Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1
Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1
Satuan Pendidikan
:
SMP ................
Kelas :
IX
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi
: GEOMETRI DAN PENGUKURAN
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
NILAI
KARAKTER
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
1.1 Mengiden
tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
|
1.
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Kesebangunan
|
Mendiskusikan dua
bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar.
A.
BANGUN- BANGUN YANG
SEBANGUN DAN KONGRUEN
Kegiatan
pada tatap muka,
Guru menjelaskan pengertian secara,sederhana,dua buah
bangun disebut sebangun bila kedua bangun tersebut mempunyai bentuk atau tipe
yang sama.Ukuran kedua bangun sebangun bisa sama ataupun berbeda.Kemudian siswa
diajak melihat benda - benda disekitar kelasnya mana yang bentuk – bentuk atau benda - benda yang bentuknya sama
walaupun ukurannya berbeda,dan bentuk - bentuk yang sama dan juga ukurannya
sama.
Kemudian guru memperlihatkan bentuk bangun atau gambar pada power point,dan
siswa mendiskusikan dengan temen sebangkunya mana bangun – bangun yang
sebangun atau kongruen .
|
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Bangun-bangun manakah yang sebangun? , Dan yang mana
kongruen.Mengapa?
Perhatikan gambar diatas;
Tentukan
pasangan sudut yang sama besar, dan
Tentukan pasangan sisi yang bersesuaian sebanding.
Apakah kedua bangun tersebut sebangun? Mengapa?
|
2x40 menit
|
Buku teks SUKINO, lingkungan,power point, model bangun
datar dari kawat atau karton
|
|||
1.
Kecerdasan,Berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
|
Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
Siswa mendiskusikan pasangan
sudut yang sama besar dan pasangan sisi – sisi yang berrsesuaian.
Penugasan terstruktur ,siswa secara
berkelompok menyimpulkan syarat dua bangun sebangun dan
syarat dua bangun kongruen,
Persyaratan dua bangun yang
sebangun adalah:
1.
Sudut – sudut yang bersesuain sama
besar, dan
2.
Sisi – sisi yang bersesuaian sebanding.
Persyaratan dua bangun yang
kongruen adalah :
1. Sudut – sudut
yang bersesuaian sama
besar, dan
2.Sisi – sisi yang bersesuaian mempunyai panjang yang sama.
Penugasan mandiri ,siswa diberi tugas dirumah latihan 1, no 1,2,evaluasi A hal 4.
|
· Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?
|
2x40 menit
|
||||||
1.2 Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
1.
Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Kesebangunan
|
Mencermati
perbedaan dua segitiga sebangun atau kongruen
|
·
Membedakan
pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Kalau ΔABC sebangun dengan ΔPQR, apakah
Kalau dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun?
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat
atau karton
|
|||
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
|
·
Menyebutkan
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Diketahui ΔABC dan ΔPQR, sebangun
Sudut A = sudut ….
|
||||||||
1.3
Mengguna kan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
1.
Kecerdasan
|
Kesebangunan
|
Mengamati
perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
|
· Menentukan
perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
∆ABC sebangun dengan ∆PQR.
Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian dengan AB
adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka
panjang sisi QR adalah ….
|
2x40menit
|
Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat
atau karton
|
|||
Menggunakan
kesebangunan untuk memecahkan masalah
|
·
Memecahkan masalah yang melibatkan
kesebangunan.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Sebuah foto ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar
foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto
yang diperbesar tersebut adalah …..cm2.
|
2x40menit
|
Standar Kompetensi
: GEOMETRI
DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta
menentukan ukurannya
Kompetensi
Dasar
|
NILAI KARAKTER
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||||
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
|
2.
Kecerdasan,Berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
|
Tabung, kerucut, dan bola
|
Mendiskusikan
unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola dengan menggunakan model bangun ruang
sisi lengkung (model kerangka dan padat)
|
·
Menyebutkan unsur-unsur:
jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
a.
Arsirlah alas kerucut
b.
Gambarlah tinggi kerucut
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi
lengkung(kerangka dan padat)
|
|||
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut
dan bola
|
Tabung, kerucut, dan bola
|
Menentukan luas selimut tabung, kerucut, dan bola
|
·
Menghitung luas selimut
tabung, kerucut, dan bola.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Sebuah bola berjari-jari 10 cm. Hitunglah luas selimut
bola tersebut
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi
lengkung(kerangka dan padat)
|
||||
Mencari volume
tabung, kerucut, dan bola
|
·
Menghitung volume
tabung, kerucut dan bola.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Sebuah tabung jari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung
30 cm. Berapakah volum tabung tersebut?
|
2 x 40t menit
|
|||||||
Menggunakan rumus
volume untuk menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya
diketahui.
|
· Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Sebuah tabung volumenya
1540 cm3. Berapakah jari-jari tabung
tersebut?
|
||||||||
2.3 Memecah kan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
Tabung, kerucut, dan bola
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut,dan bola dengan menggunakan
rumus luas dan volume
|
· Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang
berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Pak Candra akan membuat tabung dari kaleng, yang
jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan tingginya 1 m. Kaleng yang diperlukan
untuk membuat tabung tersebut sebanyak ..... cm2.
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi
lengkung(kerangka dan padat)
|
Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan
dan penyajian data
Kompetensi
Dasar
|
NILAI KARAKTER
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1 Menentu kan rata-rata,
median, dan modus data tunggal serta
penafsirannya
|
Statistika
|
Melakukan
pengumpulan data dengan mengukur dan mencatat data (menurus/tally) dengan
objek lingkungan
|
·
Mengumpulkan data dengan
mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Perolehan 12 siswa adalah sebagai berikut.
54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
Buatlah tabel skor dengan turus.
Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
Mengidentifikasi
data berdasar urutan
|
·
Mengurutkan data
tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Umur 10 siswa SD adalah sebagai berikut.
6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9.
a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang
terkecil ke yang terbesar
b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan
yang tertua
|
|||||
Melakukan
perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta menafsirkan maknanya
|
·
Menentukan rata-rata,
median, modus data tunggal serta penafsirannya.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut.
7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.
b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus
tersebut?
|
2x40 menit
|
||||
3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan
lingkaran
|
Statistika
|
Membuat tabel,
diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dari data tunggal
|
·
Menyajikan data tunggal
dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam
tahun).
13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13. 16, 15, 13,
14, 15, 13, 15, 13, 14.
Gambarlah diagram batang dari data tersebut.
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
Menafsirkan
diagram suatu data
|
·
Membaca diagram suatu
data
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola?
|
t
|
Standar Kompetensi :
STATISTIKA DAN PELUANG
4. Memahami peluang kejadian sederhana
Kompetensi
Dasar
|
NILAI KARAKTER
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1 Menentu kan ruang sampel suatu percobaan
|
3.
Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Peluang
|
Mendiskusikan
pengertian ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan
|
· Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Kalau satu mata uang dilambungkan satu kali, maka:
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge,
kartu bernomor
|
Mendiskusikan
untuk menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya
|
· Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Dua dadu dilambungkan satu kali.
Titik sampelnya adalah .....
Ruang sampelnya adalah .....
|
2x40 menit
|
||||
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
Peluang
|
Menentukan
peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan misal
melambungkan uang logam, dadu
|
· Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu
percobaan
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata
4 adalah ......
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge,
kartu bernomor
|
|
Mencari nilai
peluang suatu kejadian
|
· Menghitung nilai peluang suatu kejadian.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Dua buah dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian
muncul jumlah mata dadu sama dengan 9. Berapakah peluang terjadinya peristiwa A?
|
2x40 menit
|
Mengetahui,
Denpasar , 9 Juli 2015
Kepala SMP Negeri ....................... Guru
mata pelajaran Matematika
..................................................
NIP.
Silabus
Sekolah
: SMP Negeri 1 Denpasar
Kelas :
IX
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II(dua)
Standar Kompetensi
: BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk
akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
Kompetensi
Dasar
|
NILAI KARAKTER
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat
dan bentuk akar
|
4.
Kecerdasan,Berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
|
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
|
Mendiskusikan
pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol.
|
· Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif
dan nol.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Hitunglah:
1. 43
= .....
2. 8-2 = ....
3. 250
= ....
4. (-3)4 = ...
5. (-6)-2 = ....
6. ()2 = ....
|
2x40 menit
|
Buku teks
|
Mendiskusikan
untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat
negatif.
|
· Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif
1. 5-4
= ......
2. (-3)-5
= ....
3. ()-2 = .....
|
2x40 menit
|
||||
Mendiskusikan
arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
|
· Mengenal arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
1. Ubahlah dalam bentuk akar
61/2 = ......
2. Ubahlah menjadi pangkat pecahan
= .....
|
|||||
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
|
Menentukan hasil
operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar.
|
· Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Hitunglah
|
4x40 menit
|
Buku teks
|
|
5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan
bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
|
Memecahkan
masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Misal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit
sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit?
|
4x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
Standar Kompetensi :
BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
NILAI KARAKTETR
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana.
|
5.
Kecerdasan,Berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif
|
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri
|
Mendiskusikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan
|
· Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya
berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6?
|
2x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
Mendiskusikan
unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan
(peraga)
|
· Mengenal unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku
berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Diketahui barisan:
5, 8, 11, 14, 17, 20, ...
a. Suku pertama adalah ....
b. Bedanya adalah .....
c. Suku ke-10 adalah ....
|
2x40 menit
|
||||
Mendiskusikan
cara memperoleh pola barisan bilangan
|
· Menentukan pola barisan bilangan.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Diketahui barisan 3, 6, 9, ...
a.
Tentukan suku ke-4,
ke-5, dan ke-6
b.
Tentukan suku ke-n
|
t
|
||||
6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan
geometri
|
6.
Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
|
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri
|
Mendiskusikan
pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri
|
· Mengenal pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
|
Tes tulis
|
Tes pilihan ganda
|
Manakah yang merupakan barisan aritmetika?
|
2x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
Menemukan rumus
suku ke-n barisan aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat
peraga atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan
|
· Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
|
Tes tulis
|
Tes isian
|
Suku ke-10 dari deret
2, 5, 8, 11, 14, ...
adalah .....
|
2x40 menit
|
||||
6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret
aritmatika dan deret geometri
|
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri
|
Mencermati deret
aritmetika dan deret geometri naik atau turun
|
· Mengenal pengertian
deret aritmatika dan deret geometri naik
atau turun.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Manakah yang merupakan deret aritmetika?
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
Menemukan rumus
jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
|
· Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret
geometri.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret:
3 + 6 + 9 + 12 + ...
|
|||||
6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan
dan deret
|
Barisan dan Deret Aritmetika
Barisan dan Deret Geometri
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada
deret aritmetika , deret geometri
|
· Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret
geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi seperti
berikut.Pada barisan pertama terdapat 5 kursi, barisan kedua 8 kursi, barisan
ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang
dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris?
|
2x40 menit
|
Buku
teks, lingkungan
|
Mengetahui,
Denpasar , 9 Juli 2015
Kepala SMP Negeri
.................. Guru
mata pelajaran Matematika
.....................................................
NIP.
Penutup: Itulah Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1, apabila anda kesulitan dalam mengambil silabus ini dikarenakan kolom yang tersedia tidak cukup silahkan anda request di kolom komentar akan saya kirimkan via email. Trimakasih
seconds.
Tags : Kelas 9 Matematika