IPS Kelas 4 SD Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia dan Alam

IPS Kelas 4 SD Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia dan Alam - Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang melingkupi keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah ataupun dalam lautan dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan dalam memanfaatkan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan terdiri atas komponen biotik dan abiotik.

IPS Kelas 4 SD Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia dan Alam
IPS Kelas 4 SD Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia dan Alam


Lingkungan tidak dapat dipisahkan dari interaksi anatara seluruh makhluk hidup yang bernaung di lingkungan tersebut. Dengan adanya interaksi tersbut kemungkinan besar lingkungan pasti akan mengalami perubahan, khususnya akibat pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan. Perubahan tersebut dapat diakibatkan oleh alam dan kebanyakan akibat oleh ulah aktivitas manusia yang menyebabkan keseimbangan lingkungan dapat terganggu.

Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia

Beberapa perubahan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia adalah sebagai berikut:

1. Penebangan atau pembakaran hutan 
Dapat mengakibatkan keseimbangan lingkungan benar-benar rusak karena hutan merupakan sumber dari segala bentuk sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup.

Dengan penebangan hutan akan menyebabkan populasi dari suatu pohon menjadi punah, keanekaragaman hayati menjadi hilang, dapat menghambat siklus-siklus kehidupan seperti siklus hidrologi. Selain itu pembakaran hutan juga dapat menebabkan polusi udara yang sangat merugikan bagi kehidupan.

2. Pembangunan rumah atau gedung-gedung pencakar langit 
Dapat merusak lingkungan melalui global warming atau pemanasan global. Pemanasan global seperti yang telah diketahui bahwa berdampak sangat buruk bagi keseimbangan lingkungan. Misalnya mencairkan es-es di kutub.

3. Penerapan Intensifikasi pertanian
Ini bertujuan untuk menaikkan hasil produksi. Namun, akibatnya sangat buruk bagi lingkungan. Penggunaan pestisida berlebihan, mjengandung banyak senyawa kimia berbahaya dapat menyebabkan kerusakan lingkungan khusunya organisme-organisme yang berhabitat ditanah tersebut. akibatnya ekosistem dilahan pertanian tersebut menjadi rusak



4. Kebakaran hutan dan lahan 
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah keadaan di mana hutan dan lahan dilanda api sehingga mengakibatkan kerusakan hutan dan lahan yang menimbulkan kerugian ekonomis dan atau nilai lingkungan. Kebakaran hutan dan lahan seringkali menyebabkan bencana asap yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat sekitar


Perubahan Lingkungan Karena Faktor Alam

Sementara beberapa contoh perubahan lingkungan yang disebabkan oleh faktor alam atau yang terjadi secara alami adalah sebagai berikut:

1. Banjir 
Dapat merubah lingkungan menjadi wilayah yang dapat menjadi pusat penyakit, udara menjadi tidak sedap, menyebabkan lingkungan menjadi kumuh. Akibatnya organisme yang berkembang dalam lingkungan akibat banjir ini ialah organisme yang bersifat infektif atau penyebab penyakit.

2. Gempa bumi 
Dapat merubah lingkungan menjadi  tidak kondusif seperti dapat merusak fasilitas umum seperti jalan, struktur tanah menjadi rusak, rumah-rumah penduduk rusak. Akibatnya organisme atau makhluk hidupyang berada ditempat kejadian gempa bumi dapat mengalami kematian ataupun terluka karena tertimpa reruntuhan.

3. Letusan gunung api 
Memiliki dampak positif dan negatif bagi lingkungan disekitarnya. Misalnya pada dampak positif yitu lahan-lahan yang dilalui oleh abu vulkanik menjadi subu, material yang dikeluarkan dapat diambil hasil tambangnya, dan dapat juga dijadikan sebagai bahan bangunan. Dampak negatifnya pemukiman warga menjadi rusak, hewan yang tinggal di pegunungan kehilangan habitatnya, ekosistem menjadi tidak stabil, saat erupsi asap yang dihasilkan dapat menjadi pencemaran udara.

4. Tanah longsor 
Dapat merubah lingkungan khususnya didaerah pegunungan atau hutan dan lahan pada dataran tinggi. Hal ini dapat menyebabkan struktur lapisan tanah menjadi rusak atau keropos, menyebabkan pohon-pohon menjadi tumbang dan dapat menimpa siapapun yang melintasi wilayah tersebut sehingga dapat menyebabkan terjadinya luka-luka bahkan hingga kematian.

Kesimpulan:  lingkungan yang mengalami perubahan dapat berdampak negatif dan positif bagi keberlangsungan makhluk hidup. Sebagian besar perubahan lingkungan diakibatkan oleh ulah manusia yang memanfaatkan sumber daya alam di lingkungan tanpa melakukan upaya untuk mempertahankan keberadaan sumber daya alam tersebut. selain itu perubahan lingkungan dapat diakibatkan juga akibat peristiwa alam seperti bencana alam.

Tugas mandiri
*Amatilah gambar berikut dengan cermat (apabila kurang jelas bisa dilihat pada buku tematik 4 I hal 136 - 137). Jelaskanlah perubahan lingkungan yang terjadi pada gambar!
IPS Kelas 4 SD Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia dan Alam

*Untuk menyegarkan ingatanmu tentang perubahan alam dan lingkungan, tuliskan perubahan alam dan lingkungan berdasarkan faktor penyebabnya pada tabel berikut ini.




Perubahan Lingkungan karena faktor manusia
Perubahan lingkungan karena faktor alam
1.
2.
3.
4.




Penutup: Demikian pembelajaran IPS Kelas 4 SD Perubahan Lingkungan Karena Faktor Manusia dan Alam pada kesempatan kali ini, selamat belajar #DirumahAja
Baca juga

Tags :