RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara
RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara - Untuk melengkapi kelengkapan administrasi guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan
: SMP AMI
Mata pelajaran
: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/ semester
: VII/satu
Pokok Materi
: Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara
Alokasi waktu
: 3 x 40 menit ( 1 x
pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak(menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
1.
Peserta didik meyakini Ketuhanan
Yang Maha Esa sebagai salah satu sila Dasar Negara
2.
Peserta didik
menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas dirumuskannya Pancasila sebagai
Dasar Negara dengan ikhlas.
|
|
3.1. Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
1.
Menjelaskan suasana penjajahan jepang
menjelang kemerdekaan Indonesia.
2.
Menjelaskan tujuan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan Dasar Negara Indonesia
3.
Membandingkan usulan
Dasar Negara Oleh Perumusan Dasar Negara
4.
Menjelaskan Proses
Perumusan Piagam Jakarta
5.
Menjelaskan proses
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
6.
Membandingkan rumusan
sila-sila Pancasila dalam Piagam Jakarta dengan Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia tahun 1945
7.
Menunjukkan nilai-nilai
semangat dan komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
|
3.
|
2.1. Menghargai semangat
dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara
dalam perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
|
1. Menunjukkan perilaku santun sebagai perwujudan semangat musyawarah
mufakat dalam berdiskusi dan presentasi
sebagai bentuk meneladani semangat dan komitmen kebangsaan para
pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
2. Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi dan presentasi
sebagai bentuk meneladani semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri
negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara
3. Menunjukkan perilaku menghargai pendapat orang lain dalam diskusi dan
presentasi sebagai bentuk meneladani semangat dan komitmen kebangsaan para
pendiri Negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
4.
|
4.1
Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
|
1. Mempresentasikan hasil diskusi tentang Perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara
2. Menceritakan kembali peran masing-masing tokoh para pendiri Negara
dalam merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
5.
|
4.8
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen
terhadap keutuhan nasional
|
1.
Menyajikan praktik kewarganegaraan sebagai
bentuk semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.
Menyajikan praktik kewarganegaraan
sebagai bentuk semangat komitmen terhadap
keutuhan nasional
|
C.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1.
Suasana
penjajahan Jepang menjelang Indonesia merdeka ( buku siswa
hal. 2 s/d 4 )
2.
Pembentukan
BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan Dasar Negara Indonesia merdeka,( buku siswa
hal. 2 s/d 4 )
D.
Model, Metode, Pendekatan dalam
Pembelajaran
Pendekatan
: Scientifik,
Model: Pembelajaran
Discovery, dan Pembelajaran Kooperatif
Metode:
presentasi, diskusi
E. Media
alat.Sumber Belajar
1.
Media : LCD,Power point,
Papan tulis.
2.
Alat/bahan : Alat tulis (buku, bolpoint, spidol
3.
Sumber belajar : Buku
PPKn Kelas VII
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan,Kelas
VII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal 1- 9 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku guru Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan,Kelas
VII Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal 49-56
E. Langkah
–langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a.
Mengajak
peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa sesuai agama dan
keyakinan masing-masing.
b.
Mengecek
kebersihan kelas dan daftar hadir (absensi).
c.
Menginformasikan
tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
d.
Menginformasikan
relevansi bahan ajar yang akan disajikan selama pembelajaran bagi kepentingan
peserta didik.
e.
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa dengan melaksanakan pree test secara lisan.
Kegiatan Inti ( 90 menit )
a.
Mengamati
1.
Peserta
didik Mengamati gambar suasana berakhirnya penjajahan jepang di
Indonesia.
2.
Peserta didik Membaca dari sumber tentang pembentukan BPUPKI sebagai
badan yang mempersiapkan dasar negara.
b.
Menanya
1. Peserta didik Menyampaikan pertanyaan tentang suasana
berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia
2.
Peserta didik mengidentifikasikan tanda-tanda persiapan
kemerdekaan Indonesia.
3.
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang pembentukan
BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka.
4.
Peserta mencatat pertanyaan tentang suasana berakhirnya
penjajahan Jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan yang
mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka
c.
Mengumpulkan
data/ mengekplorasi
1. Peserta
didik Membaca berbagai
sumber dalam kelompok untuk membahas pertanyaan tentang suasana
berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan
yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka.
2. Peserta
didik mencatat jawaban dari berbagai sumber dalam kelompok untuk membahas
pertanyaan tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia
merdeka
d.
Mengasosiasi / menalar
1. Peserta
didik mendiskusikan
tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia
merdeka dalam kelompok dengan beranggota 4-5 orang
2. Peserta
didik menyimpulkan sementara dalam kelompok tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia
merdeka
e.
Mengomunikasikan
1. Perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok
tentang suasana
berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan
yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
2. Kelompok lain membahas presentasi
yang disampaikan oleh kelompok penyaji tentang tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia
merdeka
3. Konfirmasi hasil diskusi oleh
peserta didik dan guru tentang tentang suasana
berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan
yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
Kegiatan Penutup
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan dan
mencatat hasil diskusi tentang suasana
berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan BPUPKI sebagai badan
yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
b. Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan
pertanyaan terhadap proses dan hasil pembelajaran tentang tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia
merdeka.
c. Peserta didik melakukan pengayaan dengan usulan dasar
negara oleh para pendiri negara.
d.
Mengajak peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan berdoa sesuai
dengan agama dan keyakinan masing-masing.
I. Penilaian
1.
Hasil
kerja individu dalam Buku Siswa
2.
Diskusi
kelompok
3.
Pengamatan perilaku
1.
Sikap
Spiritual
TeknikPenilaian : Penilaian Diri
Bentuk Instrumen :
Lembar Penilaian Diri
Kisi-kisi :
No
|
Sikap
|
Butir Instrumen
|
1
|
Meyakini Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai
salah satu sila dasar negara.
|
1,2,3
|
2
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
dirumuskan Pancasila sebagai dasar negara oleh para pendiri Negara
|
4,5
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
2. Sikap
Sosial
a.
TeknikPenilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian Observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukkan perilaku santun sebagai perwujudan semangat musyawarah
mufakat dalam berdiskusi sebagai
bentuk keteladanan semangat dan komitmen kebangsaan
para pendiri negara dalam perumusan dan
penetapan Pancasila sebaga dasar Negara
|
1,2,3,4
|
2
|
Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi sebagai
bentuk keteladanansemangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
5,6,7,8
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
3. Keterampilan
a.
TeknikPenilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi
No
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Mempresentasikan hasil diskusi tentang suasana berakhirnya penjajahan jepang di Indonesia dan pembentukan
BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkandasar negara Indonesia merdeka
|
1, 2, 3
|
2
|
Menceritakan kembalikan peran masing-masing tokoh para pendiri negara
dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
|
4, 5
|
3
|
Menyajikan sosiodrama sidang pertama BPUPKI tentang perumusan dasar
negara.
|
6,7,8
|
4
|
Menyusun ikrar mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen
terhadap Pancasila sebagai dasar negara
|
9,10
|
Instrumen: lihat Lampiran 3 Pengetahuan
a.
Teknik penilaian :
Tes Tulis
b. Bentuk
instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
No
|
Pengetahuan
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan suasana penjajahan menjelang kemerdekaan Indonesia
|
1,2
|
2
|
Menjelaskan pembentukan
BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka
|
3,4
|
3
|
Menjelaskan Usulan dasar
negara oleh perumus dasar negara
|
5
|
4
|
Menjelaskan perumusan dasar
negara dalam Piagam Jakarata
|
6,7
|
5
|
Menunjukkan peran PPKI dalam
penetapan Pancasila sebaga dasar negara
|
8
|
6
|
Membandingkan rumusan
sila-sila Pancasila dalam Piagam Jakarta dan dalam Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945
|
9
|
7
|
Menjelaskan semangat dan
komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
|
10
|
Instrumen:
lihat Lampiran 3
Mengetahui,
Kepala SMP AMI
............................................
|
Denpasar, 9 Juli 2016
Guru Mapel PKN
................................................
|
Lampiran 1
A.
Lembar
Observasi Diskusi Kelompok
Lembar ini
diisi oleh guru pada waktu istirahat atau setelah selesai diskusi. Lembaran ini
mencatat keefektifian peserta diskusi dalam 3 ( tiga) kode nilai akhir,
yaitu A ( Baik) B ( cukup) dan C ( kurang). Pada kolom Aspek
Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka
1-10. Pada kolom Penilaian , tuliskan rata-rata skor Angka dan konversi kode
nilainya
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Penilaian
|
|||
Sikap
|
Pendapat
|
Bahasa
|
Rata-rata skor Angka
|
Kode Nilai
|
||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
Keterangan
:
A = Baik (3 )
B = Cukup ( 2)
C = Kurang ( 1)
A. Format Penilaian Proses Diskusi
No
|
Nama Siswa |
Aspek
Sikap
|
Jumlah Skor
|
|||
Menghormati
|
Kerjasama
|
Kedisiplinan
|
Tanggung jawab
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
Keterangan:
A = Baik Sekali = 4
B = Baik =
3
C = Cukup = 2
D =
Kurang = 1
B. Lembar
Pengamatan Perilaku Berdasarkan Sikap Kesadaran Berkonstitusi
No
|
Aspek Sikap Spiritual |
Kategori
|
Jumlah Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Saya bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa
dirumuskannya Pancasila sebagai dasar Negara
|
|||||
2
|
Saya menerima bunyi sila pertama Pancasila adalah
Ketuhanan Yang Maha Esa
|
|||||
3
|
Saya menerima Ketuhanan Yang Maha Esa pantas menjadi
salah satu sila Pancasila
|
|||||
4
|
Saya
mempelajari sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara, saya mempunyai
keinginan yang kuat dalam menjalankan sila pertama pancasila dalam
sehari-hari
|
|||||
5
|
Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki
pendiri negara yang merumuskan pancasila sebagai dasar negara
|
|||||
6
|
Saya menyadari para pendiri negara dalam mermuskan
dan menetapkan pancasila sebagai dasar negara didasari oleh rasa keimanan
kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
Skor Penilaian
3
= Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pertanyaan
3 =
Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan.
2 =
Kadang – kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1
=
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Lampiran 2
Lembar Observasi Sikap Sosial
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi
Pokok : Sejarah dan semangat komitmen para pendiri
Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
No
|
Aspek Ketrampilan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
A
|
Menunjukkan sikap santun sebagai perwujudan semangat
musyawarah mufakat dalam beradiskusi dan presentasi sebagai bentuk keteladanan semangat dan komitmen
kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan pancasila
sebagai dasar negara
|
|||||||||
1. Memberi salam saat presentasi
|
||||||||||
2. Menyampaikan gagasan dengan bahasa yang santun
|
||||||||||
3.Menghargai pendapat teman
|
||||||||||
4.menyampaikan gagasan/ jawaban secara beraturan
|
||||||||||
B
|
Menunjukkan rasa tanggung jawab dalam berdiskusi dan
presentasi sebagai bentuk keteladanan semangat dankomitmen kebangsaan para
pendiri negara dalam merumuskan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
|
|||||||||
5
Mempertanggungjawabkan hasil kerja kelompok
6. menjunjung tinggi kebenaran
7. berkontribusi dalam kerja kelompok
8. Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||||||||
Jumlah
skor
|
||||||||||
Skor penilaian :
4
: selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyatan
3
: sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
: kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
: tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Rubrik penilaian :
Baik
sekali : jumlah skor 25 – 32
Baik : Jumlah skor 17 – 24
Cukup : jumlah skor 9 – 16
Kurang : jumlah skor 1 – 8
Rubrik
Penilaian Performance
Aspek
|
Kriteria dan Skor
|
||||
3
|
2
|
1
|
|||
Kerjasama
|
Semua anggota kelompok melakukan kerjasama dan sama
kerja
|
Anggota kelompok kurang dalam melakukan kerjasama
dan sama kerja
|
Anggota kelompok tidak dapat melakukan kerjasana dan
sama kerja
|
||
Kemampuan dan ketepatan menanggapi Pertanyaan
|
Jika tepat dalam menanggapi pertanyaan tidak perlu
menunggu waktu yang terlalu lama dan disertai dengan argumentasi yang logis
|
Jika tepat dalam menanggapi pertanyaan tidak masih
memerlukan waktu dan argumentasi yang disampaikan kurang logis
|
Jika kurang/tidak tepat dalam menanggapi pertanyaan
memerlukan waktu yang agak lama dan argumentasi yang disampaikan kurang logis
|
||
Penggunaan Bahasa Lisan
|
Dalam menjawab
pertanyaan dan memberikan pernyataan menggunakan bahasa komunikatif
|
Dalam menjawab
pertanyaan dan memberikan pernyataan menggunakan bahasa kurang
komunikatif
|
Dalam menjawab
pertanyaan dan memberikan pernyataan menggunakan bahasa tidak
komunikatif
|
||
Pedoman penskoran : Skor
yang diperoleh
Skor
Maksimal
Lampiran 3
Lembar Observasi
Keterampilan
Nama
Peserta Didik :
............................................
Kelas :
............................................
Tanggal
Pengamatan :
............................................
Materi
Pokok : Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945
`No
|
Aspek Ketrampilan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
A
|
Mempresentasikan hasil diskusi tentang perumusaN Pancasila` sebagai dasar Negara
|
|||||
1. menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis
|
||||||
2. mendukung kerjasama kelompok
|
||||||
3. menanggapi pertanyaan dengan lugas dan jelas
|
||||||
4. menerima secara logis pendapat kelompok lain
|
||||||
B
|
1. Menceritakan kembali peran masing-masing tokoh para pendiri negara
dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
|
|||||
5. menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis
|
||||||
6. memnggunakan bahasa Indonesia yang benar
|
||||||
7. penuh penghayatan
|
||||||
8. disampaikan secara runtut
|
||||||
C
|
Menyajikan sosiodrama sidang pertama BPUPKI
tentang perumusan dasar negara
|
|||||
9.menyampaikan gagasan dengan lancar dan logis
|
||||||
10.
menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
|
||||||
11. disampaikan dengan runtut
|
||||||
12. penuh penghayatan
|
||||||
D
|
Menyusun
ikrar mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila
sebagai dasr negara
13.
Kejelasan isi paparan
14.
Sistematika paparan
15.
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik.
16.
Memiliki komitmen yang jelas terhadap Pancasila sebagai dasar Negara
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Tes Tertulis
Petunjuk
: Jawablah dengan jelas
No
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
Pada akhirnya penjajahannya, mengapa Jepang membolehkan
pembentukan BPUPKI?
|
10
|
2
|
Apakah tugas BPUPKI?
|
10
|
3
|
Siapa ketua dan wakil BPUPKI?
|
10
|
4
|
Tuliskan bunyi sila pertama dasar negara dalam
Piagam Jakarta?
|
10
|
5
|
Tunjukkan hasil sidang PPKI?
|
10
|
6
|
Tuliskan
urutan dasar negara yang diusulkan
oleh Soekarno?
|
10
|
7
|
Sebutkan
lembaga yang mengesahkan Pancasila sebagai dasar negara
|
10
|
8
|
Bagaimana
sikap para pendiri negara dalam perubahan bunyi sila pertama dasar negara
Piagam Jakarta menjadi sila pertama dasar negara dalam Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia tahun 1945
|
10
|
9
|
Tunjukkan
lima nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan
Pancasila sebagai dasar negara?
|
10
|
10
|
Nilai
semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai
dasar negara menurutmu yang paling kamu ingin tiru? Jelaskan alasanmu!
|
10
|
Jumlah
Skor
|
100
|
Apabila anda memerlukan RPP ini secara utuh anda bisa langsung download DISINI
Penutup: Itulah RPP PKN Kelas 8 K13 Revisi 2017 Semester 1 Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.
rpp pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 pdf
rpp pkn kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2018
rpp pkn kelas 8 k13 revisi 2017
rpp pkn smp kelas 8 k13 revisi 2017
rpp pkn kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2017
silabus pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2018
perangkat pembelajaran pkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2018
seconds.