Materi dan Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya

Materi dan Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya - Kali ini saya akan membagikan Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya. Cahaya adalah nama yang diberikan manusia pada radiasi yang dapat dilihat oleh mata manusia. Cahaya merupakan gelombang eloktromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnet.

Materi dan Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya
Materi dan Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya

Berdasarkan jenisnya, cahaya dibedakan menjadi cahaya yang tampak dan cahaya yang tidak tampak. Cahaya tampak adalah cahaya yang jika mengenai benda maka benda tersebut akan dapat dilihat oleh manusia, contoh cahaya matahari. Cahaya tak tampak adalah cahaya yang bila mengenai benda tidak akan tampak lebih terang atau masih sama sebelum terkena cahaya.

Contoh cahaya tak tampak adalah sinar inframerah dan sinar x. Cahaya tampak dibagi menjadi 2 yaitu monokromatik dan polikromatik. Monokromatik adalah satu cahaya yang terdiri dari satu warna, contohnya merah. Sedangkan polikromatik adalah satu cahaya yang terdiri dari beberapa warna, contohnya ungu, merupakan kombinasi antara merah dan biru.


Materi  IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya

Sifat-Sifat Cahaya

Sebagai gelombang dan partikel, cahaya memiliki beberapa sifat, yaitu mampu menembus benda bening, dapat dipantulkan, merambat lurus, dan dapat dibiaskan maupun diuraikan.

Bisa menembus benda bening

Benda bening adalah benda yang dapat ditembus oleh cahaya, seperti kaca, mika, plastik bening, dan air jernih. Berdasarkan kemampuan menembus benda, terdapat tiga jenis benda: benda bening/transparan, benda translusens, dan benda opak (opaque)/tidak dapat ditembus.

Seperti namanya, benda bening dapat ditembus oleh cahaya, sehingga kita mampu melihat menembus benda tersebut karena cahaya diteruskan dan tidak dipantulkan. Benda translusens merupakan benda yang mampu meneruskan sebagian cahaya. Kita mampu melihat menembusnya, tapi tidak terlalu jelas, seperti air keruh dan bohlam susu.

Sementara itu, benda opak tidak dapat ditembus oleh cahaya sama sekali. Cahaya langsung dipantulkan dan ditangkap oleh mata, sehingga kita dapat melihat warna dan bentuknya. Benda opak banyak ditemukan di sekitar kita, seperti smartphone, buku, tembok, dan meja.

Bisa dipantulkan

Refleksi atau pemantulan cahaya adalah proses kembali terpancarnya cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan cahaya dibagi menjadi dua jenis, yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur (difus) atau tidak teratur.

Pemantulan teratur adalah pemantulan yang berkas cahaya pantulnya sejajar. Pemantulan teratur dapat terjadi jika cahaya mengenai benda dengan permukaan yang rata dan mengilap atau licin. Salah satu benda yang dapat memantulkan cahaya dengan teratur adalah cermin. Karena itu, kita bisa melihat bayangan di cermin karena cahaya yang terpantul dari tubuh kita, memantul ke permukaan cermin, kemudian ditangkap oleh mata.

Sementara itu, pemantulan baur umumnya terjadi pada tanah rata atau air yang bergelombang. Pemantulan baur menyebabkan area yang tidak terkena cahaya matahari langsung turut menjadi terang.

Bisa diuraikan

Penguraian cahaya dapat disebut dengan istilah dispersi cahaya. Salah satu contoh alami dari ini adalah peristiwa terbentuknya pelangi. Kita bisa melihat bahwa pelangi setidaknya terdiri dari tujuh warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, dan seterusnya. Tapi warna-warna tersebut awalnya berasal dari satu warna saja, yaitu warna putih dari cahaya matahari. Apa yang dihasilkan matahari ini kemudian dibiaskan oleh titik air hujan, sehingga terurai menjadi tujuh warna pelangi. Cahaya putih dari matahari juga disebut sebagai sinar polikromatik.

Sinar polikromatik adalah sinar yang tersusun dari berbagai spektrum warna cahaya. Karena itu ketika diuraikan, kita dapat melihat berbagai warna penyusunnya, seperti pelangi. Peristiwa perpaduan berbagai warna menjadi warna putih disebut sebagai spektrum cahaya. Sementara itu, warna yang tidak bisa diuraikan disebut dengan cahaya monokromatik.

Bisa dibiaskan

Pembiasan cahaya adalah peristiwa ketika arah rambat cahaya dibelokkan ketika melewati dua medium dengan kerapatan yang berbeda. Sifat ini biasa digunakan manusia untuk membuat alat-alat optik.

Peristiwa pembiasan cahaya dapat kita amati di kehidupan sehari-hari, seperti dasar air yang jernih tampak lebih dangkal dari sebenarnya, sedotan atau benda lurus lain yang terlihat bengkok ketika dimasukkan ke dalam gelas berisi air, dan peristiwa fatamorgana karena berkas cahaya merambat dari udara dingin ke udara panas.

Ada beberapa hukum pembiasan. 

  • Pertama, apabila cahaya merambat dari zat kerapatan rendah ke zat kerapatan tinggi, cahaya akan dibiaskan mendekati garis normal. Contohnya adalah ketika cahaya merambat dari udara ke air.
  • Kedua, ketika cahaya merambat dari zat kerapatan tinggi ke zat kerapatan rendah, cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal. Salah satu contohnya adalah ketika cahaya merambat dari air ke udara.

Merambat lurus

Sifat cahaya yang terakhir adalah merambat lurus ketika melewati satu medium. Kita bisa mengujinya dengan menyalakan senter dan cahaya akan terpancar dengan lurus. Karena itu, sifat ini digunakan manusia contohnya pada lampu kendaraan bermotor untuk menerangi jalan.



Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Di bawah ini yang merupakan sumber cahaya adalah ....
a. matahari
b. batu baterai
c. generator
d. dinamo

2. Di bawah ini merupakan benda yang dapat ditembus oleh cahaya, kecuali ....
a. gelas bening
b. kaca jendela
c. karton
d. plastik bening

3. Gelas bening dapat ditembus oleh cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ....
a. merambat lurus
b. menembus benda bening
c. dapat dipantulkan
d. dapat dibiaskan

4. Cermin yang permukan pantulnya berbentuk cekungan disebut ....
a. cermin cembung
b. cermin datar
c. cermin hias
d. cermin cekung

5. Jarak bayangan dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
a. sama
b. berbeda
c. lebih dekat
d. lebih jauh

6. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah ....
a. nyata dan terbalik
b. nyata dan tegak
c. semu dan terbalik
d. semu dan tegak

7. Cermin yang digunakan pada kaca spion mobil atau motor adalah ....
a. cermin datar
b. cermin cekung
c. cermin cembung
d. cermin rias

8. Dasar kolam yang airnya jernih terlihat lebih dangkal dari yang sebenarnya merupakan salah satu peristiwa ....
a. pemantulan cahaya
b. pembiasan cahaya
c. perambatan cahaya
d. pembentukan bayangan

9. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat maka cahaya akan dibiaskan mendekati ....
a. garis normal
b. garis horizontal
c. garis vertikal
d. garis lurus

10. Warna-warna yang membentuk cahaya putih disebut ....
a. pelangi
b. spektrum cahaya
c. warna terang
d. warna gelap

B. Kerjakanlah soal-soal di bawah ini!
1. Cahaya yang masuk melalui jendela rumah menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ....
2. Cermin yang biasa di pakai untuk berhias adalah jenis cermin ....
3. Pembiasan cahaya terjadi karena adanya perbedaan ... antara dua jenis zat.
4. Apabila cahaya merambat dari zat yang lebih rapat ke zat yang kurang rapat maka cahaya akan dibiaskan ....
5. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu merupakan ....

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Sebutkan sifat-sifat cahaya yang kamu ketahui dan berilah contohnya!
2. Jelaskan sifat-sifat bayangan yang dibentuk apabila sebuah benda diletakkan di depan cermin cembung!
3. Mengapa kaca spion kendaraan bermotor menggunakan cermin cembung? Jelaskan!
4. Mengapa pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air terlihat bengkok?
5. Jelaskan bagaimana proses terjadinya pelangi!

Penutup: Demikian Materi dan Soal IPA Kelas 5 Semester 2 Tentang Sifat - Sifat Cahaya yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, terimakasih
#TAGS
sifat cahaya pada lup                                                        
materi sifat-sifat cahaya kelas 4 sd
kisi-kisi soal sifat-sifat cahaya
langkah kerja cahaya dapat dibiaskan
soal ipa tentang bunyi dan cahaya
soal ulangan harian cahaya kelas 8
sifat cahaya pada kaca pembesar
soal hots cahaya
Baca juga

Tags :