RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945

RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945 - Pada kesempatan kali ini saya kembali membagikan RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945. RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945 ini merupakan salah satu RPP yang digunakan dalam pembelajaran PKN pada semester Gasal.


RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                  : SMPN ..............................
MATA PELAJARAN  : PPKN
KELAS/SEMESTER  : IX / GASAL
MATERI                      : POKOK-POKOK PIKIRAN PEMBUKAAN UUD 1945
ALOKASI WAKTU    : 3 X 40 MENIT (1 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar (KD)
1.1.  Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan dilingkungan pergaulan antarbangsa
2.3.  Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
3.2.  Memahami pokok-pokok pikiran terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.2   Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.8   Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

C.  Indikator
1.1.1               Menunjukkan sikap beriman dan bertaqwa dalam pembelajaran pokokpokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
2.3.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
2.3.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
2.3.3 Menunjukkan sikap gotong royong dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 2.3.4 Menunjukkan sikap santun dalam pembelajaran pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
3.2.1 Mendeskripsikan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
3.2.2 Mendeskripsikan arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
3.2.3 Mengidentifikasi perwujudan perilaku sesuai pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 di berbagai lingkungan.
4.2.1 Menyusun laporan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
4.2.2 Menyajikan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945.
4.2.3 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan pokok-pokok pikiran

D.  Materi Pembelajaran
3.Sikap Positif terhadap Pokok-Pokok Pikiran dalam Pembukaan Undang-  Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Tugas   seluruh   bangsa   Indonesia   untuk   mempertahankan   dan mewujudkan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
a) Perilaku sesuai dengan pokok pikiran persatuan  di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara.
b) Perilaku sesuai dengan pokok pikiran keadilan sosial  di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara
c) Perilaku sesuai dengan pokok pikiran kedaulatan rakyat  di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara
d) Perilaku sesuai dengan pokok pikiran Ketuhanan   di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarat, Bangsa dan Negara

E. Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.    Persiapan Peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran diawali dengan berdoa, guru menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
b.    Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu  nasional,”Rayuan Pulau Kelapa”.
c.    Melakukan apersepsi dengan tanya-jawab mengenai makna tiap alinea dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang sudah dipelajari di kelas VII dan VIII.
d.    Peserta didik menyimak informasi guru tentang kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
e.    Peserta   didik   menyimak   dan   bertanya-jawab   tentang   manfaat   proses pembelajaran.
f.    Peserta  didik  menyimak  informasi  guru  tentang  materi  ajar  dan  kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
g.     Peserta didik menyimak informasi guru tentang teknik dan bentuk penilaian pembelajaran yang akan dilakukan

2.
Kegiatan Inti
Mengamati
a.     Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok.
b.    Peserta  didik  diminta  untuk  menyimak  naskah  Pembukaan  UUD  Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
c.    Peserta  didik  mengamati  gambar  2.1  tentang  semangat  proklamasi  yang diwujudkan dalam rumusan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.
d.    Peserta didik mencatat hal-hal penting dan yang ingin diketahui dalam wacana dan gambar tersebut.
e.    Peserta didik menyimak penjelasan singkat dari guru tentang gambar sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik.
f.    Peserta didik ditanamkan untuk membiasakan sikap jujur dan disiplin dalam mengamati gambar dan teks naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
g.    Keterampilan peserta didik dalam mengamati gambar dan membaca naskah
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 diamati oleh guru.

Menanya
a.    Peserta didik dalam kelompok mengidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
b.    Peserta didik diarahkan untuk menyusun pertanyaan sesuai tujuan pembelajaran, misalnya pertanyaan berikut.
1)    Jelaskan  pokok  pikiran  pertama  Pembukaan  UUD  Negara  Republik
Indonesia Tahun 1945?
2)    Jelaskan  pokok  pikiran  kedua  Pembukaan  UUD  Negara  Republik
Indonesia Tahun 1945?
3)   Jelaskan pokok pikiran ketiga Pembukaan UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
4)   Jelaskan pokok pikiran keempat Pembukaan UUD Negara Republik
IndonesiaTahun 1945?
c.  Pesertadidikdiberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
d.  Keterampilan serta sikap santun dan gotong royong peserta didik baik secara peroranga nmaupun kelompok dalam menyusun pertanyaan diamati oleh guru
Mengumpulkan Informasi
a.    Peserta  didik  bekerja  dalam  kelompok  untuk  mencari  informasi  dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi dibuku PPKn Kelas IX BabII bagian A.Dapat juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain yaitu UUD Negara RepublikIndonesia Tahun1945dan internet, dengan pembagian materi yang berbeda tiap kelompok.
1)   Kelompok 1 mengkaji  pokok pikiran pertama
2)   Kelompok 2 mengkaji  pokok pikiran kedua
3)   Kelompok 3 mengkaji  pokok pikiran ketiga
4)   Kelompok 4 mengkaji pokok pikiran keempat
b.   Peserta didik mengidentifikasi informasi yang diperlukan dalam mengkaji
temanya masing-masing dalam kelompok, seperti berikut ini.
1)   Menjelaskan makna dari pokok pikiran (pertama,kedua,ketiga,keempat).
2)   Menjelaskan kaitan dengan sila-siladalam Pancasiladan UUD Negara
Republik IndonesiaTahun 1945.
3)    Menjelaskan konsekuensi dari pokok pikiran(pertama,kedua,ketiga, keempat).
c.    Pesertadidikdalamkelompok mencatat informasi yang diperlukan dalam memecahkan permasalahan.
d.   Pesertadidik secara kelompok juga mencari informasisesuaiTugasKelompok
2.1maupunTugasMandiri2.1 melalui buku, wawancara, pengamatan, internet, dan  sebagainya sesuai dengan tugas kelompoknya.
Mengasosiasi
a.    Pesertadidik mendiskusikan hubungan atas berbagai  informasi yang sudah diperoleh sebelumnya sesuai dengan topic kelompok masing-masing, misalnya tentang  masalah-masalah berikut.
1)    Bagaimana hubungan pokok pikiran pertama Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Pancasiladan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945?
2)    Bagaimana hubungan pokok pikiran kedua Pembukaan UUD Negara RepublikIndonesia Tahun1945dengan Pancasila dan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945?
3)    Bagaimana hubungan pokok pikiran ketiga Pembukaan UUD Negara RepublikIndonesia Tahun1945dengan Pancasiladan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945?
4)    Bagaimana hubungan pokok pikiran keempat Pembukaan UUD Negara RepublikIndonesiaTahun1945denganPancasiladan pasal-pasal dalam UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945?
b.  Dengan bimbinganguru, peserta didik secara kelompok menyimpulkan pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD NRITahun 1945?
Mengomunikasikan
a.    Dengan bimbingan guru, pesertadidik menyusun laporan telaah pokok- pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945.
b.    Secarabergiliran setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinyadidepan kelas.
c.    Kelompok lain memberikan tanggapan atau pertanyaan.
d.   Konfirmasi dan pembenaran dari guru diberikan atas hasil kerja kelompok.
e.    Penghargaan terhadap jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan.
f.    Masing-masing kelompok menempelkan laporan kerja kelompoknya di majalah dinding.
3.
Kegiatan Penutup
a.    Bersama pesertadidik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal.
b.    Melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pokok-pokok pikiranPembukaan UUD NegaraRepublikIndonesia Tahun1945,dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)   Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari pengalaman pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik IndonesiaTahun 1945?
2)   Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3)   Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4)   Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
5)   Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.    Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.    Pesertadidik menyimak informasi guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnyadan menugaskan pesertadidik secara berkelompok untuk menyusun laporan hasil telaah tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945dirumah secara lebih lengkap.Laporan dapat berupa displai,  bahan  tayang, maupun pada selembar kertas. Manfaatkan sumber daya alam atau bahan bekas yang ada dilingkungan pesertadidik untuk membuat bahan tayang, guna dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.





















F.    Penilaian
1)  Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran. Aspek yang diamati adalah, Iman taqwa, displin, jujur, sopan santun, gotong royong . Format observasi penilaian sikap terlampir(Lampiran 2)


2)  Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan,peserta didik diminta untuk mengerjakan soal latihan yang merupakan tugas mandiri. Instrumen terlampir(Lampiran 1)
                                                            .
3)  Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam menyusun laporan telaah hasil diskusi, presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lembar penilaian Penyajian dan laporan hasil telaah dapat menggunakan format terlampir(Lampiran 3).

G.   Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/alat : Gambar (Lampiran 4)
2.    Bahan        : Foto
3.    Sumber Belajar: Buku PPKN Kelas IX

Denpasar, 9 Juli2015

Mengetahui :
Kepala Sekolah




...................................................

              NIP. .........................

Guru Mata Pelajaran PPKn





................................
                    NIP :-


Note: Bagi yang ingin mendapatkan RPP ini secara utuh bisa download DISINI

 Penutup: Itulah RPP PKN KLS 9 K13 Pokok - Pokok Pikiran Pembukaan UUD1945 yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat



Baca juga

Tags :