Materi PKN Kelas 6: Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab

Materi PKN Kelas 6: Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab - Selamat datang kembali di web Online Education Mr.Surya, kali ini kita akan membahas sebuah materi baru pada pembelajaran PKN yang ada pada buku tematik kelas 6 Tema 3.

Materi PKN Kelas 6: Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab
Materi PKN Kelas 6: Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab

Adapun Kompetensi Dasar pada materi kali ini adalah:

1.2 Menghargai makna Kewajiban, hak, dan Tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama

Pengertian Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab

Pengertian Hak
Hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir.

Pengertian kewajiban
Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan atau sesuatu yang harus dilakukan setiap orang atau setiap warga Negara sesuai dengan peraturannya. suatu kewajiban jika tidak dilakukan atau dipenuhi bisa saja mendapat sanksi atau hukuman.

Pengertian tanggung jawab
Tanggung  jawab menurut kamus  bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul, menanggung  segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

 

Hubungan Antara Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab

Setelah menyimak pengertian hak, kewajiban dan tanggung jawab diatas, maka selanjutnya perlu kiranya kita ketahui hubungan antara hak, kewajiban dan tanggung jawab.

Pada dasarnya antara hak, kewajiban dan tanggung jawab merupakan tiga hal yang tidak terpisahkan. Kenapa demikian?

Untuk mendapatkan Hak tentu kita harus melakukan kewajiban terlebih dahulu, karena apabila kewajiban belum terlaksana tentu kita tidak bisa menuntut hak, nah untuk menjalankan kewajiban dengan baik maka diperlukan sikap tanggung jawab.

Karena apabila kita melakukan kewajiban tanpa adanya sikap tanggung jawab maka kewajiban kita tidak terlaksana dengan baik, dan tentu saja kita tidak bisa mendapatkan hak yang maksimal pula.

Jadi disini sangat jelas antara hak, kewajiban dan Tanggung jawab memiliki hubungan yang sangat erat dan penting dlaksanakan semaksimal mungkin sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal pula.

NOTE: Buatlah sedikit ringkasan pada buku catatan kalian !

TUGAS: Silahkan kalian lengkapi tabel berikut ini, isikan dengan contoh hak, kewajiban dan tanggung jawab anak dalam kehidupan sehari hari. Jawaban bisa dikirim ke WA guru pengajar!

Contoh Hak Anak

Contoh Kewajiban Anak

Contoh Sikap Bertanggung jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetaplah fokus dalam mengikuti pembelajaran, walaupun materi yang terdapat didalam tema 3 ini terkesan cukup mudah dan sudah lumrah didapat di kelas sebelumnya, kalian harus mempelajarinya sesuai dengan apa yang ada di buku tema. Persiapkan diri kalian untuk menghadapi PTS!

Penutup: Demikian pembelajaran kita kali ini tentang  Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Selamat belajar.

Baca juga

Tags :