Soal IPS Kelas 3 Tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan

Soal IPS Kelas 3 Tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan - Setelah sebelumnya kita membahas materi IPS kelas 3  tentang Lingkungan rumah dan Sekolah sebagai salah satu bentuk contoh dari bagian lingkungan buatan, kali ini kita akan membahas soal latihan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan.
Soal IPS Kelas 3 Tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan
Soal IPS Kelas 3 Tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan


Pengetrian Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan

Sebelumnya kita telah membicarakan seperti apa dan bagaimana itu lingkungan. Namun untuk pengertian secara teori, kita belum membicarakannya. Lingkungan juga memiliki pengertian secara teori.

Pengertian Lingkungan

Secara teoritis, yang dimaksud dengan lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam (seperti tanah, air, sinar matahari, mineral), serta flora dan juga fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi juga ciptaan manusia.

Pengertian Lingkungan Alam

Lingkungan alam merupakan lingkungan yang terjadi dengan sendirinya dan tanpa adanya campur tangan dari manusia. dengan kata lain lingkungan alam merupakan lingkungan yang sudah ada dari saat seseorang belum dilahirkan.

Lingkungan alam merupakan lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan. Ada banyak sekali contoh lingkungan alam yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari- hari. contoh dari lingkungan alam antara lain seperti bukit, rawa, laut atau pantai

Pengertian Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan merupakan lingkungan yang terbentuk karena adanya tindakan oleh manusia. Sehingga tanpa adanya tindakan dari manusia, maka lingkungan buatan tidak akan ada untuk digunakan manusia atau masyarakat banyak.

Ada berbagai macam contoh lingkungan buatan yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari- hari pula. Beberapa contoh dari lingkungan buatan antara lain taman bunga, kebun buah, waduk, bendungan, dan lain sebagainya

Nah untuk menguji kemampuan kalian terhadap materi Lingkungan alam dan lingkungan buatan silahkan kalian kerjakan soal berikut ini!

Soal IPS Kelas 3 Tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan

1.    Lingkungan yang sudah ada di alam disebut…………………..

2.    Gunung,sungai dan hutan adala contoh lingkungan………………..

3.    Contoh lingkungan alam disekolah adalah…………….

4.    Meja,kursi,papan adalah contoh lingkungan…………………………disekolah

5.    Manfaat sawah bagi manusia adalah sebagai sumber……………..

6.    Cara menjaga lingkungan rumah adalah…………….

7.    Menebang pohon sembarangan bisa menyebabkan ………………

8.    Contoh lingkungan buatan dirumah adalah……………..

9.    Merawat tanaman,membuang sampah ditong sampah adalah cara kita melestarikan……………………….

10.    Lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh…………….

Penutup: Demikian  Soal IPS Kelas 3 Tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan yang bisa saya bagikan, selamat belajar..
Baca juga

Tags :