PKN Kelas 6 Kerja Sama Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan

PKN Kelas 6 Kerja Sama Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan - Kembali lagi pada pertemuan kita kali ini masuk pada pembelajaran PKN, dimana pada pembahasan kali ini kita akan menyelesaikan sebuah pembelajaran yang masih berhubungan dengan persatuan dan kesatuan.
PKN Kelas 6 Kerja Sama Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan
PKN Kelas 6 Kerja Sama Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan

Adapun Indikator pembelajaran kali ini adalah:
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Kerja Sama Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan

Salah satu wujud persatuan dan kesatuan adalah Kerja Sama. Kerja sama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antar individu, bekerja bersama sampai terwujud tujuan yang dinamis.

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki wilayah kepulauan dengan kondisi penduduk yang memiliki keragaman, tentunya kerja sama ini sangat penting dilakukan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tidak terjadi perpecahan.

Manfaat Kerja Sama

Tentunya kita akan bertanya, apa saja manfaat kerja sama di berbagai bidang kehidupan? Secara garis besar manfaat kerja sama adalah sebagai berikut:
  • Membuat pekerjaan terasa lebih ringan
  • Membuat pekerjaan cepat selesai
  • Membuat tujuan tercapai dgn efektif
  • Dapat Memupuk tanggung jawab sosial
  • Meningkatkan rasa setia kawan
Dan yang paling penting, dengan kerja sama bisa menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan yang tentunya akan bisa memperkokoh keutuhan NKRI. serta masih banyak lagi manfaat dari adanya kerja sama ini.

Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan diupayakan, agar bangsa kita semkin kuat.

Note: Silahkan kalian tulis materi diatas secara ringkas pada buku catatan!
Tugas: Kerjakan latihan pada buku tematik 6B halaman 103, Kalian wajib kerjakan sesuai dengan apa yang kalian alami atau pahami! Next jawaban akan kita bahas lewat Zoom pada pertemuan berikutnya!

Penutup: Demikian pembelajaran kita kali ini tentang Kerja Sama Sebagai Wujud Persatuan Dan Kesatuan semoga bermanfaat. Pastikan kalian melakukan pembelajaran hari ini sesuai dengan isntruksi yang tersirat diatas!
Baca juga

Tags :