Materi IPS Kelas 6 Tema 1 Ragam Vegetasi di Indonesia

Materi IPS Kelas 6 Tema 1 Ragam Vegetasi di Indonesia - Indonesia merupakan negara yang terletak di sekitar garis lintang khatulistiwa, sehingga tak urung menjadikan Indonesia mempunyai begitu kaya. Dengan kekayaan yang dimiliki tak salah bila Indonesia disebut sebagai “Zamrud Khatulistiwa” yaitu negeri subur dan hijau sejauh mata memandang.

Secara geografis Indonesia terbentang dari 6º LU sampai 110º LS dan 92º sampai 142º BT, terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang jumlahnya kurang lebih 17.504 pulau (Lasabuda, 2013). Dengan hamparan kepulauan tersebut, Indonesia mempunyai beraneka ragam flora dan fauna di hutan tropisnya.
Materi IPS Kelas 6 Tema 1 Ragam Vegetasi di Indonesia
Materi IPS Kelas 6 Tema 1 Ragam Vegetasi di Indonesia

Hutan hujan tropis bisa juga diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Jika ditelisik lebih jauh, vegetasi di hutan tropis mempunyai karakteristik yang cukup menarik untuk dipelajari.

Vegetasi adalah beragam tanaman atau tumbuhan yang menempati suatu ekosistem. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, vegetasi didefinisikan sebagai bentuk kehidupan yang terkait dengan tanaman atau tumbuhan.

Sesuai dengan iklim dan posisina, yaitu berada di kontinen Asia dan Australia, maka vegetasi yang ada di Indonesia adalah vegetasi peralihan. Karena banyaknya curah hujan, maka pengaruh vegetasi di Asia lebih dominan, sedangkan dari Australia jumlahnya relatif sedikit dan hanya terbatas di daerah kering, seperti NTB dan NTT.

Berikut ciri - ciri utama Vegetasi alam Indonesia:

1. Selalu hijau, walaupun ada diantaranya yang gugur pada musim kering, misalnya jati
2. Jumlah spesiesnya banyak dan jumlah tipe endemiknya pun relatif besar
3. Terdapat banyak tumbuhan epifit serta tumbuhan memanjat, misalnya rotan
4. Di daerah Hutan hujan tropis, terdapat jenis tumbuhan yang menghasilkan getah, misalnya getah perca.

Di Indonesia sendiri terdapat 5 jenis hutan dengan segala ciri khas ekosistem di dalamnya, berikut informasinya.


1. Hutan Bakau
Hutan bakau tumbuh di pantai-pantai landai dan berlumpur yang terkena pasang surut. Hutan bakau sangat penting karena menjadi tempat bagi berbagai jenis ikan dan udang.

2. Hutan Rawa
Hutan rawa meliputi daerah rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuhan seperti beluntas, pandan, dan ketapang. Jenis hutan ini banyak terdapat di pantai timur Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah

3. Hutan Sabana
Sabana adalah padang rumput yang diselingi pepohonan dan banyak terdapat semak belukar. Sabana umumnya dijumpai di Nusa Tenggara.

4. Hutan Musim
Hutan ini dinamai hutan musim karena memiliki perbedaan kondisi pada musim hujan dan kemarau yang cukup mencolok. Tumbuhan yang ada di hutan musim pada musim kemarau biasanya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh lebat kembali.

5. Hutan Hujan Tropis
Ini adalah jenis hutan yang paling terkenal di Indonesia yang negara tropis ini. Kepulauan Indonesia yang beriklim tropis banyak memperoleh sinar matahari, memiliki curah hujan yang tinggi, dan temperatur rata-rata tinggi.

Tugas mandiri
Untuk mengukur pemahamanmu, jawablah pertanyaan berikut ini pada buku latihanmu!
1. Faktor apakah yang mempengaruhi ciri utama vegetasi alam di Indonesia?
2. Iklim apakah yang dialami Indonesia?
3. Bagaimana posisi wilayah Indonesia terhadap benua Asia dan Australia?
4. Menurutmu termasuk kelompok apa vegetasi alam yang ada di lingkungan tempat tinggalmu?
5. Apa yang dimaksud dengan Vegetasi peralihan?

Buatlah sedikit ringkasan terhadap materi kali ini di buku catatanmu!

Penutup: Demikian penjelasan materi IPS kelas 6 mengenai Ragam vegetasi di Indonesia yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, selamat belajar....
Baca juga

Tags :