IPS Kelas 5 Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi

IPS Kelas 5 Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi - Letak geografis Indonesia adalah terletak di antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) serta di antara dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik).
IPS Kelas 5 Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi
IPS Kelas 5 Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi

Letak geografis Indonesia tersebut mengakibatkan Indonesia sebagai negara maritim yang berada pada posisi yang sangat strategis. Berbagai keuntungan yang diperoleh dari letak geografis Indonesia adalah kaya akan sumber daya perikanan, barang tambang, strategis untuk pelayaran serta perdagangan.

Negara Maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya berupa wilayah perairan atau lautan. Sehingga hal tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakatnya.

Sebagai negara maritim dan kepulauan yang berada di antara Benua Australia dan Asia membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena dengan posisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia.

Mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di seluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke Indonesia. Pedagang-pedagang dari berbagai negara tersebut tentunya memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Para pedagang yang mampir dan ada sebagian yang menetap di Indonesia turut membawa adat budaya dari negara asalnya. Lambat laun adat budaya yang dibawa tersebut akan berbaur, bercampur, bahkan melebur dengan adat budaya asli Indonesia.

Pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim terhadap kehidupan Sosial dan Ekonomi masyarakatnya.


Kehidupan sosial : kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara maritim menyebabkan Indonesia memiliki keberagaman budaya. Kebudayaan yang beragam tersebut disebabkan karena banyaknya pendatang dari berbagai wilayah.

Artinya masyarakatnya lebih terbuka dan ramah terhadap masyarakat pendatang karena banyak dari mereka yang datang dan singgah di pelabuhan-pelabuhan atau bahkan migrasi dan menetap setelah tiba.

Kehidupan ekonomi : kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara maritim memberikan kontribusi yang besar pada kehidupan ekonomi bangsa. Bentuk negara yang memiliki luas wilayah lautan yang besar mengakibatkan banyak penduduk Indonesia yang bermata pencaharian sebagai nelayan, jadi masyarakatnya mengandalkan perikanan dan pariwisata kelautan sebagai pendapatannya.

berbagai dampak yang timbul sebagai akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.

Dampak PositifDampak Negatif
  1. Memiliki keberagaman potensi alam dan hasilnya, memiliki keberagaman dan kekayaan budaya, memiliki keberagaman sumber daya manusia.
  2. Bidang transportasi: berpotensi meningkatnya insfrastruktur di berbagai daerah karena banyaknya wisatawan yang berkunjung.
  3. Bidang ekonomi: menjadi jalur perdagangan internasional, juga berpotensi menambah devisa negara melalui pengembangan destinasi pariwisata
  1. Tidak meratanya potensi alam dan sumberdaya manusia, tidak meratanya pembangunan dan pemerataan hasilhasilnya, rentan terhadap terjadinya konflik kedaerahan.
  2. Sering terjadi bencana alam. Indonesia berada pada jalur patahan lempeng kerak dunia, pergerakannya dari lempeng tersebut dapat berakibat pada terjadinya bencana gempa bumi. Selain itu, munculnya banyak gunung berapi juga bisa menjadi potensi bencana alam.

TUGAS: 1. Apa perbedaan antara negara maritim, negara agraris dan negara kepulauan? dan apa pengaruhnya bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakatnya?
Tuliskan jawaban kalian pada kertas silahkan dikirim lewat WA
Penutup: Sebagi bagian masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas tentunya kondisi geografis wilayah yang pas akan sangat mendukung kegiatan perekonomian masyarakatnya. Sehingga dapat dikatakan kondisi geografis akan sangat mempengaruhi mata pencaharian penduduknya.


Baca juga

Tags :