Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1

Soal Ulangan Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1 - Setelah proses pembelajaran selama semester 1 selesai, dimana nantinya guru akan memberikan soal evaluasi untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran terkait dengan penguasaan materi yang sudah diberikan selama semester 1 ini maka selanjutnya diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Cakupan Penilaian Akhir Semester (PAS) meliputi seluruh Indikator yang mempresentasikan semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.

Oleh karena Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu jenis penilaian yang sangat berpengaruh terhadap nilai rapot, maka siswa dituntut untuk lebih serius dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester tersebut, disamping juga ditunjang oleh penilaian - penilaian lainnya seperti Penilaian Tengah Semester (PTS), Ulangan Harian dan juga latihan soal.

Artikel kali ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 6 SD untuk semester ganjil secara detail yang ada pada tema 1 lengkap

Dengan adanya soal UAS/PAS Tema 1 per mata pelajaran ini, semoga belajar tematik menjadi lebih mudah. Dengan demikian maka diharapkan peserta didik nantinya memiliki perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal UAS/ PAS per mata pelajaran ini juga dapat digunakan oleh Bapak/ Ibu guru sebagai referensi untuk membuat soal-soal tematik guna persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester 1

Pada tematik 1 kelas 6 ini bertema Selamatkan Makhluk Hidup, dan sebagian besar soal diambil dari referensi buku pelajaran dan materi yang sudah dibahas sebelumnya.

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1
Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1

Petunjuk Umum :

1.      Tulislah identitas dan nama muatan/mata pelajaran pada lembar jawaban yang telah disediakan!

2.      Tuliskan semua jawaban di lembar jawaban!

3.      Bacalah setiap butir soal dengan baik sebelum dijawab!

4.      Kerjakan lebih dahulu soal yang dianggap mudah!

5.      Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas!

6.      Periksa kembali pekerjaanmu sebelum lembar soal dan lembar jawaban diserahkan kepada pengawas!

 

------- SELAMAT BEKERJA -------

 

1.     Mupel PPKn KD. 3.1

  1. Ayu seorang siswi kelas 6 di SD Sekar Jempiring. Setiap hari sebelum ke sekolah Ayu selalu sembahyang di Pura Merajan yang dimilikinya. Bahkan setiap mengawali aktivitasnya Ia selalu berdoa. Ayu tergolong anak yang cerdas di sekolahnya. Ia selalu memperoleh prestasi yang baik.

Berdasarkan cerita tersebut, Ayu telah menerapkan nilai Pancasila khususnya sila ….

    1. kesatu
    2. kedua
    3. ketiga
    4. kelima
 2. Berikut ini merupakan bentuk pengamalan nilai-nilai sila kedua Pancasila adalah ….
    1. merawat Tanaman Obat Keluarga (Toga) di pekarangan rumah
    2. membantu korban dampak erupsi Gunung Agung
    3. menjaga kerapian dan kebersihan taman kota
    4. menjaga kerukunan antar pemeluk agama

 

 

  1. Perhatikan gambar berikut ini!



 



Sila Pancasila yang menunjukkan penerapan nilai-nilai Pancasila sesuai gambar tersebut adalah ….

    1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
4. Putu Raditya seorang anak Pengusaha di Kota Denpasar. Ayahnya sebagai Kontraktor dan ibunya pemilik rumah makan mewah di Kabupaten Badung. Pada masa pandemi Corona Virus Diesease 2019 (Covid-19), Ia sudah menyumbang masker 1.000 kotak masker. Tidaknya hanya itu, Ia juga menyumbang 1 ton beras kepada warga yang terdampak Covid-19.  Perilaku yang dilakukan Putu Raditya merupakan wujud pengamalan nilai Pancasila sila ….
    1. keempat
    2. ketiga
    3. kedua
    4. pertama
5. Perhatikan gambar berikut ini!







 

Bunyi sila Pancasila sesuai lambang tersebut adalah ….

    1. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    2. Persatuan Indonesia
    3. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
    4. Ketuhanan Yang Maha Esa
6. Nilai Persatuan dan Kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat dapat diwujudkan melalui ….
    1. gemar melakukan kegiatan sosial karena akan mencalonkan diri menjadi kepala desa
    2. bergotong royong membersihkan lingkungan setiap hari minggu
    3. mensyukuri anugerah Tuhan berupa kekayaan alam Indonesia
    4. menghargai pendapat orang lain saat melakukan musyawarah

 

  1. Ni Putu Suari seorang siswi kelas 6 di SD Mutiara. Pada pemilihan pengurus kelas, Ia terpilih menjadi ketua kelas secara aklamasi.  Ia adalah seorang anak yang cerdas dan mudah bergaul. Setiap usul dan saran dari teman-temannya, Ia selalu mempertimbangkannya dengan matang. Setiap melakukan kegiatan kelas, Putu Suari selalu melakukan musyawarah dengan teman-temannya. Perilaku yang dilakukan Ni Putu Suari merupakan wujud pengamalan nilai Pancasila sila ke- ….
    1. 4
    2. 3
    3. 2
    4. 1
  2. Contoh perilaku siswa yang mencerminkan pengamalan nilai sila keempat Pancasila adalah ….
    1. bekerja sama saat ujian sekolah supaya bisa lulus semua
    2. memotong pembicaraan guru saat menjelaskan materi
    3. diskusi kelompok mengerjakan tugas laporan pengamatan
    4. merasa bangga karena diterima di sekolah unggulan.
  3. Untuk menangani masalah penyebaran Corona Virus Disease 2019, pemerintah melakukan musyawarah dengan jajarannya untuk mengambil keputusan. Manfaat dilakukan musyawarah adalah ….
    1. supaya dapat mengeluarkan biaya untuk kepentingan rapat
    2. keputusan yang diambil untuk kepentingan pemerintah
    3. untuk melaksanakan kewajiban sebagai pemerintah
    4. masalah dapat segera terselesaikan
  4. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1.      menghormati hak-hak orang lain

2.      mengakui kebebasan beragama

3.      menghargai hasil karya orang lain

4.      menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

5.      menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal

Pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai sila kelima Pancasila adalah ….

    1. 1, 3, dan 4
    2. 1, 2, dan 3
    3. 1, 3, dan 5
    4. 2, 3, dan 5

 

2.     Mupel Bahasa Indonesia KD. 3.1

  1. Teks yang memuat tentang informasi yang berdasarkan fakta-fakta hasil pengamatan yang sudah dilakukan disebut ….
    1. teks laporan hasil pengamatan
    2. teks laporan ilmiah
    3. teks faktual
    4. cerita fiksi

 

  1. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1.      informasi khusus

2.      informasi umum

3.      kumpulan fakta-fakta

4.      synopsis

5.      simpulan

Yang termasuk struktur isi laporan hasil pengamatan sesuai pernyataan tersebut ditunjukkan oleh nomor ….

    1. 1, 2, dan 5
    2. 2, 3, dan 4
    3. 3, 4, dan 5
    4. 2, 3, dan 5
13. Salah satu langkah yang dilakukan untuk menemukan informasi penting pada sebuah teks adalah ….
    1. membuat sinopsis suatu bacaan
    2. membaca teks dengan suara nyaring
    3. mengembangkan ide pokok setiap paragraph
    4. menemukan kalimat utama/ide pokok dalam setiap paragraf
14. Inti dari suatu paragraf dan menjadi pusat pembahasan dalam sebuah teks atau paragraf dinamakan ….
    1. ide pokok
    2. ringkasan
    3. ikhtisar
    4. ide penjelas

            Perhatikan paragraf berikut ini, untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!

Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.

Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.

 

  1. Ide pokok yang terdapat dalam paragraf pertama adalah ….
    1. tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari
    2. manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari
    3. tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian
    4. manusia dan hewan memerlukan makanan dari tumbuhan

 

 

 

  1. Informasi penting yang terdapat dalam paragraf kedua adalah ….
    1. vitamin diperlukan untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari kegemukan
    2. manusia membutuhkan jenis makanan tanpa mengandung vitamin
    3. manusia membutuhkan makanan yang mengandung vitamin
    4. ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat
  2. Untuk menemukan informasi penting dalam sebuah paragraf atau teks dapat dilakukan dengan cara ….
    1. membaca judul teks
    2. membaca bagian akhir teks
    3. membaca dengan suara nyaring
    4. membaca secara keseluruhan teks
  3. Cara menyajikan suatu informasi dalam bentuk kata kunci dan diagram disebut ….
    1. peta pikiran
    2. ringkasan
    3. laporan pengamatan
    4. laporan penelitian
  4. Suatu kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir yang meliputi keseluruhan isi paragraf dinamakan ….
    1. sinopsis
    2. ringkasan
    3. simpulan
    4. kata kunci
  5. Bacalah paragraf berikut!

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

            Simpulan dari paragraf tersebut adalah …

    1. Jumlah Harimau Sumatra berkisar 400 ekor,karena perburuan liar.
    2. Harimau Sumatera hampir punah karena hidup di hutan hujan pegunungan.
    3. Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, karena hidupnya di dataran rendah.
    4. Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan.

 

3.     Mupel IPA KD.  3.1

  1. Pada perkembangbiakan generatif, bagian bunga yang berperan sebagai sel kelamin jantan adalah ….
    1. benang sari
    2. kepala putik
    3. mahkota bunga
    4. kelopak bunga

 

  1. Penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga yang berasal dari tumbuhan yang berbeda varietasnya disebut penyerbukan ….
    1. sendiri
    2. bastar
    3. silang
    4. tetangga
  2. Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah ….
    1. perkembangbiakan pada tumbuhan tanpa diawali proses penyerbukan
    2. perkembangbiakan pada tumbuhan yang diawali dengan jatuhnya serbuk sari di kepala putik
    3. perkembangbiakan pada tumbuhan yang diawali dengan jatuhnya kepala putik pada bakal biji
    4. perkembangbiakan pada tumbuhan yang diawali dengan jatuhnya kepala putik pada tangkai sari
  3. Perhatikan tabel berikut ini!

No

Nama Tumbuhan

No

Cara perkembangbiakan

1

Wortel

A

Umbi lapis

2.

Kunyit

B

Akar tinggal

3.

Bawang putih

C

Umbi akar

4.       

Tumbuhan Suji

B

Umbi batang

5

Kentang

E

Tunas

Berdasarkan tabel di atas hubungan antara nama tumbuhan dengan cara perkembangbiakan yang benar adalah ….

    1. 1-B, 2-C, 3-A
    2. 2-B, 3-C, 4-E
    3. 3-A, 4-E, 5-C
    4. 1-C, 3-A, 5-D
25. Perhatikan gambar berikut ini!



Cara perkembangbiakan tanaman seperti pada gambar tersebut adalah ….

    1. mencangkok
    2. stek batang
    3. merunduk
    4. okulasi
26. Perkembangbiakan tanaman dengan akar tinggal (rizoma) adalah ….
    1. rumput teki
    2. lengkuas
    3. ubi jalar
    4. lumut

 

  1. Kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ….
    1. Ikan Hiu, Platypus, Salamander, ikan Guppy
    2. Buaya, kelelawar, salamander, platypus
    3. Ikan mujair, burung, cicak, kelelawar
    4. Kuda, orang utan, kelelawar, buaya
  2. Perhatikan ciri-ciri hewan berikut ini!

1) memiliki kelenjar susu, 2) memiliki daun telinga, 3) tubuh ditutupi oleh rambut, 4) individu baru berkembang dalam tubuh induknya sebelum dilahirkan.

Hewan yang memiliki ciri-ciri tersebut berkembangbiak dengan cara ….

    1. ovivar
    2. vivipar
    3. ovovivipar
    4. vivivipar
29. Pelestarian hewan dan tumbuhan yang dilakukan dihabitat aslinya dinamakan pelestarian secara ….
    1. swakelola
    2. mandiri
    3. in situ
    4. ex situ
30. Salah satu upaya untuk melestarikan tumbuhan dilakukan dengan mengembangbiakkan tumbuhan langka dengan kultur jaringan. Cara pengembangbiakkan dengan kultur jaringan artinya ….
    1. memperbanyak tumbuhan pada habitat aslinya
    2. memperbanyak jenis tumbuhan dengan menanam bibit baru
    3. memperbanyak jenis tumbuhan dengan mengimpor dari daerah lain melalui sistem jaringan
    4. memperbanyak tumbuhan secara vegetatif dengan memperbanyak jaringan tumbuhan menjadi tumbuhan baru

 

5.     Mupel IPS KD.  3.1

  1. ASEAN merupakan organisasi negara-negara di Asia Tenggara yang didirikan berdasarkan Deklarasi Bangkok pada tanggal ….
    1. 6 Agustus 1967
    2. 7 Agustus 1967
    3. 8 Agustus 1967
    4. 9 Agustus 1867

 

 

 

 

 

 

 

  1. Perhatikan gambar berikut ini!


 

 

 

 

 

Nama tokoh dan asal perwakilan negara pendiri ASEAN sesuai gambar tersebut adalah ….

    1. Tun Abdul Razak dari Malaysia
    2. Thanat Khoman dari Thailand
    3. Narsico Ramos dari Filipina
    4. Adam Malik dari Indonesia
33. Makna warna biru pada lambang ASEAN adalah ….
    1. keberanian dan semangat perjuangan
    2. kemakmuran dan kesejahteraan
    3. perdamaian dan keamanan
    4. kehormatan dan kesucian
34. Salah satu negara di bawah ini yang menjadi Pemrakarsa berdirinya ASEAN adalah ….
    1. Kamboja
    2. Singapura
    3. Vietnam
    4. Brunei Darussalam
35. Akibat dari kawasan Asia Tenggara sebagai pertemuan jalur pegunungan muda sirkum Mediterania dan sirkum Fasifik adalah ….
    1. sering dilanda banjir
    2. menjadi pusat perdagangan
    3. pertanian berkembang pesat
    4. gempa vulkanik dan gempa tektonik
36. Negara Singapura merupakan negara kecil dan sempit. Tetapi Negara Singapura satu-satunya negara maju di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan karena letaknya sangat strategis. Sektor utama kegiatan ekonomi negara Singapura adalah ….
    1. industri, jasa dan perdagangan
    2. pertanian, nelayan dan perdgangan
    3. nelayan, perdagangan dan industri
    4. pertambangan, pertanian dan perdagangan

 

 

 

 

 

  1. Perhatikan tabel berikut ini!

No

Nama Negara

Nama kepala Negara

Bentuk pemerintahan

I

Malaysia

Presiden

Federasi

II

Laos

Presiden

Republik

III

Thailand

Raja

Monarki Konstitusional

IV

Brunei Darussalam

Sultan

Republik

V

Kamboja

Raja

Demokratik parlementer

Hubungan yang tepat antara nama negara, nama kepala negara dan bentuk pemerintahannya sesuai table tersebut adalah…

    1. I, II, dan III
    2. I, III dan V
    3. II, III dan V
    4. II, IV dan V
38. Setiap negara memiliki lambang negara, dasar negara, bendera dan lagu kebangsaan sebagi identitas bangsanya. Lagu kebangsaan Negara Filipina adalah ….
    1. Lupang Hinirang
    2. Phleng Chat Thai
    3. Kaba Ma Kyei
    4. Pheng Xat Lao
39. Kondisi geografis yang beragam juga mempengaruhi karagaman flora di Asia Tenggara. Salah satunya adalah setiap negara memiliki jenis bunga yang bisa dibanggakan dan bahkan dijadikan sebagai bunga nasional. Di Indonesia jenis bunga yang dijuluki sebagai Puspa Pesona adalah ….
    1. Bunga Teratai
    2. Bunga Melati Putih
    3. Bunga Anggrek Bulan
    4. Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi)
40. Berikut ini yang termasuk kelompok fauna endemik Indonesia adalah ….
    1. Kucing batu, Komodo, blekok sawah, bulus
    2. Komodo, burung cendrawasih, jalak bali, bekantan
    3. Komodo, burung belibis, macan kumbang, merak hijau
    4. Badak bercula satu, tarsius, macan kumbang, merak hijau

 

6.     Mupel SBdP KD. 3.1

  1. Pengertian seni patung yang benar berikut ini adalah ….
    1. karya seni rupa tiga dimensi serta dapat dilihat dari segala arah
    2. karya seni rupa dua dimensi serta dapat dilihat dari segala arah
    3. karya seni rupa tiga dimensi dan hanya dapat dilihat dari arah depan
    4. karya seni rupa tiga dimensi dan hanya dapat dilihat dari arah belakang

 

 

  1. Perhatikan gambar berikut ini!


 

 

 

 

 

Berdasarkan bentuknya patung seperti gambar tersebut termasuk jenis patung ….

    1. religi
    2. figuratif
    3. monumen
    4. nonfiguratif
43. Patung yang berfungsi untuk menghias bangunaan, taman atau tempat tertentu adalah jenis patung ....
    1. religi
    2. dekorasi
    3. arsitektur
    4. monumen
44. Agar patung lebih mudah dibuat dan dibentuk sesuai dengan keinginan kita dan dapat dibuat dengan teknik mencetak dan membutsir, maka bahan yang digunakan adalah ….
    1. tanah liat
    2. batu padas
    3. marmer
    4. kayu
45. Dalam merancang pembuatan patung ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Setelah membuat gambar sketsa, tahap selanjutnya yang dilakukan adalah ....
    1. menentukan ide
    2. memilih bahan baku
    3. menentukan teknik pembuatan
    4. memamerkan patung yang sudah dibuat
46. Pak Wirasanjaya seorang pengerajin seni patung. Ia sering menerima pesanan untuk membuat patung di sekolah. Bulan yang lalu Pak Wirasanjaya membuat patung Saraswati di SD Intan Mutiara. Sebelum membuat patung, Ia membuat kerangka terlebih dahulu. Setelah itu baru menempelkan bahan-bahan berupa campuran semen dan pasir pada kerangka tersebut.

Berdasarkan ilustrasi tersebut maka teknik yang digunakan oleh pak Wirasanjaya adalah ….

    1. memahat
    2. konstruksi
    3. membutsir
    4. mencetak

 

 

  1. Perhatikan gambar berikut ini!


 

 

 

Teknik yang digunakan dalam pembuatan patung sesuai gambar tersebut ….

    1. membutsir
    2. mencetak
    3. kontruksi
    4. memahat
48. Berikut ini merupakan alat-alat yang digunakan dalam membuat patung dari bahan keras adalah ….
    1. palu dan pahat
    2. butsir dan meja putar
    3. cetakan dan meja putar
    4. piasu sudip dan cetakan
49. Agar patung lebih menarik dan menyerupai objek aslinya maka perlu diberikan pewarnaan. Teknik pewarnaan dengan sapuan yang tipis, sehingga hasil warna hampir transparan di sebut Teknik ….
    1. dusel
    2. plakat
    3. aquarel
    4. pointilis
50. Pertunjukan hasil karya berupa barang produksi perorangan atau kelompok dengan tujuan memperkenalkan karya tersebut kepada orang lain disebut ….
    1. pementasan
    2. pertunjukan
    3. pameran
    4. promosi
 WARNING: Soal ini dibuat oleh Online Education Mr Surya dengan pihak terkait, dilarang keras membagikan ulang tanpa seizin Admin!

Penutup: Itulah  50 Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1 yang bisa saya bagikan, selamat belajar semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya.

Baca juga

Tags :