IPS Kelas 6 Tentang Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI

IPS Kelas 6 Tentang Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Materi IPS Kelas 6 Makna Proklamasi Kemerdekaan RI dimana disana kita membahas secara keseluruhan dan sejarah singkat bagaimana bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan setelah dijajah oleh beberapa negara asing.
IPS Kelas 6 Tentang Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI
IPS Kelas 6 Tentang Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI

Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI

Peristiwa proklamasi kemerdekaan RI tidak terlepas dari terbentuknya BPUPKI dan PPKI yang merupakan langkah awal persiapan kemerdekaan Indonesia.

Kedua lembaga tersebut dibentuk oleh Jepang, berikut penjelasan singkatnya:

Pembentukan dan Tugas BPUPKI

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945 oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk melakukan upaya-upaya persiapan kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI sendiri beranggotakan 69 orang, terdiri dari 62 orang anggota aktif, yaitu tokoh-tokoh utama pergerakan nasional Indonesia dari semua daerah dan aliran. Selain itu juga ada 7 orang anggota istimewa dari perwakilan pemerintah Jepang. BPUPKI membentuk panitia kecil yang disebut dengan Panitia Sembilan

BPUPKI diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.

Tugas Utama BPUPKI

Tugas dari BPUPKI sendiri adalah untuk mempelajari, menyelidiki dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal penting yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.

BPUPKI melakukan sidang sebanyak dua kali, yang pertama adalah membahas tentang dasar negara, dan yang kedua adalah membahas tentang rancangan undang-undang dasar negara Indonesia.

 BPUPKI dibubarkan setelah selesai melakukan tugasnya

Terbentuknya PPKI

PPKI terbentuk setelah BPUPKI dibubarkan. PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dan diresmikan dua hari kemudian oleh Marsekal Hisaichi Terauchi setelah komandan tentara Jepang di Asia Tenggara itu bertemu dengan sejumlah tokoh nasional di Saigon, Vietnam, yaitu Soekarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat.

Badan yang menggantikan BPUPKI ini memiliki 21 anggota utama dan 6 anggota tambahan tanpa sepengetahuan Jepang.

Tugas PPKI

Tugas-tugas yang diemban PPKI adalah sebagai berikut:
  • mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia
  • mengesahkan undang-undang dasar negara
  • memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden Indonesia, yaitu Soekarno dan Moh.Hatta
  • membentuk komite nasional yang membantu tugas presiden sebelum MPR dan DPR terbentuk

NOTE: Jangan lupa kalian buatkan sedikit ringkasan di buku catatan tentang materi ini, jangan lupa kalian simpan link pembelajaran ini untuk memudahkan kalian mempelajari materi ini dikemudian hari!
TUGAS: Silahkan kalian jawab buku tematik 6B Hal 61 Mapel IPS No 13 - 16 >> Jawaban kalian bisa dikirimkan ke WA guru pengajar
Penutup: Itulah ulasan singkat mengenai Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI yang mana didalamnya tidak terlepas dari peran BPUPKI dan PPKI.
Baca juga

Tags :