Materi PKN Kelas 6 Sikap Tanggung Jawab Terhadap Penerapan Nilai Persatuan Dan Kesatuan

Materi PKN Kelas 6 Sikap Tanggung Jawab Terhadap Penerapan Nilai Persatuan Dan Kesatuan  - Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai sikap tanggung jawab sebagai lanjutan penjelasan materi mengenai Materi PKN Kelas 6 Persatuan Dalam Perbedaan  yang sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya.

Materi PKN Kelas 6 Sikap Tanggung Jawab Terhadap Penerapan Nilai Persatuan Dan Kesatuan
Materi PKN Kelas 6 Sikap Tanggung Jawab Terhadap Penerapan Nilai Persatuan Dan Kesatuan

Kompetensi Dasar
Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbagngsa dan bernegara.

Tujuan pembelajaran
Siwa mampu sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbagngsa dan bernegara baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Materi PKN Kelas 6 Sikap Tanggung Jawab Terhadap Penerapan Nilai Persatuan Dan Kesatuan 


Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah. Arti lebih luasnya yaitu berkumpulnya macam-macam corak dari berbagai kalangan,ras,budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi.

Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh.  Maka dari itu persatuan dan kesatuan sangat erat hubungannya.

Kerukunan merupakan cikal bakal terwujudnya persatuan dan kesatuan. Selain menghormati dan menghargai sesama, kerukunan juga bisa diwujudkan dengan sikap bertanggung jawab atas apa yang kita perbuat.

Tanggung Jawab adalah kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja atau pun tidak di sengaja. Dengan tanggung jawab artinya kita siap menerima resiko atas apa yang kita lakukan/ perbuat.

Apakah kalian sudah melakukan segala sesuatu dengan penuh tanggung jawab? Mari simak Video pembelajaran berikut ini yang merupakan sebuah pendidikan budi pekerti yang berhubungan dengan pembelajaran kita kali ini.
Tugas
Setelah kalian menonton video diatas, apa yang bisa kalian ambil hikmahnya yang berhubugan dengan pelajaran kita kali ini? Tuliskan sedikit pendapat kalian di dalam sebuah kertas atau bisa juga berikan pendapat di kolom komentar!

Selanjutnya perhatikan gambar berikut ini:

Oh ya, gambar diatas bisa kalian lihat lebih jelas pada buku Tematik 6B Hal 15.
Setelah mengamati gambar tersebut silahkan kalian lengkapi tabel berikut ini!


Gambar Nomor
Kondisi yang teramati
Faktor penyebab
1.a


1.b


2.a


2.b


3.a


3.b




Tulis jawaban di  kertas yang bisa dikirim ke WA guru pengajar!

Penutup: Demikin pembahasan Materi PKN Kelas 6 Sikap Tanggung Jawab Terhadap Penerapan Nilai Persatuan Dan Kesatuan kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

Baca juga

Tags :