Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1



Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1

Satuan Pendidikan    :  SMP ................
Kelas                           : IX
Mata Pelajaran          : Matematika
Semester                     : I(satu)

Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
NILAI
KARAKTER
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

1.       Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Kesebangunan
Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar.
A.    BANGUN- BANGUN YANG SEBANGUN DAN KONGRUEN

Kegiatan pada tatap muka,
Guru menjelaskan pengertian secara,sederhana,dua buah bangun disebut sebangun bila kedua bangun tersebut mempunyai bentuk atau tipe yang sama.Ukuran kedua bangun sebangun bisa sama ataupun berbeda.Kemudian siswa diajak melihat benda - benda disekitar kelasnya mana yang bentuk – bentuk  atau benda - benda yang bentuknya sama walaupun ukurannya berbeda,dan bentuk - bentuk yang sama dan juga ukurannya sama.
Kemudian guru memperlihatkan bentuk  bangun atau gambar pada power point,dan siswa mendiskusikan dengan temen sebangkunya mana bangun – bangun yang sebangun atau kongruen .
  1. Mendiskusikan  dua bangun yang sebangun melalui model bangun datar
  2. Mendiskusikan dua bangun kongruen melalui model bangun datar
  3. Membedakan dua bangun datar sebangun
  4. Membedakan dua bangun datar kongruen



Tes tulis







Tes uraian







Bangun-bangun manakah yang sebangun? , Dan yang mana kongruen.Mengapa?



 



































Perhatikan gambar diatas;   
 Tentukan pasangan sudut yang sama besar, dan
Tentukan pasangan sisi yang bersesuaian sebanding.
Apakah kedua bangun tersebut sebangun? Mengapa?

2x40 menit
Buku teks SUKINO, lingkungan,power point, model bangun datar dari kawat atau karton

1.                  Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif


Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen

                









Siswa mendiskusikan pasangan sudut yang sama besar dan pasangan sisi – sisi yang berrsesuaian.

Penugasan terstruktur ,siswa secara berkelompok menyimpulkan syarat dua bangun sebangun dan syarat dua bangun kongruen,

Persyaratan dua bangun yang sebangun adalah:
1.     Sudut – sudut yang bersesuain sama besar, dan
2.     Sisi – sisi yang bersesuaian sebanding.

Persyaratan dua bangun yang kongruen adalah :
1.    Sudut – sudut yang bersesuaian                 sama besar, dan
2.Sisi – sisi yang bersesuaian mempunyai panjang yang sama.

Penugasan mandiri ,siswa diberi tugas dirumah latihan 1, no 1,2,evaluasi A hal 4.



·   Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Text Box:  Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?



 






   







                    





2x40 menit

1.2 Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

1.                         Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Kesebangunan
Mencermati perbedaan dua segitiga sebangun atau kongruen









·   Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.







Tes lisan
Daftar pertanyaan
Kalau ΔABC sebangun dengan ΔPQR, apakah
  1. sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang?
  2. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar?

Kalau dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun?

2x40 menit
Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton




Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.




·         Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
.



Tes tulis
Tes isian
Diketahui ΔABC dan ΔPQR, sebangun





 








Sudut A = sudut ….



1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
1.                  Kecerdasan

Kesebangunan
Mengamati perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.

·   Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
Tes tulis
Tes uraian
∆ABC sebangun dengan ∆PQR.
Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka panjang sisi QR adalah ….
2x40menit
Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton



Menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah

·   Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan.
Tes tulis
Tes uraian
Sebuah foto ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar tersebut adalah …..cm2.
2x40menit



Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
NILAI KARAKTER
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola

2.                  Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Tabung, kerucut, dan bola
Mendiskusikan unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung (model kerangka dan padat)
·   Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola

Tes tulis
Tes uraian



 










a. Arsirlah alas kerucut
b. Gambarlah tinggi kerucut

2x40 menit
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat)
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola



Tabung, kerucut, dan bola
Menentukan luas selimut tabung, kerucut, dan bola




·   Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola.



Tes tulis
Tes uraian
Sebuah bola berjari-jari 10 cm. Hitunglah luas selimut bola tersebut
2x40 menit
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat)



Mencari volume tabung, kerucut, dan bola


·   Menghitung volume tabung, kerucut dan bola.



Tes tulis
Tes uraian
Sebuah tabung jari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. Berapakah volum tabung tersebut?
2 x 40t menit




Menggunakan rumus volume untuk menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui.

·   Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
Tes tulis
Tes uraian
Sebuah tabung volumenya
1540 cm3. Berapakah jari-jari tabung tersebut?


2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola

Tabung, kerucut, dan bola
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut,dan bola dengan menggunakan rumus luas dan volume

·   Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.
Tes tulis
Tes isian
Pak Candra akan membuat tabung dari kaleng, yang jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan tingginya 1 m. Kaleng yang diperlukan untuk membuat tabung tersebut sebanyak ..... cm2.
2x40 menit
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat)







Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data


Kompetensi
Dasar
NILAI KARAKTER
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
Statistika
Melakukan pengumpulan data dengan mengukur dan mencatat data (menurus/tally) dengan objek lingkungan


·   Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.

Tes tulis
Tes uraian
Perolehan 12 siswa adalah sebagai berikut.
54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
Buatlah tabel skor dengan turus.
Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Mengidentifikasi data berdasar urutan


·   Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.


Tes tulis
Tes uraian
Umur 10 siswa SD adalah sebagai berikut.
6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9.
a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar
b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua




Melakukan perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta menafsirkan maknanya
·   Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.

Tes tulis
Tes uraian
Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut.
7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.
b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut?
2x40 menit

3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
Statistika
Membuat tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dari data tunggal







·   Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.



Tes tulis
Tes uraian
Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun).
13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13. 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
Gambarlah diagram batang dari data tersebut.
2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menafsirkan diagram suatu data
·   Membaca diagram suatu data
Tes tulis
Tes uraian
  1. sepakbola
  2. renang
  3. senam
  4. voli
  5. basket
Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola?
t









Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG
4. Memahami peluang kejadian sederhana


Kompetensi
Dasar
NILAI KARAKTER
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Menentu kan ruang sampel suatu percobaan

3.                   Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Peluang
Mendiskusikan pengertian ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan


·   Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Kalau satu mata uang dilambungkan satu kali, maka:
  1. apa sajakah titik sampelnya?
  2. apakah ruang sampelnya?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge, kartu bernomor




Mendiskusikan untuk menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata  titik sampelnya
·   Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.

Tes tulis
Tes isian
Dua dadu dilambungkan satu kali.
Titik sampelnya adalah .....
Ruang sampelnya adalah .....
2x40 menit

4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

Peluang
Menentukan peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan misal melambungkan uang logam, dadu





·   Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan






Tes tulis
Tes isian
Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata 4 adalah ......
2x40 menit
Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge, kartu bernomor




Mencari nilai peluang suatu kejadian
·   Menghitung nilai peluang suatu kejadian.
Tes tulis
Tes uraian
Dua buah dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama dengan 9. Berapakah peluang terjadinya  peristiwa A?
2x40 menit



Mengetahui,                                                                                                                                                     Denpasar , 9 Juli 2015
Kepala SMP Negeri .......................                                                                                                                   Guru mata pelajaran Matematika



..................................................                                                                                                   
NIP.                                                                                                            













                                                                                         Silabus

Sekolah                     : SMP Negeri 1 Denpasar
Kelas                           : IX
Mata Pelajaran          : Matematika
Semester                     : II(dua)

Standar Kompetensi : BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana


Kompetensi
Dasar
NILAI KARAKTER
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar


4.                  Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
Mendiskusikan pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol.

·   Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol.


Tes tulis
Tes isian
Hitunglah:
1. 43     = .....
2. 8-2     = ....
3. 250   = ....
4. (-3)4  = ...
5. (-6)-2 = ....
6. ()2 = ....

2x40 menit
Buku teks



Mendiskusikan untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif.


·   Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.

Tes tulis
Tes isian
Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif
1. 5-4     = ......
2. (-3)-5  = ....
3. ()-2 = .....

2x40 menit




Mendiskusikan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
·   Mengenal arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar.

Tes tulis
Tes isian
1. Ubahlah dalam bentuk akar

      61/2    = ......
2. Ubahlah menjadi pangkat  pecahan
      = .....



5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar


Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar
Menentukan hasil operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.







·   Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.

Tes tulis
Tes uraian
Hitunglah
  1. 35 x 32
  2. 3√5 + 6√5
  3. 4√3 x 8√5
4x40 menit
Buku teks
5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar

Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar

Memecahkan masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung  pada bilangan berpangkat dan bentuk akar

  • Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah
Tes tulis
Tes uraian
Misal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit?
4x40 menit
Buku teks, lingkungan








Standar Kompetensi : BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah


Kompetensi
Dasar
NILAI KARAKTETR
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana.

5.                  Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri
Mendiskusikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan



·   Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.


Tes tulis
Tes uraian
Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6?

2x40 menit
Buku teks, lingkungan



Mendiskusikan unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan (peraga)

·   Mengenal unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.

Tes tulis
Tes isian
Diketahui barisan:
5, 8, 11, 14, 17, 20, ...

a. Suku pertama adalah ....
b. Bedanya adalah .....
c. Suku ke-10 adalah ....

2x40 menit





Mendiskusikan cara memperoleh pola barisan bilangan
·   Menentukan pola barisan bilangan.

Tes tulis
Tes uraian
Diketahui barisan 3, 6, 9, ...
a. Tentukan suku ke-4, ke-5, dan ke-6
b. Tentukan suku ke-n

t

6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri

6.                   Kecerdasan,Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri
Mendiskusikan pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri






·   Mengenal pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.


Tes tulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang merupakan barisan aritmetika?
  1. 1, 3, 5, 7, 9, ...
  2. 1, 2, 4, 5, 7, ...
  3. 1, 4, 6, 8, ...
2x40 menit
Buku teks, lingkungan



Menemukan rumus suku ke-n barisan aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan
·   Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.

Tes tulis
Tes isian
Suku ke-10 dari deret
2, 5, 8, 11, 14, ...
adalah .....
2x40 menit

6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri


Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri
Mencermati deret aritmetika dan deret geometri naik atau turun






·   Mengenal pengertian
  deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun.




Tes tulis
Tes uraian
Manakah yang merupakan deret aritmetika?
  1. 3 + 6 + 9 + ...
  2. 3 + 2 + 4 + 2 + ...
  3. 1 + 5 + 9 + 13 + ...
2x40 menit
Buku teks, lingkungan



Menemukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri

·   Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.

Tes tulis
Tes uraian
Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret:
3 + 6 + 9 + 12 + ...


6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret

Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada deret aritmetika , deret geometri


·   Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
Tes tulis
Tes uraian
Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi seperti berikut.Pada barisan pertama terdapat 5 kursi, barisan kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan

Mengetahui,                                                                                                                                                     Denpasar , 9 Juli 2015
Kepala SMP Negeri ..................                                                                                                                      Guru mata pelajaran Matematika



.....................................................                                                                                                    
NIP.

Penutup: Itulah  Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1, apabila anda kesulitan dalam mengambil silabus ini dikarenakan kolom yang tersedia tidak cukup silahkan anda request di kolom komentar akan saya kirimkan via email. Trimakasih
Baca juga

Tags :