
-
Kemandirian
dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-
Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan
organ gerak manusia dan hewan.
Catatan :
●
Kegiatan
ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah
dipelajari dan dipahami siswa.
●
Pada
ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
●
Sebagai
tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN
sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang
dicapainya.
C.
Keja Sama Dengan Orang Tua
●
Dengan
bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat
tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil
yang diharapkan
-
Mengetahui
organ gerak hewan.
-
Menambah
rasa ingin tahu.
-
Kerja
sama.
-
Keterampilan
mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu
mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan do’a
penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut
Teknik Penilaian:
1.
Penilaian Sikap:
Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
a)
Disiplin
b)
Tanggung Jawab
c)
Peduli
d)
Percaya Diri
2.
Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa.
Format Penilaian
3.
Penilaian
Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk Kerja
a)
Rubrik Menulis
Berdasarkan Pengamatan Gambar
b)
Mencari ide pokok
bacaan
c)
Menuliskan Ide
Pokok dari Bacaan
- REMEDIAL DAN PENGAYAAN
a.
Remedial
b.
Pengayaan
Coba amati kegiatanmu sehari-hari.
1. Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu sehari-hari
yang memanfaatkan organ gerak:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apakah yang akan terjadi jika organ gerakmu
tidak dapat bekerja sebagai mestinya?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
- SUMBER DAN MEDIA
1. Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia,
gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
2. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa
Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
3. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester
1 dari JGC/SCi Media.
5. Slide/gambar tentang organ gerak hewan dan
manusia.
6. Slide materi
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………, ...............
Guru Kelas 5 ,
………………………………
NIP………………………….
|
Kelas / Semester : 5 /1
Sub
Tema : Organ
Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
H. KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
I. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Muatan
: IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan
fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak
manusia.
|
3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak
pada
manusia dan
hewan.
3.1.2 Menunjukan cara menjaga
kesehatan alat
gerak.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak
manusia dan hewan.
|
8.1.1 Menciptakan alat peraga dari bahan
bekas.
|
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis.
|
3.1.1
Menunjukan ide pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2
Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
|
4.1.1
Mengindentifikasi pokok pikiran yang
terdapat pada sebuah teks.
|
J. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
K. MATERI
- Bacaan organ gerak hewan dan manusia
- Bacaan beberapa paragarap.
- Gambar dan percakapan.
L. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
M. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
●
Apa yang tergambar pada sampul buku.
●
Apa judul buku
●
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
●
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
●
Pada
awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan
mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum
kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
●
Siswa
mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia.
●
Biarkan
siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.
Catatan:
4) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi
gambar secara cermat untuk menggali informasi.
5) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga
terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui
konsep pelaporan tertulis.
6) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa
dengan dialog interaktif.
Hasil yang Diharapkan
3. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan
mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
4. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian
terhadap organ gerak.
A. Ayo
Membaca
●
Siswa
membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.
Alternatif
kegiatan membaca:
4. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa
diminta dalam hati.
5. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan
bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
6. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan
bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
gemar membaca.
-
Siswa
memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
-
Melalui
bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia dan hewan.
●
Selesai
membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf
dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif
jawaban
5. Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewan
menggunakan organ geraktersusun
dalam sistem gerak.
6. Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan
memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.
7. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
8. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya
dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
-
Siswa
mampu menentukan ide pokok bacaan.
B. Ayo
Menulis
●
Pada
kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa mencoba membuat paragraf
berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.
Alternatif Jawaban
4. Paragraf 1: Organ gerak manusia dan hewan
terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ
gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masing dalam
sistem gerak manusia dan hewan.
5. Paragraf 2: Organ gerak banyak sekali
fungsinya. Dengan organ gerak, kita dapat melakukan gerakan-gerakan dalam
kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang,
berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
6. Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusia tidak
akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan
aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak adalah sistem
yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik
gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun
gerakan-gerakan terencana.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa
memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi
-
sebuah
paragraf.
-
Siswa
mengetahui fungsi organ gerak.
-
Siswa
dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.
C. Ayo
Berdiskusi
●
Siswa
membentuk kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara
menentukan ide pokok bacaan.
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi
8. Guru menciptakan suasana interaktif dan
atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
9. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan
lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
10. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya
diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan
untuk didiskusikan oleh peserta.
11. Notulis bertugas untuk mencatat
kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti
pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga
bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
12. Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan
pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa
acara.
13. Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru
mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk
menarik kesimpulan.
14. Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai
pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Alternatif
Jawaban
-
Ide
Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah
paragraf.
-
Fungsi
Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
-
Cara
menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu,
menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide
pokok/pikiran utama.
Hasil
yang diharapkan
▪
Siswa
memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah
bacaan.
▪
Siswa
mampu mengembangkan sikap kerja sama dalamkelompok serta menghargai pendapat
orang lain.
●
Pada
kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi.
●
Cara
membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang
disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
●
Setelah
membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta diskusi dan
yang dirasa mendekati kebenaran.
●
Siswa
meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
●
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
memahami konsep dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian
atau peristiwa.
-
Kemandirian
dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil
yang diharapkan
-
Kemandirian
dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
-
Siswa
mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan
organ gerak manusia dan hewan.
Catatan :
●
Kegiatan
ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah
dipelajari dan dipahami siswa.
●
Pada
ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
●
Sebagai
tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN
sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil
yang diharapkan
-
Siswa
meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang
dicapainya.
C.
Keja Sama Dengan Orang Tua
●
Dengan
bantuan orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat
tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.
Hasil
yang diharapkan
-
Mengetahui
organ gerak hewan.
-
Menambah
rasa ingin tahu.
-
Kerja
sama.
-
Keterampilan
mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
|
140 menit
|
Penutup
|
6.
Siswa mapu
mengemukan hasil belajar hari ini
7.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
8.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya
9.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
10.
Salam dan do’a
penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
N. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut
Teknik Penilaian:
4.
Penilaian Sikap:
Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
e)
Disiplin
f)
Tanggung Jawab
g)
Peduli
h)
Percaya Diri
5.
Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa.
Format Penilaian
6.
Penilaian
Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk Kerja
d)
Rubrik Menulis
Berdasarkan Pengamatan Gambar
e)
Mencari ide pokok
bacaan
f)
Menuliskan Ide
Pokok dari Bacaan
J.
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
a. Remedial
b. Pengayaan
Coba amati kegiatanmu sehari-hari.
3. Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu
sehari-hari yang memanfaatkan organ gerak:
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Apakah yang akan terjadi jika organ
gerakmu tidak dapat bekerja sebagai mestinya?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
K.
SUMBER DAN
MEDIA
7. Buku, teks bacaan organ gerak hewan
dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
8. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2014).
9. Buku Sekolahnya Manusia, Munif
Khotif.
10. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester
1 dari JGC/SCi Media.
11. Slide/gambar tentang organ
gerak hewan dan manusia.
12. Slide materi
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………, ...............
Guru Kelas 5 ,
………………………………
NIP………………………….
|
seconds.