RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945
RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
SMPN ..............................
MATA PELAJARAN : PPKN
KELAS/SEMESTER : IX / GASAL
MATERI : POKOK-POKOK PIKIRAN
PEMBUKAAN UUD 1945
ALOKASI WAKTU : 3 X 40
MENIT (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1. Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia dalam kehidupan dilingkungan pergaulan antarbangsa
2.3. Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan
keadilan dan kedamaian
3.2. Memahami pokok-pokok pikiran terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan
Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.8 Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang
mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
C. Indikator
1.1.1
Menunjukkan sikap beriman dan
bertaqwa dalam pembelajaran pokokpokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
2.3.1 Menunjukkan sikap jujur
dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
2.3.2 Menunjukkan sikap disiplin
dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
2.3.3 Menunjukkan sikap gotong
royong dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 2.3.4
Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan
UUD 1945
3.2.1 Mendeskripsikan pokok-pokok
pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
3.2.2 Mendeskripsikan arti
penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
3.2.3
Mengidentifikasi perwujudan perilaku sesuai pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan
UUD 1945 di berbagai lingkungan.
4.2.1 Menyusun
laporan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
4.2.2
Menyajikan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
4.2.3
Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan pokok-pokok pikiran
D. Materi Pembelajaran
3.Sikap Positif terhadap
Pokok-Pokok Pikiran dalam Pembukaan Undang-
Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Tugas seluruh
bangsa Indonesia untuk
mempertahankan dan mewujudkan
pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
a) Perilaku sesuai dengan
pokok pikiran persatuan di Lingkungan
Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara.
b) Perilaku sesuai dengan
pokok pikiran keadilan sosial di
Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara
c) Perilaku sesuai dengan
pokok pikiran kedaulatan rakyat di Lingkungan
Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara
d) Perilaku sesuai dengan
pokok pikiran Ketuhanan di Lingkungan
Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara
E. Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a. Persiapan
Peserta didik secara
fisik dan psikis
untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, guru
menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan
buku tulis dan sumber belajar.
b. Memotivasi peserta didik dengan
menyanyikan lagu nasional,”Rayuan Pulau Kelapa”.
c. Melakukan
apersepsi dengan tanya-jawab mengenai makna tiap alinea dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang sudah
dipelajari di kelas VII dan VIII.
d. Peserta
didik menyimak informasi guru tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e. Peserta
didik
menyimak dan
bertanya-jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
f. Peserta didik menyimak informasi
guru
tentang
materi
ajar
dan
kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g. Peserta
didik menyimak informasi guru tentang teknik
dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan
dilakukan
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
a. Peserta
didik dibagi menjadi 4 kelompok.
b. Peserta
didik
diminta
untuk
menyimak
naskah
Pembukaan
UUD
Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
c. Peserta didik mengamati gambar
2.1
tentang
semangat
proklamasi
yang
diwujudkan dalam rumusan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia 1945.
d. Peserta
didik mencatat hal-hal
penting dan yang ingin diketahui dalam wacana dan
gambar tersebut.
e. Peserta
didik menyimak penjelasan singkat dari guru tentang gambar
sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
f. Peserta
didik ditanamkan untuk
membiasakan sikap jujur
dan disiplin dalam mengamati gambar dan teks naskah
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
g. Keterampilan peserta
didik dalam mengamati gambar dan membaca
naskah
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 diamati oleh guru.
Menanya
a. Peserta didik dalam kelompok
mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan
dengan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
b. Peserta
didik diarahkan untuk
menyusun pertanyaan sesuai
tujuan pembelajaran,
misalnya pertanyaan berikut.
1) Jelaskan
pokok
pikiran
pertama
Pembukaan
UUD
Negara
Republik
Indonesia Tahun 1945?
2) Jelaskan
pokok
pikiran
kedua
Pembukaan
UUD
Negara
Republik
Indonesia Tahun
1945?
3) Jelaskan pokok pikiran ketiga Pembukaan
UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
4) Jelaskan pokok pikiran keempat Pembukaan
UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
c. Pesertadidikdiberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun
pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
d.
Keterampilan serta sikap santun dan gotong royong peserta didik baik secara
peroranga nmaupun kelompok dalam menyusun pertanyaan diamati oleh guru
Mengumpulkan Informasi
a. Peserta
didik bekerja dalam
kelompok untuk mencari
informasi dan mendiskusikan
jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi dibuku PPKn Kelas IX BabII bagian A.Dapat juga mencari
melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain yaitu UUD Negara
RepublikIndonesia Tahun1945dan internet, dengan pembagian materi yang berbeda tiap kelompok.
1) Kelompok 1 mengkaji pokok pikiran pertama
2) Kelompok 2 mengkaji pokok
pikiran kedua
3) Kelompok 3 mengkaji pokok pikiran ketiga
4) Kelompok 4 mengkaji pokok pikiran keempat
b. Peserta didik mengidentifikasi informasi
yang diperlukan dalam mengkaji
temanya
masing-masing dalam kelompok, seperti berikut ini.
1) Menjelaskan makna dari pokok pikiran (pertama,kedua,ketiga,keempat).
2) Menjelaskan kaitan dengan sila-siladalam Pancasiladan UUD Negara
Republik
IndonesiaTahun 1945.
3) Menjelaskan konsekuensi dari pokok pikiran(pertama,kedua,ketiga,
keempat).
c. Pesertadidikdalamkelompok mencatat informasi yang diperlukan dalam memecahkan permasalahan.
d. Pesertadidik secara kelompok juga mencari informasisesuaiTugasKelompok
2.1maupunTugasMandiri2.1 melalui buku, wawancara, pengamatan, internet, dan sebagainya sesuai dengan tugas kelompoknya.
Mengasosiasi
a. Pesertadidik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya sesuai dengan topic kelompok masing-masing, misalnya tentang masalah-masalah berikut.
1) Bagaimana hubungan pokok pikiran pertama Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Pancasiladan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
2) Bagaimana
hubungan pokok pikiran kedua Pembukaan UUD
Negara RepublikIndonesia Tahun1945dengan Pancasila dan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
3) Bagaimana hubungan pokok
pikiran ketiga Pembukaan UUD Negara RepublikIndonesia Tahun1945dengan Pancasiladan pasal-pasal dalam
UUD Negara Republik IndonesiaTahun
1945?
4) Bagaimana
hubungan pokok pikiran keempat Pembukaan UUD Negara RepublikIndonesiaTahun1945denganPancasiladan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
b. Dengan bimbinganguru, peserta didik secara
kelompok menyimpulkan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD NRITahun 1945?
Mengomunikasikan
a. Dengan bimbingan guru, pesertadidik menyusun laporan telaah pokok- pokok pikiran Pembukaan UUD
Negara Republik IndonesiaTahun
1945.
b. Secarabergiliran setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinyadidepan kelas.
c. Kelompok lain memberikan tanggapan atau
pertanyaan.
d. Konfirmasi dan pembenaran dari guru diberikan
atas hasil kerja kelompok.
e. Penghargaan
terhadap jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan.
f. Masing-masing kelompok menempelkan laporan kerja
kelompoknya di majalah dinding.
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a. Bersama pesertadidik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b. Melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan
dilakukan berkaitan dengan pokok-pokok pikiranPembukaan UUD NegaraRepublikIndonesia
Tahun1945,dengan meminta peserta
didik menjawab pertanyaan berikut.
1) Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari pengalaman pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD
Negara Republik IndonesiaTahun
1945?
2) Apa sikap yang kalian peroleh dari
pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana tindak lanjut akan kalian
lakukan?
5) Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c. Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d. Pesertadidik menyimak informasi guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnyadan menugaskan pesertadidik secara berkelompok untuk menyusun laporan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945dirumah secara lebih lengkap.Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun pada selembar kertas. Manfaatkan sumber daya
alam atau bahan bekas yang ada dilingkungan pesertadidik untuk membuat bahan tayang, guna dipresentasikan
pada pertemuan berikutnya.
|
F. Penilaian
1) Penilaian Sikap
Penilaian
sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung.
Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini misalnya
dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat kegiatan
pembelajaran. Aspek yang diamati adalah, Iman taqwa, displin, jujur, sopan
santun, gotong royong . Format observasi penilaian sikap terlampir(Lampiran 2)
2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan
dalam bentuk penugasan,peserta didik diminta untuk mengerjakan soal latihan
yang merupakan tugas mandiri. Instrumen terlampir(Lampiran 1)
.
3) Penilaian Ketrampilan
Penilaian
ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam
menyusun laporan telaah hasil diskusi, presentasi, kemampuan bertanya,
kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok,
kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang
Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lembar
penilaian Penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format
terlampir(Lampiran 3).
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media/alat : Gambar (Lampiran 4)
2. Bahan : Foto
3. Sumber Belajar: Buku PPKN Kelas IX
Denpasar,
9 Juli2015
Mengetahui :
Kepala Sekolah
...................................................
NIP. .........................
|
Guru Mata Pelajaran PPKn
................................
NIP :-
|
Note: Bagi yang ingin mendapatkan RPP ini secara utuh bisa download DISINI
Penutup: Itulah RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945 yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat
seconds.