RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila



RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila - Rpp PKN Kelas 9 terbaru yang akan saya share kali ini terkait dengan RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila sebagai kelengkapan administrasi pengajaran PPKN.
RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah          :        
SMP AMI DENPASAR
Mata pelajaran:
PPKn
Kelas/Semester:
              
IX / GANJIL
Alokasi Waktu:       
1 JP (3 X40 menit)

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.       Memahami  dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.       Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepadaTuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antar bangsa
2.1 Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuaidengan dinamika perkembangan zaman
3.1.  Memahami dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1   Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.7 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai  dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender
4.8. Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung jawab kewarganegaraan yang mencerminkan  komitmen terhadap keutuhan nasional

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi*)
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
2.1.3 Menunjukkan sikap percaya diri dalam pembelajaran perwujudan nilainilai Pancasila sesuai perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan
3.1.1.Mendeskripsikan perkembangan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa
3.1.2.Menjelaskan Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman.
3.1.3.Menampilkan perilaku perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan sehari-hari
4.1.1      Menyusun laporan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
4.1.2      Menyajikan hasil telaah  tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan  pandangan hidup bangsa
4.7.1 Menampilkan sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik, sesuai dengan nilai dan moral Pancasila
4.8.1 Menyajikan praktik kewarganegaraan perwujudan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman dalam berbagai kehidupan

D.   Materi Pembelajaran
1. Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara
b. Masa Orde Baru 
c. Masa Reformasi

E.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua: 1 JP (3 X 40 menit)
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.          Guru mempersiapkan siswa dalam pembelajaran (kebersihan kelas, berdoa, absensi, dan mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran minggu pertama seperti “Sebutkan sila-sila Pancasila.”).
b.          Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
c.           Menginformasikan relevansi bahan ajaryang akan disajikan selama pembelajaranbagi kepentingan peserta didik
d.          Guru memberikan motivasi. Gunakan ajakan sesuai Buku Siswa “Ayo menghayati dan mengamalkan Pancasila.”
e.          Guru dapat memberikan pertanyaan lisan tentang materi yang akan diajarkan untuk mendapatkan gambaran kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
          Setelah menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai, guru menggunakan Buku Siswa yaitu Bab I Dinamika nilai-nilai dan Perwujudan Pancasila sesuai perkembangan jaman

2.   Kegiatan Inti:
Mengamati
a.       Peserta  didik  dibentuk  menjadi  beberapa  kelompok,  tiap  kelompok   beranggotakan 5 6 orang
b.       Pesertadidik diminta untuk mengamati Gambar1.1danGambar1.2atau guru dapat menayangkan video atau tayangan lain yang sesuai dengan tema upaya penerapan Pancasila pada masa Orde Baru dan Reformasi
Menanya
a.       Setelahmengamatigambaratautayanganyangdisampaikanolehguru,peserta didikdalamkelompokdibimbingolehguruuntukmenyusunpertanyaansesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.       Gurumemberikanmotivasidanpenghargaanbagikelompokyangmenyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
c.       Guru mengamatiketerampilanpesertadidikbaiksecaraperoranganmaupun kelompok dalam menyusun pertanyaan.



Mengumpulkan Informasi
a.       Untukmencariinformasidanmendiskusikanjawabanataspertanyaanyang sudah disusun peserta didik diminta untuk membaca uraian materi di buku PPKnKelasIXBabIBagian A point 2 dan 3,jugamencarimelaluisumberbelajarlain seperti buku referensi lain dan internet.
b.       PesertadidiksecarakelompokjugamencariinformasisesuaiTugasKelompok1.1,melaluibuku,bertanyakepadaguru,melakukanpengamatan,membuka Internet, dan sebagainya
Mengasosiasi
a.       Pesertadidikmendiskusikanhubunganatasberbagai informasiyangsudah diperoleh sebelumnya, seperti : akibat yang ditimbulkanapabila Pancasila tidak dilaksanakan oleh bangsa Indonesia
b.       Pesertadidiksecarakelompokmenyimpulkanpenerapan Pancasila pada masa Orde Orde Baru dan reformasi
Mengomunikasikan
a.       Dengan bimbingan guru, Pesertadidikmenyusunlaporanhasiltelaahtentangpenerapan Pancasila pada masa Orde Orde Baru dan reformasi
b.       Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun ditulis dalam selembar kertas. Manfaatkan sumber daya alam atau bahan bekas yang ada di lingkungan peserta didik untuk membuat bahan tayang.
c.       Guru menjelaskan tata cara penyajian kelompok.
1)   Kelompok menyajikan secara bergantian bahan tayang yang telah disusunsebelumnya.
2)   Moderator dipilih dari kelompok lain secara bergiliran.
3) Kelompok penyaji menyajikan materi paling lama5menit.Kelompok lain memperhatikan penyajian kelompok penyaji dan mencatat hal-hal yangpentingsertamempersiapkanpertanyaanterhadaphalyangbelum jelas.
4)    Kelompok penyaji bertanya-jawab dan melakukan diskusi dengan   peserta didik lain tentang materi yang disajikan paling lama 15 menit.
d.       Pesertadidikmendiskusikandanmembuatkesepakatantentangtatatertibselama penyajian materi oleh kelompok, misalnya sebagai berikut.
1)   Setiap peserta didik saling menghormati pendapat orang lain.
2)      Mengangkattangansebelummemberikanpertanyaanataumenyampaikan
pendapat.
3)    Menyampaikanpertanyaanataupendapatsetelahdipersilahkanoleh
moderator.
4)    Menggunakanbahasayangsopansaatmenyampaikanpertanyaanataupendapat.
5)   Berbicarasecarabergantiandantidakmemotongpembicaraanoranglain.
e.       Gurumenjelaskanpedomanpenilaianselamapenyajianmateri,sepertiaspek penilaian meliputi beberapa hal berikut.
1)   Kemampuan bertanya
2)   Kebenaran gagasan/materi
3)   Argumentasi yang benar dan logis
4)   Bahasa yang digunakan (bahasa baku)
5)   Sikap (sopan, toleransi, kerjasama)
Gurumemberikankonfirmasiterhadapjawabanpesertadidikdalamdiskusi, denganmeluruskanjawabanyangkurangtepatdanmemberikanpenghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama.


3.       KegiatanPenutup
a.          Bersamapesertadidikgurumenyimpulkanmateripembelajaranmelaluitanya-jawab secara klasikal.
b.      Melakukan refleksi atas manfaat pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan dengan pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut.
1)  ApamanfaatyangdiperolehdarimempelajaripenerapanPancasilapadamasa Orde
Baru dan Reformasi?
2)   Apa sikap yang kalian peroleh dari pembelajaran yang telah dilakukan?
3)   Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan?
4)   Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan?
5)   Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
c.  Guru memberikan umpan balik atas pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
d.  Guru memberikan tugas agar peserta didik membaca materi pertemuanberikutnya yaitu tentang penerapan Pancasila pada masa Orde Baru danReformasi.

F.                Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik penilaian
2.      Instrumen penilaian
B. Pertemuan Kedua
1)  Penilaian Sikap

Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatianpesertadidikpadasaatberdiskusi. Aspekyangdiamati adalah, iman taqwa, rasa syukur, jujur, disiplin dan tanggung jawab. Format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format dibawah ini.

Pedoman Pengamatan Sikap
Kelas                 : ……………………….
Hari,Tanggal    : ………………………
 Pertemuan Ke-  : ……………………….
Materi Pokok    : ……………………….





No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian

ImanTaqwa
Rasa
Syukur

Jujur

Disiplin
Tanggung jawab
























Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor1apabilapesertadidiktidakpernahsesuaiaspeksikapyang dinilai
Skor2apabilapesertadidikkadang-kadangsesuaiaspeksikap yang dinilai
Skor3apabilapesertadidikseringsesuaiaspeksikapyangdinilai
Skor4apabilapesertadidikselalusesuaiaspeksikapyangdinilai

Nilai  =  Skor Perolehan×4
20
2)  Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, pesertadidikdimintauntukmengerjakan TugasMandiri1.1dan Tugas Mandiri 1.2.
PenskoranTugas Mandiri 1.1 danTugas Mandiri 1.2
SetiapnomorpadaTugasMandiri1.1dan1.2mendapatkanskormaksimal 2 sehingga skor maksimal seluruhnya adalah 20.
Nilai  =  Skor Perolehan×4
20
3)  Penilaian Keterampilan


No

Nama Peserta Didik

Kemampuan
Bertanya
Kemampuan Menjawab/ Argumentasi

Memberi
Masukan/Saran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
























































Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemam- puanpeserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemam- puan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang penerapan Pancasila pada masa OrdeBarudanmasaReformasi.Lembar penilaian Penyajian dan laporanhasil telaah dapatmenggunakanformatdi bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi


dan kondisi serta keperluan guru.
Keterangan: diisi dengan tanda cek () Kategori Penilaian :4 = sangat baik,  3 = baik,
2 = cukup,  1 = kurang
Nilai  =  Skor Perolehan×4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)
No
Aspek
Penskoran
1.
Kemampuan bertanya
Skor 4, apabila selalu Bertanya
Skor 3, apabila sering bertanya
Skor 2, apabila kadang-kadangbertanya
Skor 1, apabila tidak pernah bertanya.
2.
Kemampuan menjawab/
argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional, dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak rasional, dan tidak jelas
3.
Kemampuan memberi masukan/saran
Skor 4, apabila selalu memberi masukan/saran
Skor 3, apabila sering memberi masukan/saran
Skor 2, apabila kadang-kadang memberi masukan/saran
Skor 1, apabila tidak pernah memberi masukan/saran


Nama Peserta Didik      : ……………………….
Kelas/Semester             : ……………………….
Tahun Pelajaran            : ……………………….
Hari/Tanggal Pengisian : ……………………….
                                                            Sikap yang Dinilai

No.

Pernyataan
Skor
Skor

Akhir

Nilai
1
2
3
4
A
Sikap beriman dan bertaqwa
1
Saya berdoa sebelum melakukan kegiatan






2
Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama






3
Saya mengucapkan salam sebelum dan sesudah berbicara






4
Saya tidak mengganggu ibadah orang lain






B
Sikap Jujur
1
Saya tidak menyontek saat ulangan






2
Saya mengerjakan tugas sendiri (tidak menyalin hasil pekerjaan orang lain)






3
Saya mengakui kekeliruan dan kekhilafan






4
Saya melaporkan informasi sesuai fakta






C
Sikap Peduli
1
Saya  menolong teman yang membutuhkan






2
Saya membuang sampah pada tempatnya






3
Saya simpati terhadap orang lain






4
Saya mendahulukan kepentingan masyarakat/umum






D
SikapToleransi
1
Saya menghormati pendapat teman






2
Saya memaafkan kesalahan orang lain






3
Saya bergaul tanpa membeda-bedakan






4
Saya tidak memaksakan kehendak






E
Sikap Gotong royong
1
Saya melaksanakan tugas kelompok






2
Saya bekerja sama secara sukarela






3
Saya aktif dalam kerja kelompok






4
Rela berkorban untuk kepentingan umum






F
Sikap Santun
1
Saya berperilaku santun kepada orang lain






2
Saya berbicara santun kepada orang lain






3
Saya bersikap 3 S (salam, senyum, sapa)






Nilai
(SB/B/C/K)



















Skor penilaian menggunakan skala 1 – 4, yaitu :
Skor 1 apabila peserta didik tidak pernah sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 2 apabila peserta didik kadang-kadang sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 3 apabila peserta didik sering sesuai aspek sikap yang dinilai
Skor 4 apabila peserta didik selalu sesuai aspek sikap yang dinilai

2)  Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk Tes tertulis,
peserta didik diminta untuk mengerjakan Uji Kompetensi Bab IPenskoran Uji Kompetensi Bab I
Setiap nomor mendapatkan skor maksimal 2 sehingga skor maksimal  seluruhnya adalah 10.
Nilai  =  Skor Perolehan×4
10


3)  Penilaian Proyek

Penilaianproyekdapatdigunakanuntukmengetahuipemahaman, kemampuanmengaplikasi,kemampuanmenyelidikidankemampuan menginformasikan suatu hal secara jelas.
Penilaianproyekdilakukanmulaidariperencanaan,pelaksanaan, sampai pelaporan. Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan desain, pengumpulan data,analisisdata,danpenyiapanlaporantertulis/lisan.Untukmenilai setiap tahap perlu disiapkan kriteria penilaian atau rubrik.





No


Aspek
Kriteria dan Skor
1
2
3
4
1
Persiapan




2
Pelaksanaan




3
Pelaporan SecaraTertulis




Keterangan : diisi dengan tanda cek ( )
Kategori Penilaian :
4 = sangat baik,  3 = baik,2 = cukup,  1 = kurang

Nilai  =  Skor Perolehan×4
12
Pedoman Penskoran (rubrik)

No
Aspek
Penskoran

1.

Persiapan

Skor 4,Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, dan daftar pertanyaan
Skor 3,  Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, dan responden
Skor 2,  Jika memuat tujuan, topik, alasan, dan tempat penelitian
Skor 1,  Jika memuat tujuan, topik, dan alasan

2.

Pelaksanaan

Skor 4, Jikadatadiperolehlengkap,terstruktur,dan sesuai tujuan
Skor 3, Jika   data   diperoleh   lengkap,   kurang terstruktur, dan kurang sesuai tujuan
Skor 2, Jikadatadiperolehkuranglengkap,kurang terstruktur, dan kurang sesuai tujuan
Skor 1, Jika data diperoleh tidak lengkap, tidak terstruktur, dan tidak sesuai tujuan

3.

Pelaporan secara tertulis

Skor 4,  Jika pembahasan data sesuai tujuan penelitian  dan  membuat simpulan dan saran yang relevan
Skor 3,  Jika pembahasan data kurang sesuai tujuan penelitian, membuat simpulan dan saran tapi kurang relevan
Skor 2,  Jika pembahasan data kurang sesuai tujuan penelitian, membuat simpulan dan saran tapi tidak relevan
Skor 1,  Jika pembahasan data tidak sesuai tujuan penelitian dan membuat simpulan tapi tidak relevan dan tidak ada saran



F. Pengayaan

Kegiatan pengayaan merupakan kegiatan pembelajaran yang diberikan kepadapesertadidik yang telahmenguasaimateripembelajaranyaitumateri pada Bab 1. Dalam pengayaan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara dan pilihan. Sebagai contoh peserta didik dapat diberikan bahan bacaan yang relevan dengan materi seperti persoalan-persoalan yang berkaitan dengan penerapan Pancasila sebagai dasar Negara pada masa Orde Lama, Orde Baru maupun pada masa Reformasi.
G.Remedi.Remedial
G.Remedial
G. REMIDIAL
Kegiatanremedialdiberikankepadapesertadidikyangbelummenguasai materi  pelajaran  dan  belum  mencapai  kompetensiyang  telah  ditentukan. Bentukyangdilakukanantaralainpesertadidiksecaraterencanamempelajari bukuteksPPKnKelasIXpadabagiantertentuyangbelumdikuasainya. Guru menyediakan soal-soal latihan atau pertanyaan yang merujuk pada pemahamankembalitentangisibukuteksPPKnKelasIXBab1.Pesertadidik diminthttps://semawur.com/pybxfWkfXS4a komitmennya untuk belajar secara disiplin dalam rangka memahami materi pelajaran yangbelum dikuasainya. Gurukemudian mengadakan uji kompetensi kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik yang bersangkutan.
Bagi yang ingin mendapatkan RPP ini versi aslinya bisa langsung DOWNLOAD RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila 

PENUTUP: Itulah RPP PKN Pertemuan Ke 2 K13 Revisi Kelas 9 Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila yang bisa saya share pada kesempatan kali ini


            I Wy Surya Adnyana Yasa, S.Pd
                                                                                                                   

Baca juga

Tags :