Rangkuman Materi PKN Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Lengkap

Rangkuman Materi PKN Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Lengkap - Pada kesempatan ini saya membagikan Rangkuman Materi PKN Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Lengkap, sebagai persiapan menyambuat tahun pelajaran baru, sehingka nantinya lebih siap dalam pembelajaran PKN.
Rangkuman Materi PKN Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Lengkap

Rangkuman Materi PKN Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Lengkap

BAB 1
1. Mengenal Perbedaan

Tuhan menciptakan perbedaan seperti laki laki dan perempuan. Tetapi bukan hanya perbedaan jenis kelamin saja tapi juga suku dan agama
walaupun berbeda tetapi harus hidup rukun
tuhan meridoi perbedaan menjadi satu dalam kehidupan
yang rukun ada apa dan mengapa dengan perbedaan mengapa yang beda harus satu dalam kerukunan.
jenis kelamin ada dua laki laki dan perempuan ayah adalah laki laki
ibu adalah perempuan.
nama saya eku saya anak laki laki saya duduk di kelas satu
sekolah dasar.
saya ambar saya anak perempuan saya juga kelas satu sekolah dasar
saya teman sekelas eku anak perempuan kalau sekolah memakai seragam kemeja dan rok kemeja berwarna putih.
anak laki laki kalau sekolah memakai seragam kemeja
dan celana pendek kemeja berwarna putih celana berwarna merah.
Perbedaan agama....
Setiap manusia yang mengakui adanya tuhan menjadikan agama
sebagai pedoman hidup dan keyakinannya tahukah kamu agama agama di indonesia yang diakui oleh pemerintah yaitu islam kristen katolik kristen protestan hindu dan buddha.

orang yang beragama islam tempat ibadahnya di masjid hari rayanya adalahidul fitri dan idul adha ketika idul fitri umat islam saling bermaafan.
·        umat kristen katolik tempat ibadahnya di katedral hari rayanya adalah hari natal diperingati setiap tanggal 25 desember.
·        umat kristen protesta tempat ibadahnya di gereja hari rayanya adalah hari natal diperingati setiap 25 desember.
·        orang yang beragama hindu tempat ibadahnya di pura hari rayanya adalah nyepi.
·        orang yang beragama buddha tempat ibadahnya di wihara hari rayanya adalah waisak.
setiap manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa manusia lainnya maka manusia selalu berkelompok berdasarkan suku suku dan bangsa bangsa untuk mencapai tujuan yang sama suku bangsa adalah
sekelompok orang yang bersatu karena punya kepentingan dan
latar belakang yang sama indonesia memiliki suku bangsa yang bermacam macam yang tersebar di seluruh provinsi di kepulauan indonesia.

Berbeda – beda tetapi tetap satu...
Teman- teman perlu tahu bangsa indonesia punya semboyan negara bhinneka tunggal ika semboyan negara terdapat pada kaki burung garuda yang mencengkeram pita yang melengkung ke atas bhinneka tunggal ika artinya berbeda beda tapi tetap satu berbeda suku atau agama tidak masalah yang penting kita tetap saling menghormati
dan menyayangi.

 2. Hidup Rukun di Rumah
Pada umumnya di setiap keluarga terdiri dari ayah ibu dan anak anak
untuk menjadi keluarga yang baik setiap anggota keluarga harus hidup rukun. Hidup rukun artinya di antara anggota keluarga saling menghargai menghormati dan menyayangi sesuai dengan peran dan tugas masing -masing.
Pak Ahmad sayang keluarganya . Anak sulungnya bernama
Eku Hasanudin anak kedua bernama Eka Rangga Putra.

 3. Hidup Rukun di Sekolah
Tuhan mengharuskan manusia menjadi pandai. Agar pandai harus belajar. Belajar dapat dilakukan di rumah dengan ayah ibu bisa di sekolah dengan guru. Agar belajar di sekolah dapat berhasil diperlukan lingkungan belajar yang nyaman dan rukun hidup rukun di sekolah ,artinya dapat mengikuti kegiatan di sekolah dengan baik.

BAB 2

1.   Membiasakan Hidup Tertib
Tata tertib adalah aturan yang harus dilaksanakan tata tertib dibuat agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Tuhan menciptakan alam semesta dengan segala keteraturan. Nah bisa kita lihat,kalau bumi berputar pada porosnya sekaligus berputar mengelilingi matahari dengan teratur.Tuhan menganjurkan pada manusia untuk hidup teratur hidup teratur berarti tertib dan menaati peraturan mengapa kita perlu hidup tertib dan teratur
Dino rajin belajar secara teratur dan tertib dalam menyelesaikan tugas.
Sebelum pergi sekolahDika  berpamitan pada ayah dan ibu. Selama di perjalanan Dino harus tertib,agar selamat sampai tujuan.
Sony selalu datang ke sekolah tepat waktu. Masuk kelas harus tertib,berbaris dahulu cium tangan bu guru,berdoa sebelum belajar.


2.  Melaksanakan Tata Tertib
Tata tertib harus dilakukan baik di rumah, di sekolah mapun di lingkungan masyarakat, karena jika semua dilakukan dengan tertib, maka tidak akan ada yang merasa terganggu.
Apabila kita tertib,maka kita akan disayang orang tua,guru,dan punya banyak teman.
eku dan temannya main kelereng di halaman rumah,setelah main cuci tangan terlebih dahulu, mainan yang berserakan disimpan pada tempatnya.
Wirok yang buru – buru pulang dari sekolah ,dia berlari-lari,kemudian dia tertabrak bapak yang mengendarai sepeda. Ini akibat dari Wirok yang tidak tertib di jalan.
Semester Genap

BAB 3

1.   Hak Anak di Rumah
Pada umumnya setiap orang tua menyayangi anak anaknya. Orang tua membesarkan anaknya agar menjadi anak yang baik. Di rumah anak akan memperoleh hak disayang oleh orang tua,perlindungan tempat tinggal dan pakaian,hak untuk bermain hak kesehatan dan pendidikan.

2.   Hak Anak di Sekolah

Setiap anak mempunyai hak untuk bersekolah. Setiap murid punya hak mendapat pelajaran,bertanya pada guru,mendapat nilai hasil ulangan belajar,dengan tenang meminjam buku dari perpustakaan, dan mendapat buku dari bos bantuan operasional sekolah.

BAB 4

1.   Kewajiban di Rumah
Di rumah, seorang anak mempunyai kewajiban sebelum memperoleh hak, sebagai seorang anak sebaiknya belajar sebelum bermain, dan membantu orang tua. Membantu orang tua tidak harus yang berat, karena bisa dengan membereskan kamar tidur sendiri,mencuci piring sehabis makan dan membantu ibu menyapu halam rumah.

2.   Kewajiban di Sekolah
Setiap sekolah memiliki peraturan.Setiap siswa wajib mematuhi peraturan-peraturan yang dibuat agar kegiatan belajar lancar. Siswa yang melanggar akan kena hukuman. Edi bersama temannya berangkat sekolah,mereka berjalan kaki dan tiba di sekolah lima belas menit sebelum bel masuk berbunyi.


3.   Kewajiban di Masyarakat
 Setiap anggota masyarakat wajib mematuhi peraturan yang berlaku di lingkungan masing masing,salah satu peraturan di masyarakat adalah menjaga selalu kebersihan lingkungan. Lingkungan harus bersih semua warga bekerja bakti membersihkan lingkungan sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Penutup: Itulah Rangkuman Materi PKN Kelas 1 SD Semester 1 dan 2 Lengkap yang bisa saya berikan pada kesempatan ini. Terimakasih
Baca juga

Tags :