Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia beserta gambar - Kegiatan ekonomi adalah  semua kegiatan yang dilakukan oleh  manusia untuk  memenuhi kebutuhan  hidup. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada manusia yang dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya. Oleh sebab itu, harus ada kerja sama antarmanusia.

Contohnya manusia yang bekerja sebagai petani akan memproduksi bahan pangan. Bahan  pangan tersebut akan dibeli oleh manusia yang bekerja sebagai penjahit pakaian. Sebaliknya, manusia yang bekerja sebagai penjahit pakaian akan menghasilkan bahan sandang yang dijual kepada  petani.

Negara Indonesia diberikan karunia oleh Tuhan dengan tanah dan perairan yang luas.Oleh karena itu, penduduk Indonesia memiliki keberagaman usaha dan kegiatan ekonomi, seperti pertanian, perkebunan,peternakan,perikanan,kehutanan, pertambangan,perindustrian, perdagangan  , dan pariwisata.

Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia


1. Pertanian 
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara agraris. Oleh  karena itu, negara indonesia memiliki lahn  pertanian yang luas.Hasil  pertanian  di Indonesia yang paling terkenal adalah padi yang dijadikan  bahan  makanan pokok.

2. Perkebunan
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Perkebunan merupakan  usaha penanaman  lahan dengan  tanaman  keras. Perkebunandibagi menjadi perkebunan  rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat  adalah perkebunan besar. Perkebunan rakyat  adalah  perkebunan yang dikelola oleh rakyat, sedangkan  perkebunan besar dikelola oleh  pemerintah atau  perusahaan . Lahan di perkebunan besar biasa di tanami karet. kelapa, kelap sawit, dan tebu. Hasil perkebunan besar ditujukan untuk  ekspor sehingga menghasilkan devisa negara.

3. Peternakan 
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Peternakan  adalah usaha memelihara hewan peliharaan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan  peternakan unggas. Hewan yang dipelihara di peternakan hewan besar adalah sapi, kerbau, dan kuda.

Peternakan hewan  besar banyak dilakukan di daerah dengan padang rumput luas, seperti di Nusa  Tenggara Timur. Hewan yang  dipelihara di peternakan hewan kecil adalah  kambing, domba, kelinci, dan babi. Hewan yang dipelihara di peternakan  unggas adalah aym , itik , entok, dan burung.

4. Perikanan 
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Usaha  perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan  laut.

a. Perikanan darat adalah usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat. Perikanan  darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan  air payau. Perikanan air tawar diuahakan di sungai, danau, rawa,waduk. serta sawah yang digenangi air. Sedangkan perikanan air payau diusahakan di tambak atau  kolam yang terdapat di tepi pantai.

b. Perikanan air laut adalah usaha menangkap ikan di laut pembudidayan ikan laut dalam tambak atau kolam. Di Indonesia, usaha penangkapan ikan  laut dilakukan  oleh nelayan tradisional dan perusahaan  perikanan.

5. Kehutanan 
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Negara  Indonesia memiliki  hutan yang luas sehingga sering disebut sebagi paru- paru dunia. Hutan memiliki fungsi sebagai  penyeimbang ekosistem. Jika hutan rusak  maka keseimbangan lingkungan  juga terganggu.

Pepohonan  di hutan membantu peresapan air ke dalam tanah sehingga mencegah banjir dan tanah longsor. Oleh  karena  itu, hutan  harus  dijaga  kelestariannya dengan  cara mencegah penebangan  liar dan  mengadakan reboisasi. Hutan juga menjadi sumber daya  alam yang  dapat dimanfaatkan oleh  manusia. Hasil- hasil  hutan antar lain  kayu , rotan, dan damar.

6. Pertambangan 
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteraan manusia disebut pertambangan. Mineral berada di dalam bumi. Untuk mendapatkan mineral, perlu dilakukan penggalian atau penambangan. Bahan tambang dapat dibedakan menjadi:
  • bahan tambang logam : timah, bauksit, besi, nikel, tembaga dan emas
  • bahan tambang non logam : keramik, belerang, gibs dan marmer
  • bahan tambang energi : minyak bumi, batu bara dan gas bumi

7. Perindustrian
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari SDA. Industri dilakukan untuk meningkatkan mutu dan nilai suatu barang. Usaha Industri dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok atau perusahaan, baik pemerintah maupun swasta. Contoh industri adalah pengolahan karet menjadi ban dan kapas menjadi kain

8. Perdagangan
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang - barang yang diperdagangkan merupakan hasil pertanian, peternakan, perikanan dan perinsustrian. Perdagangan muncul karena kemampuan terbatas manusia, daerah, atau negara dalam menyediakan barang kebutuhan sehingga terjadi saling ketergantungan.

Para pedagang memperoleh keuntungan dari selisih harga ketika melakukan penjualan dan pembelian yang disebut Laba.

Berdasarkan jumlah barang yang diperdagangkan, perdagangan dibedakan menjadi:
  • perdagangan golongan kecil
  • perdagangan golongan sedang 
  • perdagangan golongan besar
Kegiatan perdagangan antar negara disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang  ke luar negeri, sedabngkan impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang dari luar negeri.

9. Pariwisata
Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia

Pariwisata adalah kegiatan bepergian dari tempat tinggal ke tempat wisata dengan tujuan rekreasi. Orang yang melakukan pariwisata disebut wisatawan. Wisatawan dibagi menjadi wisatawan domestik dan mancanegara.

Negara Indonesia memiliki banyak objek wisata alam dan wisata budaya. Contoh objek wisata alam adalah pegunungan, pantai, danau dll. Sedangkan contoh objek wisata budaya adalah candi, upacara adat, dan kesenian daerah.
(Referensi: Buku Tematik 4G Indahnya Keragaman Negriku hal 106 - 108)

Tugas Mandiri
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian terhadap materi  Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia ini berikut saya akan memberikan soal - soal sebagai bahan evaluasi. Silahkan kalian klik pada tautan dibawah ini!


Apabila ada kendala lakukan langkah berikut:
Penutup: Demikianlah ulasan materi mengenai Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Indonesia, semoga bisa menambah pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan mata pelajaran IPS. Selamat belajar
Baca juga

Tags :