Materi PKN Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku

Materi PKN Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku - Sebagai bahan pembelajaran berbasis online, tak terkecuali dalam pembelajaran PKN kelas 4, disini kami akan menyajikan materi pembelajaran PKN semester 2 khususnya yang berhubungan dengan Tema 8 yaitu Daerah Tempat Tinggalku. Berikut ulasan materi dalam satu kali pertemuan.
Materi PKN Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
Materi PKN Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku

Materi PKN Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku


PKn KELAS IV
TEMA 8 (DAERAH TEMPAT TINGGALKU )
KEBERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DALAM KEHIDUPAN SEHARI –HARI

Keluarga merupakan kelompok terkecil di dalam masyarakat yang meliputi keluarga beserta anggota keluarga .Bagi seorang anak keluarga merupakan tempat belajar pertama setelah dilahirkan, yang membuat peran keluarga menjadi penting untuk membentuk kepribadian anak .

Namun terkadang hubungan baik dalam keluarga menjadi kurang baik jika setiap anggota keluarga kurang memahami mengenai keberagama karakteristik individu . Manfaat hidup bersatu bagi kehidupan sosial keluarga bias didapat ketika keluarga memahami karakteristik masing – masing anggotanya .

Manfaat Keberagaman Karakteristik Individu di Rumah :


1.    Memahami sifat antar anggota keluarga
Keberagaman karakteristik dalam keluarga bukanlah menjadi hambatan namun dapat mengetahui sifat masing- masing anggota keluarga. Dengan mengetahui adanya keberagaman karakteristik setiap individu dalam keluarga menjadi acuan berperilaku satu sama lain

2.    Membentuk rasa saling menghormati dan menghargai
Agar mendapatkan hidup rukun dalam keluarga setiap anggota keluarga harus mengetahui karakteristik individu sehingga muncul rasa saling menghormati dan menghargai akan kepentingan anggota keluarga satu sama lain .

3.    Mengetahui cara bersikap dalam menghadapi masalah
Contohnya seperti ketika salah satu anggota keluarga adalah seorang pemarah, maka sebaiknay menghindari kata-kata yang justru akan menambah panas suasana. Dan memperburuk keadaan .Permasalahan yang timbul nanti bias dilakukan dengan manfaat muasyawarah .

4.    Meminimalis adanya perselisihan
Dengan adanya keberagaman karakteristik individu dalam keluarga diharapkan ada anggota yang bias menjadi penengah sehingga dapat menyelesaikan perselisihan yang terjadi .

5.    Menjaga keharmonisan keluarga
Dengan mengetahui dan memahami karakteristik setiap individu dalam keluarga seharusnya dapat menjaga dan meningkatkan manfaat komunikasi dalam keluarga. Kuncinya adalah menghilangkan rasa egois yang dapat merusak keharmonisan keluarga .

6.    Meningkatkan hubungan kekeluargaan
Memahami karakteristik dan sifat anggota keluarga dapat meningkatkan kepekaan ketika salah satu anggota mengalami masalah dan membutuhkan bantuan. Hal ini seharusnya dapat meningkatkan manfaat tolong menolong sehingga setiap anggota merasa mendapat dukungan dari anggota keluarga lainnya .

Penutup: Demikian Materi PKN Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan kita dalam pembelajaran PKN kelas 4 SD. Selamat belajar

Orang Juga Mencari Tentang:
rangkuman materi tema 8 kelas 4 subtema 2
rangkuman materi tema 8 kelas 4 sd
rangkuman materi tema 8 kelas 4 subtema 3
rangkuman tema 8 kelas 4 subtema 2
rangkuman tema 8 kelas 4 subtema 1
rangkuman tema 8 kelas 4 subtema 3
rangkuman materi kelas 4 tema 8 subtema 1
pembahasan lengkap materi kelas 4 tema 8 subtema 2 pembelajaran 4
Baca juga

Tags :