Rangkuman Tematik kelas 5 Tema 3 Subtema 3

IPS: Tematik kelas 5 Tema 3 Subtema 3 - Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai pelajaran IPS terutama pada Tema 3 Subtema 3 yaitu dengan rincian sebagai berikut:

Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis bentuk-bentukinteraksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusiadengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia

Rangkuman Tematik kelas 5 Tema 3 Subtema 3
Rangkuman Tematik kelas 5 Tema 3 Subtema 3


Rangkuman Materi
Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam dan Lingkungan Sosial

a) Makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk memproduksi energi dan memenuhi segala nutrisi yang diperlukan tubuh. Ibarat bensin yang sangat vital peranannya bagi kendaraan bermotor, makanan sangat berperan bagi tubuh manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi dapat memberikan asupan gizi yang baik dan sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperoleh energi.


b) Interaksi manusia dengan Lingkungan alam
• Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia.
• Lingkungan alam mencakup semua benda hidup dan benda tak hidup yang terjadi secara alamiah di bumi. Lingkungan alam terdiri atas komponen abioti dan biotic.
• Komponen abiotik adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan bukan makhluk hidup. 

Lingkungan biotikadalah segala benda hidup yang ada di lingkungan.
c) Contoh interaksi manusia dengan lingkungannya
a. manusia menyesuaikan waktu tanam pada dengan musim penghujan
b. manusia menyesuaikan waktu berlayar dengan keadann cuaca
c. Manusia menghindari tinggal di daerah rawan bencana alam
d. Manusia membuat hujan buatan untuk ketersediaan air bagi tanaman
e. manusia membuat rumah tahan gempa
f. Manusia menanam padi di daerah yang suhu panas
g. Manusia membudidayakan wortel di daerah pegunungan/sejuk


d) Proses yang terjadi pada budidaya padi adalah :
1) Penggemburan tanah
2) Penyiapan bibit padi
3) Penanaman bibit padi
4) Menyiangi padi yang telah tumbuh
5) Pemberian pupuk
6) Menjada ketersediaan air
7) Memanen padi setelah siap panen
8) Menggiling padi menjadi beras


e) Yang terlibat dalam proses budidaya padi :
1) Petani atau penggarap sawah
2) Pembeli
3) Pemanen
4) Penggiling padi
5) Penjual pupuk
6) Penjual bibit


f) Dalam proses budidaya padi, petani berinteraksi dengan lingkungannya, Selain itu petani juga berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.


g) Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, antar individu dengan kelompok, dan antar kelompok dengan kelompok.
• Interaksi sosial amat dibutuhkan untuk kehidupan bersama sebab individu tidak dapat hidup tanpa individu lainnya.
• Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami.
• Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam.


h) Interaksi Manusia dengan lingkungan Sosial
Manusia perlu berhubungan atau berkomunikasi dengan yang lainnya. Hal ini dinamakan proses sosial. Proses sosial adalah suatu interaksi atau hubungan saling memengaruhi antar manusia. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan antar individu, antar kelompok, atau antara individu dan kelompok.


i) Interaksi antarindividu
- Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang materi pembelajaran.
- Seorang anak menolong temannya yang jatuh.
- Seorang anak menyapa teman saat bertemu di jalan.


j) Interaksi antara individu dengan kelompok
- Orang berpidato di depan khalayak pada suatu acara.
- Presiden dengan rakyatnya.
- Ketua kelompok dengan anggotanya saat berdiskusi.


k) Interaksi antarkelompok
- Pertandingan basket antarsekolah.
- Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain saat pembelajaran di kelas


l) Oleh karena itu, interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2) yaitu.

  1. interaksi yang mengarah ke persatuan, 
  2. interaksi yang mengarah ke perpecahan.

m) Interaksi sosial mengarah pada persatuan

  1. Siswa-siswi bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah. 
  2. Siswa-siswi mengadakan musyawarah untuk pelaksanaan pemilihan ketua kelas.

n) Interaksi sosial mengarah pada perpecahan

  1. Saling mengejek teman. 
  2. Tawuran antarpelajar.

o) Sayuran termasuk daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, maupun dibuat menjadi jus.


p) Proses yang terjadi pada budidaya wortel : 

  1. Memberikan pupuk selama masa tanam 
  2. Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik 
  3. Pengepul akan membeli wortel yang siap dipanen 
  4. Wortel disalurkan ke beberapa daerah (pasar)

q) Orang-orang yang terlibat dalam budidaya wortel :

  1. Petani wortel 
  2. Pengepul wortel 
  3. Pemasok pupuk

r) Dalam dunia usaha pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor yang membeli sayur-mayur atau buah buahan dari petani. Ada pula penjual sayur yang secara langsung membeli sayuran dari petani dan menjualnya secara berkeliling.


Upaya-upaya Pembangunan Sosial Budaya


a) Aktifitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan social budaya

  1. melestarikan dan dan mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat,generasi muda 
  2. Mendinrikan sanggar untuk melestarikan kesenian daerah sekitar 
  3. Mendirikan bimbingan belajar untuk membantu pendidikan lingkungan disekitar 
  4. Mendirikan pembuatan kue untuk menampung tenaga kerja di lingkungan sekitar


b) Kegiatan di pasar akan selalu melibatkan :

  • Pembeli 
  • Penjual 
  • Pemasok

c) Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk mengembangkan dirinya.


d) Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual dapat terpenuhi. Dalam melakukan aktivitas kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, tak jarang kita akan berhadapan dengan keanekaragaman yang tinggi. Contohnya di pasar.


e) Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.

  • Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah. 
  • Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya. 
  • Turut serta dalam organisasi masyarakat.


f) Manfaat keragaman dalam pembangunan social budaya di Indonesia 

  1. Sebagai identitas bangsa 
  2. Membentuk masyarakat yang toleran 
  3. Objek wisata di setiap daerah 
  4. Masyarakat kaya akan pengetahuan 
  5. Daya tarik wisatawan 
  6. Menambah pendapatan Negara 
  7. Pemersatu bangsa 
  8. Memperkaya kebudayaan nasional


g) Berikut adalah sebuah organisasi budaya yang mewadahi bakat seni kaum remaja di masyarakat lingkungan sekitar.


h) Sanggar tari merupakan contoh sebuah pembangunan sosial budaya. Berlandaskan pada keberagaman yang terdapat di dalam keanggotaan organisasi, Sanggar tari ini pun menjalani kiprahnya sebagai sebuah wadah bagi para pemuda dan pemudi Kalimantan Selatan untuk secara positif mengembangkan bakat dan kemampuan diri.


i) Manfaat keragaman sosial budaya bagi masyarakat, misalnya untuk menarik para wisatawan asing dan dalam negeri berkunjung


j) Upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.
• Bahasa Indonesia merupakan contoh upaya manusia dalam sebuah pembangunan sosial budaya.
• Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya.
• Semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

Penutup: Itulah Rangkuman Tematik kelas 5 Tema 3 Subtema 3 yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Baca juga

Tags :