Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 2

Soal Ulangan Kelas 6 Tema 2 - Setelah proses pembelajaran selama semester 1 selesai, dimana nantinya guru akan memberikan soal evaluasi untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran terkait dengan penguasaan materi yang sudah diberikan selama semester 1 ini maka selanjutnya diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Cakupan Penilaian Akhir Semester (PAS) meliputi seluruh Indikator yang mempresentasikan semua Kompetensi Dasar pada semester tersebut.

Oleh karena Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu jenis penilaian yang sangat berpengaruh terhadap nilai rapot, maka siswa dituntut untuk lebih serius dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester tersebut, disamping juga ditunjang oleh penilaian - penilaian lainnya seperti Penilaian Tengah Semester (PTS), Ulangan Harian dan juga latihan soal.

Artikel kali ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 6 SD untuk semester ganjil secara detail yang ada pada tema 1 lengkap

Dengan adanya soal UAS/PAS Tema 1 per mata pelajaran ini, semoga belajar tematik menjadi lebih mudah. Dengan demikian maka diharapkan peserta didik nantinya memiliki perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal UAS/ PAS per mata pelajaran ini juga dapat digunakan oleh Bapak/ Ibu guru sebagai referensi untuk membuat soal-soal tematik guna persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester 1

Pada tematik 1 kelas 6 ini bertema Persatuan dalam Perbedaan, dan sebagian besar soal diambil dari referensi buku pelajaran dan materi yang sudah dibahas sebelumnya.

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 2
Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 2

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 2

Petunjuk Umum :

1.      Tulislah identitas dan nama muatan/mata pelajaran pada lembar jawaban yang telah disediakan!

2.      Tuliskan semua jawaban di lembar jawaban!

3.      Bacalah setiap butir soal dengan baik sebelum dijawab!

4.      Kerjakan lebih dahulu soal yang dianggap mudah!

5.      Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas!

6.      Periksa kembali pekerjaanmu sebelum lembar soal dan lembar jawaban diserahkan kepada pengawas!

 

------- SELAMAT BEKERJA -------

 

1.      Mupel PPKn KD. 3.4

  1. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi pembangunan Indonesia adalah ....

A.    memperkaya keragaman budaya Indonesia

B.     meningkatkan bantuan dana dari negara lain

C.     mempercepat pembangunan di segala bidang

D.    memperkuat bangsa untuk menguasai bangsa lain

  1. Menggunakan kata-kata yang baik dan sopan dapat mencegah timbulnya ....

A.  persatuan

B.kerukunan

C.ketenangan

D.perselisihan   

  1. Masyarakat saling menghormati dan menghargai perbedaan satu sama lain. Berarti masyarakat menerapkan sikap ....
    1. egois
    2. peduli
    3. toleransi
    4. menang sendiri

 

  4. Sikap yang paling penting untuk membina kerukunan antar warga adalah ….

A.    disiplin

B.     toleransi

C.     rela berkorban

D.    tanggung jawab

5.      5. Salah satu sikap dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....

A.    bergotong royong menjaga keamanan lingkungan

B.     berteman dengan teman dari daerah yang sama

C.     berdemonstrasi menuntut hak pribadi

D.    menggunakan produk dalam negeri

6.      6. Contoh kegiatan yang mencerminkan nilai persatuan di masyarakat adalah ….

A.    bersama-sama megerjakan PR

B.     bersama-sama mengerjakan ujian

C.     kerjasama membangun pos kamling

D.    saling membantu membersihkan kelas

7.      7. Contoh sikap yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa adalah ….

A.    melakukan pebersihan di pekarangan masing-masing

B.     tolong-menolong terhadap sesama

C.     main game bersama teman-teman

D.    saling telpon dengan tema

8.      8. Dampak dari sikap menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah ....

A.    mendapat rasa aman di masyarakat

B.     pekerjaan rumah cepat selesai

C.     banyak memiliki musuh

D.    kekacauan lingkungan

 99. Udin sering memperhatikan keadaan tetangganya. Saat tetangganya butuh bantuan, ia segera membantu. Sikap yang ditunjukkan Udin adalah ….

A.    peduli

B.     toleransi   

C.     sombong

D.    menyenangkan

  1. Salah satu manfaat nilai persatuan dan kesatuan bagi bangsa adalah ….

A.    mendapat juara pertama saat ujian nasional

B.     kita bisa merdeka dari belenggu penjajahan

C.     kita mampu menjadi pengusaha yang sukses

D.    agama kita terus kuat sebagai agama mayoritas

 

 

 

2.      Mupel Bahasa Indonesia KD. 3.4

Bacalah puisi berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
Catur

Aku cinta olahraga permainan ini
Aku kagum
Aku suka

Catur ....
Dengan catur ku berpikir
Dengan catur ku mengasah otak dan logika

11.  Parafrase yang tepat dari puisi tersebut adalah ...

A.    Aku cinta catur dan aku ingin bermain catur agar aku berpikir dan mengasah otak serta pikiranku.

B.     Catur adalah permainan kesukaanku. Setiap orang pasti kagum dan suka dengan permainan ini. Permainan ini bisa mengasah otak dan logika kita.

C.     Aku cinta catur. Aku kagum dengan permainan ini. Aku juga suka permainan ini. Dengan bermain catur, aku adi berpikir. Selain itu, otak dan pikiranku terlatih.

D.    Dengan catur kita bisa pandai karena catur adalah permainan yang mampu mengasah otak dan logika pemainnya. Catur banyak disukai, dikagumi, dan dicintai oleh orang-orang.

11 12.  Makna kata mengasah otak pada puisi tersebut adalah ....

A.    menajamkan pikiran

B.     menajamkan otak

C.     menjadi pintar

D.    melatih otak


Bacalah isi puisi berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!

Karangan Bunga

Tiga anak kecil

Dalam langkah malu-malu

Datang ke Salemba

Sore itu

“Ini dari kami bertiga

Pita hitam dalam karangan bunga

Sebab kami ikut berduka

Bagi kakak yang ditembak mati siang tadi.”

 

 

 

13.  Maksud puisi tersebut adalah ….

A.    menceritakan peristiwa sore itu

B.     menceritakan tiga anak kecil datang

C.     menggambarkan peristiwa kedukaan

D.    menggambarkan anak kecil yang malu-malu

14.  Makna lambang kata “pita hitam” dalam puisi tersebut adalah tanda ….

A.    bermohon

B.     bersedih

C.     berduka

D.    berdoa

15.  Bacalah puisi berikut ini!

Setiap hari selalu dikunjungi
Kau menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari
Baik bahan pangan, maupun sandang
Semua untuk roda perekonomian
Puisi tersebut menceritakan keadaan ....

A.    bank

B.     pasar

C.     stasiun

D.    terminal

 

Bacalah puisi di bawah ini untuk menjawab soal nomor 16 s.d. 18!
Pelitaku

Guruku
Ilmu yang engkau berikan
Laksana pelita yang tak pernah padam
Menerangi jalan gulita
Agar kaki tak salah melangkah

16  16. Yang dimaksud pelitaku dalam puisi tersebut adalah ....

A.    ilmu

B.     guru

C.     jalan

D.    penerang

17   17. Isi puisi tersebut adalah ....

A.    ilmu itu bagai pelita kehidupan

B.     kita harus berhati-hati dalam melangkah

C.     jasa guru yang sangat besar bagi kehidupan

D.    agar tidak salah melangkah orang harus berilmu

18 18. Bentuk prosa yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ...

A.    Guruku memberikan ilmu yang bermanfaat agar aku tidak salah melangkah.

B.     Guru memberikan ilmu tidak pernah mengeluh agar generasi penerus tidak salah melangkah. 

C.     Ilmu yang guru berikan bagaikan pelita yang memberi penerangan di gelap gulita agar kita tidak salah mengambil keputusan.

D.    Guru memberikan ilmu seperti pelita yang tidak pernah padam dan menerangi jalan yang gelap agar kaki tidak salah melangkah.

19.  Nano menanam apotek hidup di belakang rumah.
Makna apotek hidup sesuai kalimat tersebut adalah ....

A.    tanaman kunyit

B.     tanaman apotek

C.     tanaman obat

D.    tanaman hias

20.  Bacalah puisi berikut ini!
Pembagian Rapor 
hatiku dag-dig-dug
rapor akan dibagikan
masih bintang kelaskah aku? 

20. Parafrase yang tepat untuk penggalan puisi tersebut adalah ...

A.    Aku tidak sabar menanti pembagian rapor.

B.     Hatiku berdebar-debar menanti pembagian rapor.

C.     Rapor akan segera dibagikan. Bagaimana raporku nanti?

D.    Hatiku berdebar-debar. Rapor akan segera dibagikan. Aku ingin tahu apakah aku masih jadi bintang kelas.

 

3.      Mupel IPA KD. 3.3

2   21. Ciri-ciri tumbuhan kaktus yang sesuai adalah ….

A.    akarnya panjang

B.     batangnya berkulit tipis

C.     permukaan daunnya lebar

D.    hidup di daerah yang lembab

2   22. Cara bertahan hidup pada tanaman eceng gondok yang benar adalah ….

A.    hidup di lingkungan kering

B.     menumpang pada pohon lain

C.     mengapung di permukaan air

D.    akarnya menjangkau dasar air 

 

2323. Pohon ketapang menyesuaikan diri dengan cara meranggas saat musim kemarau. Tumbuhan yang beradaptasi dengan cara yang sama adalah ….

A.    mangga

B.     jambu

C.     sawo

D.    jati

2  24. Cara belalang sembah menyesuaikan diri dengan tempat yang sesuai dengan kondisi tubuhnya disebut ….

A.    kamuflase

B.     autotomi

C.     mimikri

D.    fisiologi

2525. Bentuk paruh burung berbeda-beda sesuai jenis makanannya. Pernyataan tersebut merupakan bentuk adaptasi ….

A.    tingkah laku

B.     morfologi       

C.     autotomi

D.    fisiologi

2626. Cara adaptasi unta agar dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama tanpa meminum air di gurun adalah ....

A.    memiliki katup penutup lubang hidung

B.     memiliki bulu mata panjang dan tebal                       

C.     memiliki bantalan yang tebal di kaki

D.    terdapat punuk atau cadangan lemak

27.  Ekolokasi adalah kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang dengan menggunakan ....

A.mata

B.bunyi

C.hidung

D.cahaya

28.  Unta memiliki bulu mata yang panjang berguna untuk ....

A.    melindungi hidung dari pasir

B.     melindungi mata dari musuh

C.     melindungi mata dari pasir

D.    mengurangi penguapan

 

 

 

 

29.  Bulu bebek tidak akan basah meskipun berada di air karena ....

A.    bulu tipis

B.     berlapis air

C.     berbulu tebal

D.berlapis minyak

30.  Ciri khusus yang dimiliki hewan sangat berhubungan dengan ....

A.    cara bergerak

B.tempat hidupnya

C. cara mencari makan

D. cara perkembangbiakan

 

4.      Mupel IPS KD. 3.4

3  31. Berikut ini yang tidak sesuai dengan makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia adalah ….

A.    lahirnya Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka

B.     membuktikan bahwa Bangsa Indonesia yang paling kuat

C.     puncak perjuangan Bangsa Indonesia meraih Kemerdekaan

D.    pengakuan terhadap dunia luar sebagai bangsa yang berdaulat

3   32. Sikap para pejuang kemerdekaan yang harus kita teladani adalah ….

A.    berdebat memilih pemimpin bangsa

B.     mengutamakan pendapat generasi tua

C.     bersatu dalam semua perbedaan

D.    mengunggulkan daerah masing-masing

33  33. Berikut kebijakan pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan adalah ….

A.    membangun pasar-pasar tradisional

B.     memberlakukan mata uang NICA sebagai alat pembayaran

C.     membangun pabrik-pabrik untuk menopang ekonomi bangsa

D.    membentuk badan perancang ekonomi oleh menteri kemakmuran

3  34. Perjuangan berikut yang bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan adalah …

A.    Perjuangan Sultan Agung.

B.     Pertempuran Ambarawa.

C.     Perjuangan Pattimura.

D.    Perang Diponegoro.

35  35. Pertempuran Medan Area tak terhindarkan karena …

A.    Tentara Republik Indonesia melakukan operasi “bumi hangus”.

B.     Sekutu dan Belanda ingin mengambil alih Kota Medan.

C.     Rakyat Medan sudah terima dengan perlakuan sekutu.

D.    Kolonel Soedirman mengepung sekutu dan Belanda.

3  36. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra, dan Madura. Pernyataan tersebut merupakan salah satu isi dari ...

A.    Konferensi Meja Bundar.

B.     Perjanjian Roem-Royen.

C.     Perjanjian Linggarjati.

D.    Perjanjian Renville.

37.  Peristiwa Bandung Lautan Api merupakan contoh perlawanan Indonesia menentang segala bentuk penjajahan dalam rangka ....

A.    membangun Indonesia merdeka

B.     mencapai kemerdekaan Indonesia

C.     merebut kemerdekaan republik Indonesia

D.    menegakkan dan mempertahankan Indonesia

38.  Untuk mengenang Pertempuran Lima Hari di Semarang, maka di Semarang didirikan ....

A.     Monumen Tugu Muda

B.     Batalyon IV Diponegoro

C.     Ruman Sakit dr. Karyadi

D.    Pasukan Banteng Raiders

39.  Untuk mendukung program pinjaman nasional pada masa awal kemerdekaan, maka didirikan ....

A.    Bank Tabungan Pos

B.     De Javache Bank

C.     BNI 46

D.    BRI

40.  Setelah Agresi Militer Belanda I, Ibu Kota Negara Indonesia dipindah ke ....

A.    Bandung

B.     Semarang

C.     Bukittinggi

D.    Yogyakarta

 

5.      Mupel SBdP KD. 3.3

4141. Tari indang menggunakan pola lantai ….

A.    vertikal   

B.     diagonal

C.     horisontal 

D.    garis melengkung

 

 

 

 

42.  Perhatikan gambar berikut!


 

 

 


Pola lantai yang digunakan dalam gambar tarian berikut adalah ....

A.    horizontal

B.     melingkar

C.     diagonal

D.    vertikal

4343. Tari Serimpi adalah contoh tarian yang berasal dari daerah ....

A.    Jawa Barat

B.     Jawa Timur

C.     Jawa Tengah

D.    Sumatera Selatan

4  44. Pada pementasan tarian, penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai yang digunakan adalah ....

A.    melengkung

B.     horizontal                   

C.     diagonal

D.    vertikal

4545. Tari Lego-lego adalah Tarian Adat Alor yang mempunyai makna ….

A.    persatuan

B.     perjuangan

C.     perselisihan

D.    persahabatan

46.  Pola lantai tari ada bermacam-macam. Pola lantai horisontal adalah ....

A.    lurus ke depan atau ke belakang

B.     lurus ke kanan atau ke kiri

C.     membentuk lingkaran

D.    lurus menyilang

47.  Gerakan tari Indang secara keseluruhan yaitu ....

A.    lemah lembut

B.     lemah gemulai

C.     cepat dan monoton

D.    rancak dan dinamis

 

 

48.  Tarian berikut yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah ....

A.    Tari Tanduk Majeng

B.     Tari Gambyong

C.     Tari Beskalan 

D.    Tari Jaipong

49.  Salah satu tujuan pola lantai karya tari adalah ....

A.    memperindah karya tari

B.     mengetahui jumlah penari

C.     mengetahui nama-nama penari

D.    memudahkan penari berinteraksi

50.  Gerakan penari membentuk sebuah bulatan, akan membentuk pola lantai ....

A.    lingkaran

B.     garis vertikal

C.     garis diagonal

D.    garis horisontal 

 WARNING: Soal ini dibuat oleh Online Education Mr Surya dengan pihak terkait, dilarang keras membagikan ulang tanpa seizin Admin!

Download soal ini DISINI

Penutup: Demikian Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 6 Tema 2 yang bisa kami bagikan pada postingan saya kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga

Tags :