Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1
Soal Ulangan Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1 - Setelah proses pembelajaran selama semester 1 selesai, dimana nantinya guru akan memberikan soal evaluasi untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran terkait dengan penguasaan materi yang sudah diberikan selama semester 1 ini maka selanjutnya diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS).
Cakupan Penilaian Akhir Semester (PAS) meliputi seluruh Indikator yang mempresentasikan semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.
Oleh karena Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu jenis penilaian yang sangat berpengaruh terhadap nilai rapot, maka siswa dituntut untuk lebih serius dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester tersebut, disamping juga ditunjang oleh penilaian - penilaian lainnya seperti Penilaian Tengah Semester (PTS), Ulangan Harian dan juga latihan soal.
Artikel kali ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 6 SD untuk semester ganjil secara detail yang ada pada tema 1 lengkap
Dengan adanya soal UAS/PAS Tema 1 per mata pelajaran ini, semoga belajar tematik menjadi lebih mudah. Dengan demikian maka diharapkan peserta didik nantinya memiliki perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal UAS/ PAS per mata pelajaran ini juga dapat digunakan oleh Bapak/ Ibu guru sebagai referensi untuk membuat soal-soal tematik guna persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester 1
Pada tematik 1 kelas 6 ini bertema Selamatkan Makhluk Hidup, dan sebagian besar soal diambil dari referensi buku pelajaran dan materi yang sudah dibahas sebelumnya.
Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1 |
Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1
Petunjuk Umum :
1. Tulislah identitas dan nama muatan/mata pelajaran pada lembar jawaban yang telah disediakan!
2. Tuliskan semua jawaban di lembar jawaban!
3. Bacalah setiap butir soal dengan baik sebelum dijawab!
4. Kerjakan lebih dahulu soal yang dianggap mudah!
5. Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas!
6. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum lembar soal dan lembar jawaban diserahkan kepada pengawas!
------- SELAMAT BEKERJA -------
1. Mupel PPKn KD. 3.1
- Ayu seorang siswi kelas 6 di SD Sekar Jempiring. Setiap hari sebelum ke sekolah Ayu selalu sembahyang di Pura Merajan yang dimilikinya. Bahkan setiap mengawali aktivitasnya Ia selalu berdoa. Ayu tergolong anak yang cerdas di sekolahnya. Ia selalu memperoleh prestasi yang baik.
Berdasarkan cerita tersebut, Ayu telah menerapkan nilai Pancasila khususnya sila ….
- kesatu
- kedua
- ketiga
- kelima
- merawat Tanaman Obat Keluarga (Toga) di pekarangan rumah
- membantu korban dampak erupsi Gunung Agung
- menjaga kerapian dan kebersihan taman kota
- menjaga kerukunan antar pemeluk agama
- Perhatikan
gambar berikut ini!
Sila Pancasila yang menunjukkan penerapan nilai-nilai Pancasila sesuai gambar tersebut adalah ….
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
- Persatuan Indonesia
- Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat
Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
- keempat
- ketiga
- kedua
- pertama
Bunyi sila Pancasila sesuai lambang tersebut adalah ….
- Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
- Persatuan Indonesia
- Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
- Ketuhanan Yang Maha Esa
- gemar melakukan kegiatan sosial karena akan mencalonkan diri menjadi kepala desa
- bergotong royong membersihkan lingkungan setiap hari minggu
- mensyukuri anugerah Tuhan berupa kekayaan alam Indonesia
- menghargai pendapat orang lain saat melakukan musyawarah
- Ni Putu Suari seorang siswi kelas 6 di SD Mutiara. Pada pemilihan pengurus kelas, Ia terpilih menjadi ketua kelas secara aklamasi. Ia adalah seorang anak yang cerdas dan mudah bergaul. Setiap usul dan saran dari teman-temannya, Ia selalu mempertimbangkannya dengan matang. Setiap melakukan kegiatan kelas, Putu Suari selalu melakukan musyawarah dengan teman-temannya. Perilaku yang dilakukan Ni Putu Suari merupakan wujud pengamalan nilai Pancasila sila ke- ….
- 4
- 3
- 2
- 1
- Contoh perilaku siswa yang mencerminkan pengamalan nilai sila keempat Pancasila adalah ….
- bekerja sama saat ujian sekolah supaya bisa lulus semua
- memotong pembicaraan guru saat menjelaskan materi
- diskusi kelompok mengerjakan tugas laporan pengamatan
- merasa bangga karena diterima di sekolah unggulan.
- Untuk menangani masalah penyebaran Corona Virus Disease 2019, pemerintah melakukan musyawarah dengan jajarannya untuk mengambil keputusan. Manfaat dilakukan musyawarah adalah ….
- supaya dapat mengeluarkan biaya untuk kepentingan rapat
- keputusan yang diambil untuk kepentingan pemerintah
- untuk melaksanakan kewajiban sebagai pemerintah
- masalah dapat segera terselesaikan
- Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. menghormati hak-hak orang lain
2. mengakui kebebasan beragama
3. menghargai hasil karya orang lain
4. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
5. menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal
Pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai sila kelima Pancasila adalah ….
- 1, 3, dan 4
- 1, 2, dan 3
- 1, 3, dan 5
- 2, 3, dan 5
2. Mupel Bahasa Indonesia KD. 3.1
- Teks yang memuat tentang informasi yang berdasarkan fakta-fakta hasil pengamatan yang sudah dilakukan disebut ….
- teks laporan hasil pengamatan
- teks laporan ilmiah
- teks faktual
- cerita fiksi
- Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. informasi khusus
2. informasi umum
3. kumpulan fakta-fakta
4. synopsis
5. simpulan
Yang termasuk struktur isi laporan hasil pengamatan sesuai pernyataan tersebut ditunjukkan oleh nomor ….
- 1, 2, dan 5
- 2, 3, dan 4
- 3, 4, dan 5
- 2, 3, dan 5
- membuat sinopsis suatu bacaan
- membaca teks dengan suara nyaring
- mengembangkan ide pokok setiap paragraph
- menemukan kalimat utama/ide pokok dalam setiap paragraf
- ide pokok
- ringkasan
- ikhtisar
- ide penjelas
Perhatikan paragraf berikut ini, untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian. Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi. |
- Ide pokok yang terdapat dalam paragraf pertama adalah ….
- tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari
- manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari
- tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian
- manusia dan hewan memerlukan makanan dari tumbuhan
- Informasi penting yang terdapat dalam paragraf kedua adalah ….
- vitamin diperlukan untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari kegemukan
- manusia membutuhkan jenis makanan tanpa mengandung vitamin
- manusia membutuhkan makanan yang mengandung vitamin
- ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat
- Untuk menemukan informasi penting dalam sebuah paragraf atau teks dapat dilakukan dengan cara ….
- membaca judul teks
- membaca bagian akhir teks
- membaca dengan suara nyaring
- membaca secara keseluruhan teks
- Cara menyajikan suatu informasi dalam bentuk kata kunci dan diagram disebut ….
- peta pikiran
- ringkasan
- laporan pengamatan
- laporan penelitian
- Suatu kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir yang meliputi keseluruhan isi paragraf dinamakan ….
- sinopsis
- ringkasan
- simpulan
- kata kunci
- Bacalah paragraf berikut!
Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.
Simpulan dari paragraf tersebut adalah …
- Jumlah Harimau Sumatra berkisar 400 ekor,karena perburuan liar.
- Harimau Sumatera hampir punah karena hidup di hutan hujan pegunungan.
- Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, karena hidupnya di dataran rendah.
- Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan.
3. Mupel IPA KD. 3.1
- Pada perkembangbiakan generatif, bagian bunga yang berperan sebagai sel kelamin jantan adalah ….
- benang sari
- kepala putik
- mahkota bunga
- kelopak bunga
- Penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga yang berasal dari tumbuhan yang berbeda varietasnya disebut penyerbukan ….
- sendiri
- bastar
- silang
- tetangga
- Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah ….
- perkembangbiakan pada tumbuhan tanpa diawali proses penyerbukan
- perkembangbiakan pada tumbuhan yang diawali dengan jatuhnya serbuk sari di kepala putik
- perkembangbiakan pada tumbuhan yang diawali dengan jatuhnya kepala putik pada bakal biji
- perkembangbiakan pada tumbuhan yang diawali dengan jatuhnya kepala putik pada tangkai sari
- Perhatikan tabel berikut ini!
No |
Nama Tumbuhan |
No |
Cara perkembangbiakan |
1 |
Wortel |
A |
Umbi lapis |
2. |
Kunyit |
B |
Akar tinggal |
3. |
Bawang putih |
C |
Umbi akar |
4. |
Tumbuhan Suji |
B |
Umbi batang |
5 |
Kentang |
E |
Tunas |
Berdasarkan tabel di atas hubungan antara nama tumbuhan dengan cara perkembangbiakan yang benar adalah ….
- 1-B, 2-C, 3-A
- 2-B, 3-C, 4-E
- 3-A, 4-E, 5-C
- 1-C, 3-A, 5-D
Cara perkembangbiakan tanaman seperti pada gambar tersebut adalah ….
- mencangkok
- stek batang
- merunduk
- okulasi
- rumput teki
- lengkuas
- ubi jalar
- lumut
- Kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah ….
- Ikan Hiu, Platypus, Salamander, ikan Guppy
- Buaya, kelelawar, salamander, platypus
- Ikan mujair, burung, cicak, kelelawar
- Kuda, orang utan, kelelawar, buaya
- Perhatikan ciri-ciri hewan berikut ini!
1) memiliki kelenjar susu, 2) memiliki daun telinga, 3) tubuh ditutupi oleh rambut, 4) individu baru berkembang dalam tubuh induknya sebelum dilahirkan.
Hewan yang memiliki ciri-ciri tersebut berkembangbiak dengan cara ….
- ovivar
- vivipar
- ovovivipar
- vivivipar
- swakelola
- mandiri
- in situ
- ex situ
- memperbanyak tumbuhan pada habitat aslinya
- memperbanyak jenis tumbuhan dengan menanam bibit baru
- memperbanyak jenis tumbuhan dengan mengimpor dari daerah lain melalui sistem jaringan
- memperbanyak tumbuhan secara vegetatif dengan memperbanyak jaringan tumbuhan menjadi tumbuhan baru
5. Mupel IPS KD. 3.1
- ASEAN merupakan organisasi negara-negara di Asia Tenggara yang didirikan berdasarkan Deklarasi Bangkok pada tanggal ….
- 6 Agustus 1967
- 7 Agustus 1967
- 8 Agustus 1967
- 9 Agustus 1867
- Perhatikan
gambar berikut ini!
Nama tokoh dan asal perwakilan negara pendiri ASEAN sesuai gambar tersebut adalah ….
- Tun Abdul Razak dari Malaysia
- Thanat Khoman dari Thailand
- Narsico Ramos dari Filipina
- Adam Malik dari Indonesia
- keberanian dan semangat perjuangan
- kemakmuran dan kesejahteraan
- perdamaian dan keamanan
- kehormatan dan kesucian
- Kamboja
- Singapura
- Vietnam
- Brunei Darussalam
- sering dilanda banjir
- menjadi pusat perdagangan
- pertanian berkembang pesat
- gempa vulkanik dan gempa tektonik
- industri, jasa dan perdagangan
- pertanian, nelayan dan perdgangan
- nelayan, perdagangan dan industri
- pertambangan, pertanian dan perdagangan
- Perhatikan tabel berikut ini!
No |
Nama Negara |
Nama kepala Negara |
Bentuk pemerintahan |
I |
Malaysia |
Presiden |
Federasi |
II |
Laos |
Presiden |
Republik |
III |
Thailand |
Raja |
Monarki Konstitusional |
IV |
Brunei Darussalam |
Sultan |
Republik |
V |
Kamboja |
Raja |
Demokratik parlementer |
Hubungan yang tepat antara nama negara, nama kepala negara dan bentuk pemerintahannya sesuai table tersebut adalah…
- I, II, dan III
- I, III dan V
- II, III dan V
- II, IV dan V
- Lupang Hinirang
- Phleng Chat Thai
- Kaba Ma Kyei
- Pheng Xat Lao
- Bunga Teratai
- Bunga Melati Putih
- Bunga Anggrek Bulan
- Bunga Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi)
- Kucing batu, Komodo, blekok sawah, bulus
- Komodo, burung cendrawasih, jalak bali, bekantan
- Komodo, burung belibis, macan kumbang, merak hijau
- Badak bercula satu, tarsius, macan kumbang, merak hijau
6. Mupel SBdP KD. 3.1
- Pengertian seni patung yang benar berikut ini adalah ….
- karya seni rupa tiga dimensi serta dapat dilihat dari segala arah
- karya seni rupa dua dimensi serta dapat dilihat dari segala arah
- karya seni rupa tiga dimensi dan hanya dapat dilihat dari arah depan
- karya seni rupa tiga dimensi dan hanya dapat dilihat dari arah belakang
- Perhatikan gambar berikut ini!
Berdasarkan bentuknya patung seperti gambar tersebut termasuk jenis patung ….
- religi
- figuratif
- monumen
- nonfiguratif
- religi
- dekorasi
- arsitektur
- monumen
- tanah liat
- batu padas
- marmer
- kayu
- menentukan ide
- memilih bahan baku
- menentukan teknik pembuatan
- memamerkan patung yang sudah dibuat
Berdasarkan ilustrasi tersebut maka teknik yang digunakan oleh pak Wirasanjaya adalah ….
- memahat
- konstruksi
- membutsir
- mencetak
- Perhatikan
gambar berikut ini!
Teknik yang digunakan dalam pembuatan patung sesuai gambar tersebut ….
- membutsir
- mencetak
- kontruksi
- memahat
- palu dan pahat
- butsir dan meja putar
- cetakan dan meja putar
- piasu sudip dan cetakan
- dusel
- plakat
- aquarel
- pointilis
- pementasan
- pertunjukan
- pameran
- promosi
WARNING: Soal ini dibuat oleh Online Education Mr Surya dengan pihak terkait, dilarang keras membagikan ulang tanpa seizin Admin!
Penutup: Itulah 50 Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 1 yang bisa saya bagikan, selamat belajar semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya.
Tags : Kelas 6 Soal Tematik Tema 4