RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila
RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila - Rpp PKN Kelas 9 terbaru yang akan saya share kali ini terkait dengan RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila sebagai kelengkapan administrasi pengajaran PPKN.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
|
SMP AMI DENPASAR
|
Mata pelajaran:
|
PPKn
|
Kelas/Semester:
|
IX / GANJIL
|
Alokasi Waktu:
|
1 JP (3 X40 menit)
|
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati
perilaku beriman dan bertaqwa kepadaTuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan
di lingkungan pergaulan antar bangsa
2.1 Menghargai
keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
sesuaidengan dinamika perkembangan zaman
3.1. Memahami dinamika perwujudan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1
Menyaji
hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.7 Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya dan gender
4.8. Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung
jawab kewarganegaraan yang mencerminkan
komitmen terhadap keutuhan nasional
C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
2.1.1
Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila
sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan perwujudan nilai-nilai
Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.2
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai
Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri
dalam pembelajaran perwujudan nilainilai Pancasila sesuai perkembangan zaman
dalam berbagai kehidupan
3.1.1.Mendeskripsikan perkembangan
penerapan Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa
3.1.2.Menjelaskan Dinamika
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.
3.1.3.Menampilkan perilaku perwujudan
nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan sehari-hari
4.1.1
Menyusun
laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
4.1.2
Menyajikan
hasil telaah tentang dinamika perwujudan
Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup bangsa
4.7.1 Menampilkan sikap, tutur kata,
dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
D.
Materi
Pembelajaran
1. Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara
b. Masa Orde Baru
c. Masa Reformasi
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Kedua: 1 JP (3 X 40 menit)
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru mempersiapkan siswa dalam
pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan
tentang materi pelajaran minggu pertama seperti “Sebutkan sila-sila
Pancasila.”).
b.
Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
c.
Menginformasikan
relevansi bahan ajaryang akan disajikan selama pembelajaranbagi kepentingan
peserta didik
d.
Guru memberikan motivasi. Gunakan ajakan sesuai Buku Siswa “Ayo
menghayati dan mengamalkan Pancasila.”
e.
Guru dapat memberikan pertanyaan
lisan tentang materi yang akan diajarkan untuk mendapatkan gambaran kesiapan
siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Setelah
menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai, guru menggunakan Buku Siswa
yaitu Bab I Dinamika
nilai-nilai dan Perwujudan Pancasila sesuai perkembangan jaman
2.
Kegiatan
Inti:
Mengamati
a.
Peserta didik
dibentuk menjadi beberapa
kelompok, tiap kelompok
beranggotakan 5
– 6 orang
b.
Pesertadidik diminta untuk mengamati Gambar1.1danGambar1.2atau guru dapat menayangkan video atau tayangan lain yang
sesuai dengan tema upaya penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi
Menanya
a.
Setelahmengamatigambaratautayanganyangdisampaikanolehguru,peserta
didikdalamkelompokdibimbingolehguruuntukmenyusunpertanyaansesuai dengan tujuan
pembelajaran.
b.
Gurumemberikanmotivasidanpenghargaanbagikelompokyangmenyusun pertanyaan
terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.
Guru
mengamatiketerampilanpesertadidikbaiksecaraperoranganmaupun kelompok dalam
menyusun pertanyaan.
Mengumpulkan Informasi
a.
Untukmencariinformasidanmendiskusikanjawabanataspertanyaanyang
sudah disusun peserta didik diminta untuk membaca uraian materi di buku
PPKnKelasIXBabIBagian A point 2 dan 3,jugamencarimelaluisumberbelajarlain
seperti buku referensi lain dan internet.
b.
PesertadidiksecarakelompokjugamencariinformasisesuaiTugasKelompok1.1,melaluibuku,bertanyakepadaguru,melakukanpengamatan,membuka
Internet,
dan sebagainya
Mengasosiasi
a.
Pesertadidikmendiskusikanhubunganatasberbagai
informasiyangsudah diperoleh sebelumnya, seperti : akibat yang ditimbulkanapabila Pancasila
tidak dilaksanakan oleh bangsa Indonesia
b.
Pesertadidiksecarakelompokmenyimpulkanpenerapan Pancasila pada masa
Orde Orde Baru dan reformasi
Mengomunikasikan
a.
Dengan bimbingan guru, Pesertadidikmenyusunlaporanhasiltelaahtentangpenerapan Pancasila pada masa
Orde Orde Baru dan reformasi
b.
Laporan
dapat berupa displai, bahan tayang, maupun ditulis dalam selembar kertas.
Manfaatkan sumber daya alam atau bahan bekas yang ada di lingkungan peserta
didik untuk membuat bahan tayang.
c.
Guru menjelaskan tata cara penyajian
kelompok.
1) Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah
disusunsebelumnya.
2) Moderator dipilih dari kelompok lain secara
bergiliran.
3) Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama5menit.Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok
penyaji dan mencatat hal-hal
yangpentingsertamempersiapkanpertanyaanterhadaphalyangbelum jelas.
4) Kelompok penyaji bertanya-jawab dan
melakukan diskusi dengan peserta didik
lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit.
d.
Pesertadidikmendiskusikandanmembuatkesepakatantentangtatatertibselama penyajian materi oleh kelompok, misalnya
sebagai berikut.
1) Setiap
peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
2) Mengangkattangansebelummemberikanpertanyaanataumenyampaikan
pendapat.
3) Menyampaikanpertanyaanataupendapatsetelahdipersilahkanoleh
moderator.
4) Menggunakanbahasayangsopansaatmenyampaikanpertanyaanataupendapat.
5)
Berbicarasecarabergantiandantidakmemotongpembicaraanoranglain.
e.
Gurumenjelaskanpedomanpenilaianselamapenyajianmateri,sepertiaspek
penilaian meliputi beberapa hal berikut.
1) Kemampuan
bertanya
2) Kebenaran
gagasan/materi
3) Argumentasi yang benar dan logis
4) Bahasa
yang digunakan (bahasa baku)
5) Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
Gurumemberikankonfirmasiterhadapjawabanpesertadidikdalamdiskusi,
denganmeluruskanjawabanyangkurangtepatdanmemberikanpenghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau
tepuk tangan bersama.
3.
KegiatanPenutup
a.
Bersamapesertadidikgurumenyimpulkanmateripembelajaranmelaluitanya-jawab
secara klasikal.
b. Melakukan
refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan
yang akan dilakukan berkaitan dengan pengalaman sejarah mengubah dasar negara
Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1) ApamanfaatyangdiperolehdarimempelajaripenerapanPancasilapadamasa
Orde
Baru dan Reformasi?
2) Apa sikap yang
kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3) Apa manfaat
yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4) Apa rencana
tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
5) Apa sikap yang
perlu dilakukan selanjutnya?
c. Guru
memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d. Guru
memberikan tugas agar peserta didik membaca materi pertemuanberikutnya yaitu
tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru danReformasi.
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
B. Pertemuan Kedua
1) Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama
proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam
observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatianpesertadidikpadasaatberdiskusi.
Aspekyangdiamati adalah, iman taqwa, rasa syukur, jujur, disiplin dan
tanggung jawab. Format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh
format dibawah ini.
Pedoman
Pengamatan Sikap
Kelas : ……………………….
Hari,Tanggal
: ………………………
Pertemuan Ke-
: ……………………….
Materi Pokok : ……………………….
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
||||
ImanTaqwa
|
Rasa
Syukur
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
||
Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor1apabilapesertadidiktidakpernahsesuaiaspeksikapyang
dinilai
Skor2apabilapesertadidikkadang-kadangsesuaiaspeksikap
yang dinilai
Skor3apabilapesertadidikseringsesuaiaspeksikapyangdinilai
Skor4apabilapesertadidikselalusesuaiaspeksikapyangdinilai
Nilai = Skor Perolehan×4
20
2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan,
pesertadidikdimintauntukmengerjakan TugasMandiri1.1dan
Tugas Mandiri 1.2.
PenskoranTugas Mandiri
1.1 danTugas Mandiri 1.2
SetiapnomorpadaTugasMandiri1.1dan1.2mendapatkanskormaksimal
2 sehingga skor maksimal seluruhnya adalah 20.
Nilai
= Skor Perolehan×4
20
3) Penilaian Keterampilan
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Kemampuan
Bertanya
|
Kemampuan
Menjawab/ Argumentasi
|
Memberi
Masukan/Saran
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan
melihat kemam- puanpeserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemam-
puan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi
kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil
telaah tentang penerapan Pancasila pada masa OrdeBarudanmasaReformasi.Lembar
penilaian Penyajian dan laporanhasil telaah dapatmenggunakanformatdi bawah ini,
dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi
dan kondisi serta keperluan guru.
Keterangan: diisi dengan tanda cek () Kategori Penilaian :4 = sangat baik, 3 = baik,
2 = cukup, 1 = kurang
Nilai = Skor Perolehan×4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)
No
|
Aspek
|
Penskoran
|
1.
|
Kemampuan bertanya
|
Skor
4, apabila selalu Bertanya
Skor
3, apabila sering bertanya
Skor
2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.
|
2.
|
Kemampuan menjawab/
argumentasi
|
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
|
3.
|
Kemampuan
memberi masukan/saran
|
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor
1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran
|
Nama Peserta Didik : ……………………….
Kelas/Semester : ……………………….
Tahun Pelajaran
: ……………………….
Hari/Tanggal
Pengisian : ……………………….
Sikap
yang Dinilai
No.
|
Pernyataan
|
Skor
|
Skor
Akhir
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
A
|
Sikap beriman dan bertaqwa
|
||||||
1
|
Saya berdoa sebelum
melakukan kegiatan
|
||||||
2
|
Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama
|
||||||
3
|
Saya mengucapkan salam sebelum dan sesudah
berbicara
|
||||||
4
|
Saya tidak mengganggu
ibadah orang lain
|
B
|
Sikap Jujur
|
|||||||||||||
1
|
Saya tidak menyontek
saat ulangan
|
|||||||||||||
2
|
Saya mengerjakan tugas
sendiri (tidak menyalin hasil pekerjaan orang lain)
|
|||||||||||||
3
|
Saya mengakui
kekeliruan dan kekhilafan
|
|||||||||||||
4
|
Saya melaporkan
informasi sesuai fakta
|
|||||||||||||
C
|
Sikap Peduli
|
|||||||||||||
1
|
Saya menolong teman yang membutuhkan
|
|||||||||||||
2
|
Saya membuang sampah
pada tempatnya
|
|||||||||||||
3
|
Saya simpati terhadap
orang lain
|
|||||||||||||
4
|
Saya mendahulukan
kepentingan masyarakat/umum
|
|||||||||||||
D
|
SikapToleransi
|
|||||||||||||
1
|
Saya menghormati
pendapat teman
|
|||||||||||||
2
|
Saya memaafkan kesalahan
orang lain
|
|||||||||||||
3
|
Saya bergaul tanpa membeda-bedakan
|
|||||||||||||
4
|
Saya tidak memaksakan
kehendak
|
|||||||||||||
E
|
Sikap Gotong royong
|
|||||||||||||
1
|
Saya melaksanakan tugas
kelompok
|
|||||||||||||
2
|
Saya bekerja sama
secara sukarela
|
|||||||||||||
3
|
Saya aktif dalam kerja kelompok
|
|||||||||||||
4
|
Rela berkorban untuk
kepentingan umum
|
|||||||||||||
F
|
Sikap Santun
|
|||||||||||||
1
|
Saya berperilaku santun
kepada orang lain
|
|||||||||||||
2
|
Saya berbicara santun
kepada orang lain
|
|||||||||||||
3
|
Saya bersikap 3 S
(salam, senyum, sapa)
|
|||||||||||||
Nilai
|
(SB/B/C/K)
|
|||||||||||||
Skor penilaian
menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta
didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 2
apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3
apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila
peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai
2) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk Tes tertulis,
peserta didik diminta
untuk mengerjakan Uji Kompetensi Bab IPenskoran Uji Kompetensi Bab I
Setiap nomor mendapatkan skor maksimal 2
sehingga skor maksimal seluruhnya adalah
10.
Nilai
= Skor Perolehan×4
10
3) Penilaian Proyek
Penilaianproyekdapatdigunakanuntukmengetahuipemahaman,
kemampuanmengaplikasi,kemampuanmenyelidikidankemampuan menginformasikan suatu
hal secara jelas.
Penilaianproyekdilakukanmulaidariperencanaan,pelaksanaan, sampai
pelaporan. Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu
dinilai, seperti penyusunan desain, pengumpulan
data,analisisdata,danpenyiapanlaporantertulis/lisan.Untukmenilai setiap tahap
perlu disiapkan kriteria penilaian atau rubrik.
No
|
Aspek
|
Kriteria dan Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Persiapan
|
||||
2
|
Pelaksanaan
|
||||
3
|
Pelaporan SecaraTertulis
|
Keterangan : diisi dengan
tanda cek ( )
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik,
3 = baik,2 = cukup, 1 = kurang
Nilai
= Skor Perolehan×4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)
No
|
Aspek
|
Penskoran
|
1.
|
Persiapan
|
Skor 4,Jika memuat
tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, dan daftar pertanyaan
Skor 3, Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat
penelitian, dan responden
Skor 2, Jika memuat tujuan, topik, alasan, dan tempat
penelitian
Skor 1, Jika memuat tujuan, topik, dan alasan
|
2.
|
Pelaksanaan
|
Skor 4, Jikadatadiperolehlengkap,terstruktur,dan sesuai tujuan
Skor 3, Jika data
diperoleh lengkap, kurang terstruktur, dan kurang sesuai tujuan
Skor 2, Jikadatadiperolehkuranglengkap,kurang
terstruktur, dan kurang sesuai
tujuan
Skor 1, Jika data diperoleh tidak lengkap,
tidak terstruktur, dan tidak
sesuai tujuan
|
3.
|
Pelaporan
secara tertulis
|
Skor 4, Jika pembahasan data sesuai tujuan penelitian dan
membuat simpulan dan saran yang relevan
Skor 3, Jika pembahasan data kurang sesuai tujuan
penelitian, membuat simpulan dan saran tapi kurang relevan
Skor 2, Jika pembahasan data kurang sesuai tujuan
penelitian, membuat simpulan dan saran tapi tidak relevan
Skor 1, Jika pembahasan data tidak sesuai tujuan
penelitian dan membuat simpulan tapi tidak relevan dan tidak ada saran
|
F. Pengayaan
Kegiatan pengayaan merupakan kegiatan
pembelajaran yang diberikan kepadapesertadidik yang
telahmenguasaimateripembelajaranyaitumateri pada Bab 1. Dalam pengayaan ini
dapat dilakukan dengan beberapa cara dan pilihan. Sebagai contoh peserta didik
dapat diberikan bahan bacaan yang relevan dengan materi seperti persoalan-persoalan
yang berkaitan dengan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara pada masa Orde
Lama, Orde Baru maupun pada masa Reformasi.
G.Remedi.Remedial
G.Remedial
G. REMIDIAL
Kegiatanremedialdiberikankepadapesertadidikyangbelummenguasai
materi pelajaran dan
belum mencapai kompetensiyang telah
ditentukan.
Bentukyangdilakukanantaralainpesertadidiksecaraterencanamempelajari
bukuteksPPKnKelasIXpadabagiantertentuyangbelumdikuasainya. Guru menyediakan
soal-soal latihan atau pertanyaan yang merujuk pada
pemahamankembalitentangisibukuteksPPKnKelasIXBab1.Pesertadidik diminthttps://semawur.com/pybxfWkfXS4a
komitmennya untuk belajar secara disiplin dalam rangka memahami materi
pelajaran yangbelum dikuasainya. Gurukemudian mengadakan uji kompetensi kembali
pada materi yang belum dikuasai peserta didik yang bersangkutan.
Bagi yang ingin mendapatkan RPP ini versi aslinya bisa langsung DOWNLOAD RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila
PENUTUP: Itulah RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila yang bisa saya share pada kesempatan kali ini
I Wy Surya Adnyana Yasa,
S.Pd
seconds.