Materi IPS Kelas 4 Kegiatan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan

Materi IPS Kelas 4 Kegiatan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan - Setelah melewati Penilaian tengah semester, pada pertemuan kali ini kita akan kembali melakukan pembelajaran secara online dengan membahas Materi IPS Kelas 4 Kegiatan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan. 

Materi IPS Kelas 4 Kegiatan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan
Materi IPS Kelas 4 Kegiatan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan

Pembelajaran kali ini masuk ke dalam pembahasan materi yang terdapat di dalam buku Tematik 4 D, dengan Tema Berbagai Pekerjaan

Kompetensi Dasar:

3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

Pembahasan Materi.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Untuk memenuhi kebutuhan hidup maka manusia harus bekerja. Apakah bekerja termasuk kegiatan ekonomi? Simak ulasan berikut ini.

Kegiatan Ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Secara lebih spesifik, Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok untuk memperoleh barang dan atau jasa guna memenuhi kebutuhan hidupnya dengan saling mempertukarkan atau menukarnya dengan mata uang.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Tujuan dari kegiatan ekonomi sendiri yaitu sebagai sarana pemenuhan kebutuhan dan menghasilkan keuntungan bagi umat manusia.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi adalah kegiatan yang bertujuan menghasilkan dan/atau menambah nilai guna dari barang atau jasa. Tujuan dari kegiatan produksi adalah menghasilkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Pelaku dari kegiatan produksi disebut sebagai produsen.

Contoh dari kegiatan produksi diantaranya adalah Petani menanam padi, merawat tanamannya dengan memberi pupuk, memanen padi. Kemudian mengolah gabah menjadi beras adalah kegiatan produksi. Pengrajin meja dan kursi, mengolah kayu menjadi kusi sekolah juga merupakan produksi.dll

Kegiatan Distribusi

Kegiatan produksi adalah kegiatan untuk meyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Sementaran orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut Distributor.

Contoh kegiatan distribusi adalah 

  • Agen membeli beras dari seorang petani. Kemudian agen membawa berasa tersebut ke kota tujuan dan menjualnya ke para pedagang warung kelontong
  • Pedagang membeli buah dari petani. Lalu, buah itu dijual kepada pedagang eceran atau toko buah kecil 
  • Pengrajin anyaman bambu langsung menjual barang produksinya kepada konsumen tanpa melalui agen

Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan untuk mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi ini disebut Konsumen.

Contoh kegiatan Konsumsi adalah

  • Mengonsumsi makanan dan minuman, memakai pakaian, menggunakan kendaraan, dan lain sebagainya. 
  • Selain kegiatan makan dan minum, ada juga kegiatan memakai baju, celana, sepatu, menggunakan mobil, motor, itu juga termasuk dalam kegiatan konsumsi.

Hubungan Kegiatan Ekonomi Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan

Kegiatan ekonomi harus memperhatikan penggunaan Sumber Daya Alam (SDA) mengingat hal itu kita mempunyai sumber yang terbatas jika pengolahan yang dilakukan tidak begitu baik akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan social dan bisa menghentikan kegiatan suatu industri dalam memproduksi sesuatu dan akan berakibat buruk pula kepada pekerja yang akan kehilangan mata pencaharian mereka.

Kegiatan ekonomi yang tidak memperhatikan Lingkungan akan membuat berbagai hal mengalami dampaknya, contohnya lingkungan , alam , dan juga polusi atau limbah yang di timbulkan tidak dapat di olah.

Kegiatan ekonomi memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat dengan pekerjaan. Sebuah industri akan memerlukan sebuah bahan yang di dapat dari lingkungan yang merupakan kegiatan ekonomi , dan industri akan mengeluarkan limbah yang dapat di daur ulang secara langsung atau bertahap. Namun jika limbah yang dihasilkan berlebih akan mempengaruhi kehidupan social.

Sementara itu disisi lain pekerjaan masyarakat akan sangat dipengaruhi oleh kondisi Geografis tiap wilayah dan juga pemanfaatan SDA yang ada. Berbagai jenis pekerjaan akan bisa berlangsung dengan baik apabila didukung oleh keberadaan SDA dan kondisi geografis yang relevan. Contoh: Di dataran rendah banyak yang bermata pencaharian di sektor pertanian, di dataran tinggi banyak yang bekerja di bidang perkebunan, dan di daerah pantai banyak yang bekerja di sektor perikanan.

NOTE: Silahkan kalian pelajari materi ini dengan seksama, pahami, apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada guru pengajar secara online atau bisa langsung ditanyakan ketika pertemuan tatap muka langsung di sekolah! Materi ini juga nantinya akan dibahas ketika pertemuan offline/ tatap muka, jadi mohon benar - benar dipahami! Alangkah baiknya dibuat ringkasan di buku catatan..

TUGAS: Untuk menguji pemahaman kalian silahkan dikerjakan tugas yang ada di buku tematik 4 D halaman 10 - 11 (yang ada kolom). Tugas ini tidak perlu dikumpulkan, namun suatu saat akan dicek oleh guru pengajar masing - masing!

Penutup: Demikian penjelasn pembelajaran kali ini tentang Kegiatan Ekonomi Dan Hubungannya Dengan Berbagai Bidang Pekerjaan, semoga bisa membantu menambah pengetahuan kita semua.

Baca juga

Tags :