Materi Pembelajaran IPS Kelas 4 Lingkungan Hidup

Materi Pembelajaran IPS Kelas 4 Lingkungan Hidup - Untuk materi IPS yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah materi Tematik 4 I yaitu yang berhubungan dengan Lingkungan Hidup. Adapun hal - hal yang akan kita bahas adalah mengenai:

  • Pengertian dan Contoh Lingkungan Hidup
  • Unsur - unsur lingkungan hidup
  • Manfaat Lingkungan Hidup
    Materi Pembelajaran IPS Kelas 4 Lingkungan Hidup
    Materi Pembelajaran IPS Kelas 4 Lingkungan Hidup
Baik langsung saja akan kita bahas materi ini selengkapnya. Simak penjelasan dibawah ini:

Pengertian Lingkungan Hidup

Apakah kalian tau Apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup? Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Sementara  Lingkungan adalah suatu penampakan alam yang diciptakan oleh YME, yang meliputi seluruh makhluk hidup yang ada dilingkungan alam.

Manusia berinteraksi dengan lingkungan hidupnya. Interaksi antara manusia dan lingkungan hidup merupakan proses saling mempengaruhi antara satu dan lainnya. Lingkungan hidup manusia terdiri atas lingkungan alam, lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi

Contoh Lingkungan Hidup

Mungkin kalian akan bertanya apa saja contoh lingkungan hidup?
Membicarakan unsur lingkungan tidak akan lengkap tanpa membahas tentang lingkungan alami dan buatan.
  • lingkungan alami adalah lingkungan alam yang sudah ada tanpa adanya campur tangan manusia. Contoh lingkungan jenis ini adalah cuaca, iklim, bentang alam, contohnya, sungai, danau, gunung, laut, hutan, dsb. batuan mineral, tanah, vegetasi alami, kehidupan hewan asli, mikroorganisme, perairan permukaan dan bawah tanah. Demikian pula lautan, pantai, posisi geologi, bentuk wilayah, lokasi geografis.
  • Lingkungan buatan tercipta karena adanya intervensi manusia. Daerah dimana manusia mengubah bentang alam seperti perkotaan, lahan pertanian, maka lingkungan alamiah semakin telah berkurang. Contoh lingkungan ini adalah bendungan, danau buatan, taman satwa dan lain-lain.

Unsur - unsur Lingkungan Hidup

Komponen atau unsur lingkungan hidup terdiri atas beberapa unsur, yaitu:

1. Unsur lingkungan biotik atau hayati. Komponen lingkungan ini terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan atau satwa atau fauna, tumbuhan atau flora.

2. Unsur lingkungan abiotik. Merupakan komponen lingkungan yang terdiri dari berbagai benda-benda tidak hidup, misalnya tanah, air, udara, iklim, dan sebagainya. Keberadaan suatu lingkungan fisik sangat besar pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup berbagai bentuk kehidupan di bumi.

3. Unsur sosial budaya,. Unsur ini adalah lingkungan sosial, budaya yang ada di sekitar manusia. Merupakan sistem nilai, gagasan, keyakinan dalam menentukan perilaku manusia sebagai makhluk sosial.

Manfaat Lingkungan Hidup 

Berbicara mengenai manfaat lingkungan bagi manusia tentunya akan sangat banyak sekali manfaatnya. Hal ini dikarenakan manusia hidup memang tidak bisa terlepas dari lingkungan.

Berikut ada beberapa manfaat lingkungan bagi manusia:
  • Tempat bertahan hidup.
  • Tempat bersosialisasi.
  • Tempat mencari kekayaan.
  • Tempat mendapatkan hiburan.
  • Tempat edukasi.
  • Tempat Kebudayaan.

Cara Melestarikan Lingkungan Hidup

Terdapat banyak cara hidup ramah lingkungan yang dapat kita lakukan untuk melakukan pelestarian lingkungan. Beberapa cara pelestarian lingkungan yang dapat kita lakukan adalah:
  • Mengumpulkan sampah organik yang kita hasilkan. Kemudian jadikan pupuk kompos.
  • Kurangi penggunaan kantong plastik ketika berbelanja. Menggunakan tas khusus, misalnya tas kain, yang dapat anda pakai berulang kali.
  • Tanam pohon sebanyak mungkin. Bergabung dengan organisasi yang melakukan aktifitas penanaman pohon sangat dianjurkan sehingga anda juga dapat belajar cara menanam yang baik.
  • Kurangi frekuensi perjalanan, jika tidak terlalu dibutuhkan. Selain menghemat pengeluaran, kita juga menghemat BBM. BBM berasal dari bahan bakar fosil dan merupakan sumber utama pencemaran udara.
  • Kumpulkan sampah yang bisa didaur ulang seperti botol plasti, botol kaca, baterai, besi. Jual atau berikan kepada pengepul (tukang butut). Ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari sampah, selain beramal tentunya.
Nah untuk mengetahui pemahaman kalian terhadap materi IPS kali ini, silahkan perhatikan tugas mandiri dibawah ini. Ada 5 soal yang mesti kalian selesaikan!

Tugas Mandiri
Nah setelah memahami materi tentang lingkungan hidup, silahkan kalian kerjakan soal dibawah ini pada buku latihan! Kalian bisa menggunakan buku Tematik 4 I ( hal 12 - 14 ) sebagai referensi tambahan!

1. Apa manfaat lingkungan yang kamu rasakan saat ini ?
2. Bagaimana hubungan manusia dengan lingkungan alam ?
3. Berikan contoh hubungan manusia dengan lingkungan sosial !
4. Kenapa manusia selalu berinteraksi dengan lingkungan alam ?
5. Apa yang mesti kita lakukan untuk selalu menjaga lingkungan disekitar kita ?

Penutup: Demikian penjelasan Materi Pembelajaran IPS Kelas 4 Lingkungan Hidup yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Baca juga

Tags :