Download RPP Kelas 3 tema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara
Download rpp kelas 3 tema 4 kewajiban dan hakku - Pada postingan saya kali ini saya akan membagikan sebuah perangkat pembelajaran berupa rpp kelas 3 tema 4 subtema 4 yang bisa anda gunakan sebagai kelengkapan administrasi pembelajaran untuk kurikulum K13 edisi revisi terbaru.
Download RPP Kelas 3 tema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara |
Download RPP Kelas 3 tema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD
Kelas/Semester :
3/1 (satu)
Tema : 4. Kewajiban dan Hakku
Subtema : 4.Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara
Pembelajaran ke :
6
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI-1 :
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2 :
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
|
KI-3 :
|
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain.
|
KI-4 :
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran,
masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
|
3.10.1Menjelaskan maksud ungkapan atau kalimat
saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
|
4.10Memeragakan
ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana)
sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
yang dibuat sendiri
|
4.10.1Menyatakan
secara lisan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah
(sederhana)
|
PPKN
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.2 Menghargai kewajiban dan
hak sebagai
anggota keluarga dan warga
sekolah sebagai wujud rasa
syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa
|
1.2.1
Memahami kewajiban dan hak sebagai warga negara terkait gambar
|
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai
anggota keluarga dan warga sekolah
|
2.2.1Mengerti tentang pengalamannya
melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga negara
|
3.2
Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga
sekolah
|
3.2.1 Menuliskan kewajiban dan hak sebagai warga
negara terkait gambar
|
4.2 Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga
dan wargasekolah
|
4.2.1 Menuliskan
cerita tentang pengalamannya melaksanakan kewajiban dan hak sebagai warga
negara.
|
Matematika
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih,
hasil kali,
atau hasil bagi dua bilangan
cacah
|
3.3.1Menentukan dua bilangan cacah yang hasil
baginya ditentukan sendiri
|
4.3
Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil
kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
|
4.3.1Membuat
pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya diketahui
|
C.Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
model Discovery Learning dan
pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis konsep-konsep yang
saling berkaitan dalam teks nonfiksi dan menyajikannya kedalam tulisan dengan bahasa
sendiri menggunakan literasi membaca dan literasi SAINS secara kritis, kreatif, dan kolaborasi dengan kerjasama dan tanggung
jawab yang baik, penuh
percaya diri, dan rasa
cinta tanah air, serta
rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Melalui
model Discovery Learning dan
pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis hubungan antar hak dan
kewajiban sebagai warga Negara menggunakan literasi membaca dan literasi SAINS
secara kritis, kreatif dan kolaborasi dengan kerjasama dan tanggung jawab yang
baik penuh percaya diri dan rasa cinta tanah air dan rasa syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa.
Nilai karakter yang dikembangkan: kerjasama,
tanggung jawab, percaya diri, rasa cinta tanah air, dan rasa syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
D. Materi
Pembelajaran
1. Muatan Bahasa Indonesia
a. Mengamati
dan bertanya jawab tentang gambar
b. Membaca
teks
c. Menemukan
masalah, menjelaskan cara penyelesaiannya, dan memberi saran
2.
Muatan PKN
a. Menuliskan
kewajiban dan hak
b. Bercerita
pengalaman berbuat baik untuk Negara
3.
Muatan Matematika
a. Memahami
masalah perkalian dan pembagian
b. Membuat
masalah perkalian dan pembagian
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, presentasi
F.
Media dan
Alat Pembelajaran
Media:
1.Lembar Kerja Siswa
Alat:
1.Lembar Kerja Peserta Didik
G. Sumber Belajar
1.
Buku Guru Tematik Revisi 2017 Kurikulum 2013
2.
Buku Tematik Revisi 2017 Kurikulum 2013
3.
Lingkungan Sekitar
4.
Buku referensi yang relevan
5.
Jaringan Internet
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke-1 (6 x 35)
Tahap Pembelajaran
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Nilai
Karakter
|
Alokasi
Waktu
|
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
20 menit
|
|||
Orientasi
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Peserta didik berdoa
dengan dipimpin ketua kelas
3.
Peserta didik
menyanyikan lagu Indonesia Raya
4.
Peserta didik
menghormat bendera
5.
Guru mengecek kehadiran
peserta didik
6.
Peserta didik melakukan
kegiatan literasi membaca (buku non pelajaran)
|
Sikap
:
Jujur
Disiplin
Tanggung
Jawab
Santun
Peduli
Percaya
Diri
Kerja
Sama
|
||
Appersepsi
|
7.
Guru mengaitkan materi
yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya
8.
Peserta didik dengan
bimbingan guru mengingat kembali materi prasyarat
9.
Guru mengajukan
pertanyaan pendahuluan:
a. Apakah yang kamu lakukan jika melihat tetanggamu membuang sampah
di selokan?
b. Apa kewajibanmu sebagai
warga untuk menjaga kebersihan lingkungan?
jawaban yang diharapkan:
|
|||
Motivasi
|
10.
Peserta didik mendapat
informasi dari guru mengenai tujuan, manfaat pembelajaran yang akan
dilakukan, metode dan indikator penilaian
|
|||
B.
Kegiatan Inti
|
||||
Tahap 1
Pemberian
Rangsangan
(Stimulation)
|
a. Peserta didik siswa membaca teks dengan
nyaring dan siswa yang lainnya menyimak.
b. Sekitar tiga orang
siswa diberi kesempatan membaca teks secara bergantian.
c. Siswa lain mengamati
temannya membaca.
|
175
menit
|
||
Tahap 2
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement)
|
d. Guru memberi masukan tentang cara membaca teks, dan memberi
contoh cara membaca teks yang baik.
e. Siswa kembali
mengamati isi teks dan menemukan kalimat yang menyatakan masalah dan cara
penyelesaiannya
f. Siswa membaca teks
pengantar kegiatan.
|
|||
Tahap 3
Pengumpulan Data
(Data Collection)
|
2. Peserta didik
berdiskusi untuk cara menyelesaikan masalah yang ditemukannya.
Dalam diskusi siswa dapat mengemukakan
beberapa masalah. Minta siswa mengambil satu masalah saja. Minta siswa
memberikan beberapa alternatif penyelesaian masalah yang dapat
dilakukan, misalnya: Apa yg
terjadi apa bila hak dan kewajiban tidak berjalan seimbang?
|
|||
Tahap 4
Pengolahan Data
(Data Processing)
|
1. Siswa
menuliskan masalah dan beberapa saran penyelesaiannya. Ingatkan siswa untuk
menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif. Minta mereka menuliskan
sekurang-kurangnya tiga cara menyelesaikan masalah.
2. Mempresentasikan
hasil diskusi
3. Mintalah
siswa mengamati gambar pada buku.
4. Tanyakan
kegiatan apa saja yang mereka temukan
5. pada
gambar. Arahkan siswa agar dapat menjawab
|
|||
Tahap 5
Pembuktian
(Verification)
|
1. Siswa
mengamati urutan kegiatan dibantu denganlangkah-langkah kegiatan pada buku.
2. Mintalah
siswa menuliskan apa saja
yang dapat digunakan
untuk melakukan kegiatan.
3. Siswa kembali mengamati teks pada buku dan
mencari kalimat yang menunjukkan kewajiban
dan hak.
4.
Siswa
menyampaikan hasil temuannya di depan kelas.
5.
Siswa
mendiskusikan kewajiban dan hak lain berkaitan dengan antar umat beragama
6. Mintalah siswa menuliskan hasil diskusi
kelompoknya di kertas dengan rapi.
7. Guru mengingatkan agar siswa menulis dengan
menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif.
8. Hasil diskusi mereka dapat ditempel di papan
pajangan kelas.
9. Siswa membaca hasil diskusi kelompok lain.
10. Mintalah siswa menyalin hasil diskusi
kelasnya pada tempat tersedia atau pada buku tulis mereka.
11. Siswa mengamati kembali teks.
12. Siswa mencari kalimat yang menunjukkan
masalah.
13. Siswa menuliskan kalimat yang menunjukkan
masalah
yang dijumpainya pada teks
14. Siswa menuliskan cara mengatasi masalah yang
ditemukan.
Sampaikan bahwa satu masalah dapatmemiliki beberapa kemungkinan cara
mengatasinya. Guru mengingatkan agar siswa menulis dengan rapi.
|
|||
Tahap 6
Menarik
kesimpulan/ generalisasi (Generaliza tion)
|
||||
1. Siswa mengerjakan beberapa alternative
permasalahan.
2. Setelah selesai mengerjakan tugas, siswa
diingatkan untuk banyak berlatih di rumah dan bisa membuat cerita sendiri
|
||||
Kegiatan
Penutup
|
||||
1. Kegiatan guru bersama peserta didik
yaitu:
2.
Guru
dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
3.
Apa
saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
4.
Apa
kegiatan yang paling disukai?
5.
Informasi
apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
6.
Bagaimana
cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
7.
Kegiatan
guru yaitu:
•
Kegiatan diakhir
dengan mengulas kembali apa yang sudah
dilakukan sejak pagi dan ditutup dengan bersyukur kepada Tuhan menyimpulkan bahwa manusia memiliki banyak perbedaan salah satunya beda agama. Setiap
orang hendaknya saling menghargai,
menghormati dan bekerja sama antar pemeluk
agama.
8. Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai
dengan agama dankepercayaan masing-masing oleh dipimpin oleh siswa yang
diberi tugas.Religius
|
15
menit
|
E. Penilaian
1.
Pengetahuan
jenis/teknik tes : tertulis, lisan, dan penugasan
bentuk tes : uraian
(HOTS)
Instrumen
Penilaian : kisi-kisi dan soal
KISI -KISI SOAL PENGETAHUAN
NO URUT
|
MUATAN
KTSP/MATERI
|
KI/KD
|
INDIKATOR
|
BENTUK
TES
|
NO
SOAL
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
Bahasa
Indonesia
|
Tulis
|
1
|
||
2
|
PPKN
|
2
|
|||
3
|
Matematika
|
Soal :
1. Ayo
bercerita
Berilah 3 cara berbuat baik untuk negara :
1
………………………………………………………..
2…………………………………………………………
3…………………………………………………………
2. Apakah
kewajiban dan hakmu? Isilah tabel
berikut ini dengan tepat!
3. Isilah
tabel berikut sesuai dengan jawaban yang tepat!
42
|
x
|
8
|
=
|
.....
|
45
|
:
|
5
|
=
|
.....
|
100
|
x
|
6
|
=
|
....
|
72
|
:
|
......
|
=
|
9
|
48
|
x
|
6
|
=
|
.......
|
Jawaban:
1.
Kreativitas siswa
2.
Kreativitas siswa
3.
42
|
x
|
8
|
=
|
336
|
45
|
:
|
5
|
=
|
9
|
100
|
x
|
6
|
=
|
600
|
72
|
:
|
8
|
=
|
9
|
48
|
x
|
6
|
=
|
228
|
Kreteria penskoran
Tiap soal
yang dijawab dengan benar mendapat skor 10
Tiap soal
yang dijawab Salah/tidak dijawab mendapat skor 0
Nilai Akhir = skor perolehan x 100
Skor maksimal
1.
Remidial
a.
Berlatih
mengenal masalah yang ada di lingkungan sekitarnya.
b.
Berlatih
membuat kalimat saran berkaitan dengan masalah yang dijumpainya di lingkungan sekitar.
c.
Berlatih
menyampaikan saran tentang masalah di lingkungan
d.
dengan menggunakan
kosa kata baku dan kalimat efektif.
e.
Berlatih
mengenal kewajiban dan hak sebagai warga negara.
f.
Berlatih
menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya sudah diketahui.
g.
Berlatih
membuat cerita berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah yang hasilnya
sudah diketahui
2.
Pengayaan
a. Mengenal lebih jauh tentang warga negara, kewajiban dan haknya.
b. Menuliskan masalah serta saran
sesuai dengan teks yang ada
c. Membuat
sebanyak-banyak soal matematika berkaitan dengan perkalian dan pembagian yang
hasilnya sudah
diketahui.
Kepala Sekolah,
(........................................................)
NIP.
|
Guru Kelas III,
(............................................................)
NIP.
|
- Selengkapnya anda bisa Download RPP Kelas 3 tema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara DISINI
Penutup: Demikian Download RPP Kelas 3 tema 4 Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat
seconds.