RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara



RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara - Untuk melengkapi kelengkapan administrasi guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara.
RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



( R P P )


Satuan Pendidikan      : SMP AMI
Mata pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/ semester           : VII/satu
Pokok Materi              :  Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar  Negara
Alokasi waktu             : 3 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A.           Kompetensi Inti :
1.              Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.              Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.              Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.              Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat

1.         Peserta didik meyakini Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai salah satu sila Dasar Negara
2.         Peserta didik menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas dirumuskannya Pancasila sebagai Dasar Negara dengan  ikhlas.


  1.  
3.1. Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara

1.    Menjelaskan suasana penjajahan jepang menjelang kemerdekaan Indonesia.
2.    Menjelaskan tujuan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan Dasar Negara Indonesia
3.    Membandingkan usulan Dasar Negara Oleh Perumusan Dasar Negara
4.    Menjelaskan Proses Perumusan Piagam Jakarta
5.    Menjelaskan proses penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
6.    Membandingkan rumusan sila-sila Pancasila dalam Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
7.    Menunjukkan nilai-nilai semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.




2.1. Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara


1.    Menunjukkan perilaku santun sebagai perwujudan semangat musyawarah mufakat dalam berdiskusi dan presentasi  sebagai bentuk meneladani semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2.    Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi dan presentasi sebagai bentuk meneladani semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3.    Menunjukkan perilaku menghargai pendapat orang lain dalam diskusi dan presentasi sebagai bentuk meneladani semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri Negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.
4.1 Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
1.    Mempresentasikan hasil diskusi tentang Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
2.    Menceritakan kembali peran masing-masing tokoh para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara
5.
4.8 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

1.    Menyajikan praktik kewarganegaraan sebagai bentuk semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.    Menyajikan praktik kewarganegaraan sebagai bentuk semangat komitmen  terhadap keutuhan nasional

C.             Materi Pembelajaran
                Pertemuan Pertama
1.     Suasana penjajahan Jepang menjelang Indonesia merdeka ( buku siswa hal. 2 s/d 4 )
2.     Pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan Dasar Negara Indonesia merdeka,( buku siswa hal. 2 s/d 4 )

D.             Model, Metode, Pendekatan dalam Pembelajaran
Pendekatan    : Scientifik,
Model: Pembelajaran Discovery, dan Pembelajaran Kooperatif
Metode: presentasi, diskusi
E.       Media alat.Sumber Belajar
1.                  Media                                   : LCD,Power point, Papan tulis.
2.                  Alat/bahan                          : Alat tulis (buku, bolpoint, spidol
3.                  Sumber belajar :  Buku PPKn Kelas VII 
                Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,Kelas VII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal 1- 9  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,Kelas VII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal 49-56

E.         Langkah –langkah  Kegiatan Pembelajaran
 
  Pertemuan Pertama

                 Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.       Mengajak peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
b.       Mengecek kebersihan kelas dan daftar hadir (absensi).
c.       Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
d.       Menginformasikan relevansi bahan ajar yang akan disajikan selama pembelajaran bagi kepentingan peserta didik.
e.       Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan melaksanakan pree test secara lisan.
Kegiatan Inti ( 90 menit )
a.               Mengamati
1.      Peserta didik Mengamati gambar suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia.
2.      Peserta didik  Membaca dari  sumber  tentang pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan dasar negara.

b.                  Menanya
1.      Peserta  didik  Menyampaikan pertanyaan tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia
2.        Peserta didik mengidentifikasikan tanda-tanda persiapan kemerdekaan Indonesia.
3.        Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka.
4.        Peserta mencatat pertanyaan tentang suasana berakhirnya penjajahan Jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka

c.                  Mengumpulkan data/ mengekplorasi

1.       Peserta didik Membaca berbagai sumber dalam kelompok untuk membahas pertanyaan tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka.
2.       Peserta didik mencatat jawaban dari berbagai sumber dalam kelompok untuk membahas pertanyaan tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka

d.                  Mengasosiasi / menalar

1. Peserta didik mendiskusikan tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka dalam kelompok dengan beranggota 4-5 orang
2.  Peserta didik menyimpulkan sementara dalam kelompok tentang  suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka

e.                   Mengomunikasikan

1.       Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil  diskusi kelompok tentang   suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
2.       Kelompok lain membahas presentasi yang disampaikan oleh kelompok penyaji tentang tentang  suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
3.       Konfirmasi hasil diskusi oleh peserta didik dan guru tentang tentang  suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka

Kegiatan Penutup
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan dan mencatat hasil diskusi tentang  suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
b. Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan terhadap proses dan hasil pembelajaran tentang tentang  suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka.
c.  Peserta didik melakukan pengayaan dengan usulan dasar negara oleh para pendiri negara.
d. Mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.


I.     Penilaian
1.     Hasil kerja individu dalam Buku Siswa
2.     Diskusi kelompok
3.     Pengamatan perilaku

1.         Sikap Spiritual
TeknikPenilaian                   :           Penilaian Diri
Bentuk Instrumen                :           Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi                               :

No
Sikap
Butir Instrumen
1
Meyakini Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai salah satu sila dasar negara.
1,2,3
2
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dirumuskan Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri Negara
4,5

Instrumen: lihat Lampiran 1
2.    Sikap Sosial
a.     TeknikPenilaian             :    Observasi
b.    Bentuk Instrumen           :    Lembar Penilaian Observasi
c.     Kisi-kisi                         :
No
Sikap
Butir Instrumen
1
Menunjukkan perilaku santun sebagai perwujudan semangat musyawarah mufakat  dalam berdiskusi sebagai bentuk keteladanan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebaga dasar Negara
1,2,3,4
2
Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi sebagai bentuk keteladanansemangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
5,6,7,8

Instrumen: lihat Lampiran 2
3.    Keterampilan
a.     TeknikPenilaian             :    Observasi
b.    Bentuk Instrumen           :    Lembar observasi
c.     Kisi-kisi                        


No
Keterampilan
Butir Instrumen
1
Mempresentasikan hasil diskusi tentang   suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
1, 2, 3

2
Menceritakan kembalikan peran masing-masing tokoh para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
4, 5
3
Menyajikan sosiodrama sidang pertama BPUPKI tentang perumusan dasar negara.
6,7,8
4
Menyusun ikrar mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara
9,10

Instrumen: lihat Lampiran 3 Pengetahuan
a.        Teknik penilaian : Tes Tulis
b.       Bentuk instrumen : Uraian
c.        Kisi-kisi                                  :
No
Pengetahuan
Butir Instrumen
1
Menjelaskan suasana penjajahan menjelang kemerdekaan Indonesia
1,2
2
Menjelaskan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka
3,4
3
Menjelaskan Usulan dasar negara oleh perumus dasar negara
5
4
Menjelaskan perumusan dasar negara dalam Piagam Jakarata
6,7
5
Menunjukkan peran PPKI dalam penetapan Pancasila sebaga dasar negara
8
6
Membandingkan rumusan sila-sila Pancasila dalam Piagam Jakarta dan dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
9
7
Menjelaskan semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
10
Instrumen: lihat Lampiran 3
      Mengetahui,
Kepala SMP AMI





............................................





Denpasar, 9 Juli 2016
Guru Mapel PKN





................................................


Lampiran 1
A.      Lembar Observasi Diskusi Kelompok
Lembar ini diisi oleh guru pada waktu istirahat atau setelah selesai diskusi. Lembaran ini mencatat keefektifian peserta diskusi dalam 3 ( tiga) kode nilai akhir, yaitu  A  ( Baik)   B  ( cukup) dan C ( kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian , tuliskan rata-rata skor Angka dan konversi kode nilainya
No
Nama
Aspek Penilaian
Penilaian
Sikap
Pendapat
Bahasa
Rata-rata skor Angka
Kode Nilai
1






2






3






4















Keterangan :
A = Baik (3 )
B = Cukup ( 2)
C = Kurang ( 1)

A.     Format Penilaian Proses Diskusi

No

Nama Siswa

Aspek Sikap
Jumlah Skor
Menghormati
Kerjasama
Kedisiplinan
Tanggung jawab
1






2






3






4






5






6






7






           Keterangan:                                                                   
                        A         = Baik Sekali    = 4
                        B          = Baik              = 3
                        C          = Cukup           = 2
     D         = Kurang          = 1
B.      Lembar Pengamatan Perilaku Berdasarkan Sikap Kesadaran Berkonstitusi
No

Aspek Sikap Spiritual

Kategori
Jumlah Skor
4
3
2
1
1
Saya bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa dirumuskannya Pancasila sebagai dasar Negara





2
Saya menerima bunyi sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa





3
Saya menerima Ketuhanan Yang Maha Esa pantas menjadi salah satu sila Pancasila





4
Saya  mempelajari sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara, saya mempunyai keinginan yang kuat dalam menjalankan sila pertama pancasila dalam sehari-hari





5
Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki pendiri negara yang merumuskan pancasila sebagai dasar negara






6
Saya menyadari para pendiri negara dalam mermuskan dan menetapkan pancasila sebagai dasar negara didasari oleh rasa keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa






Skor  Penilaian
3      =  Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pertanyaan
3 =  Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2 =  Kadang – kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1         = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan








Lampiran 2
Lembar Observasi Sikap Sosial
Nama Peserta Didik      :
Kelas                           :
Tanggal Pengamatan     :
Materi Pokok               :  Sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
No
Aspek Ketrampilan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
A
Menunjukkan sikap santun sebagai perwujudan semangat musyawarah mufakat dalam beradiskusi dan presentasi sebagai bentuk  keteladanan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara

1. Memberi salam saat presentasi





2. Menyampaikan gagasan dengan bahasa yang santun





3.Menghargai pendapat teman





4.menyampaikan gagasan/ jawaban secara beraturan





B
Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi dan presentasi sebagai bentuk keteladanan semangat dankomitmen kebangsaan para pendiri negara dalam merumuskan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara

5  Mempertanggungjawabkan hasil kerja kelompok
6. menjunjung tinggi kebenaran
7. berkontribusi dalam kerja kelompok
8. Mengumpulkan tugas tepat waktu





Jumlah skor














Skor penilaian :
4 : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyatan
3 : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Rubrik penilaian :
Baik sekali       : jumlah skor 25 – 32
Baik                 : Jumlah skor 17 – 24
Cukup              : jumlah skor 9 – 16
Kurang             : jumlah skor 1 – 8
Rubrik Penilaian  Performance
Aspek
Kriteria dan Skor
3
2
1
Kerjasama
Semua anggota kelompok melakukan kerjasama dan sama kerja
Anggota kelompok kurang dalam melakukan kerjasama dan sama kerja
Anggota kelompok tidak dapat melakukan kerjasana dan sama kerja
Kemampuan dan ketepatan menanggapi Pertanyaan
Jika tepat dalam menanggapi pertanyaan tidak perlu menunggu waktu yang terlalu lama dan disertai dengan argumentasi yang logis
Jika tepat dalam menanggapi pertanyaan tidak masih memerlukan waktu dan argumentasi yang disampaikan kurang logis
Jika kurang/tidak tepat dalam menanggapi pertanyaan memerlukan waktu yang agak lama dan argumentasi yang disampaikan kurang logis
Penggunaan Bahasa Lisan
Dalam menjawab  pertanyaan dan memberikan pernyataan menggunakan bahasa komunikatif
Dalam menjawab  pertanyaan dan memberikan pernyataan menggunakan bahasa kurang komunikatif
Dalam menjawab  pertanyaan dan memberikan pernyataan menggunakan bahasa tidak komunikatif







Text Box: x 100Pedoman penskoran : Skor yang diperoleh
                                    Skor Maksimal










Lampiran 3
Lembar Observasi Keterampilan
Nama Peserta Didik      : ............................................
Kelas                           : ............................................
Tanggal Pengamatan     : ............................................
Materi Pokok               : Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
`No
Aspek Ketrampilan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
A
Mempresentasikan hasil diskusi tentang   perumusaN Pancasila` sebagai dasar Negara

1. menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





2. mendukung kerjasama kelompok





3. menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas





4. menerima secara logis pendapat kelompok lain





B
1.    Menceritakan kembali peran masing-masing tokoh para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara


5. menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





6. memnggunakan bahasa Indonesia yang benar





7. penuh penghayatan





8. disampaikan secara runtut





C
Menyajikan sosiodrama sidang pertama BPUPKI tentang perumusan dasar negara

9.menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis





10. menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar





11. disampaikan dengan runtut





12. penuh penghayatan





D


Menyusun ikrar mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila sebagai dasr negara
13. Kejelasan isi paparan
14. Sistematika paparan
15. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
16. Memiliki komitmen yang jelas terhadap Pancasila sebagai dasar Negara





Jumlah Skor





Lampiran 3
Tes Tertulis
Petunjuk : Jawablah dengan jelas
No
Soal
Skor
1.
Pada akhirnya penjajahannya, mengapa Jepang membolehkan pembentukan BPUPKI?
10
2
Apakah tugas BPUPKI?
10
3
Siapa ketua dan wakil BPUPKI?
10
4
Tuliskan bunyi sila pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta?
10
5
Tunjukkan hasil sidang PPKI?
10

6
Tuliskan urutan dasar  negara yang diusulkan oleh Soekarno?
10

7
Sebutkan lembaga yang mengesahkan Pancasila sebagai dasar  negara
10
8
Bagaimana sikap para pendiri negara dalam perubahan bunyi sila pertama dasar negara Piagam Jakarta menjadi sila pertama dasar negara dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
10
9
Tunjukkan lima nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara?
10
10
Nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara menurutmu yang paling kamu ingin tiru? Jelaskan alasanmu!
10
Jumlah Skor
100

Apabila anda memerlukan RPP ini secara utuh anda bisa langsung download DISINI
 
Penutup: Itulah RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.


rpp pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
rpp pkn kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2018
rpp pkn kelas 8 k13 revisi 2017
rpp pkn smp kelas 8 k13 revisi 2017
rpp pkn kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2017
silabus pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2018
perangkat pembelajaran pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2018


Baca juga

Tags :