Soal Ulangan Semester 1 Kelas 5 Tema 3
Soal Ulangan Semester 1 Kelas 5 Tema 3 - Sebagai bahan evaluasi selama pembelajaran semester 1 maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal ulangan semester 1 untuk kelas 5 yang nantinya bisa digunakan sebagai referensi bahan pembelajaran maupun untuk keperluan ulangan akhir semester 1.
Artikel kali ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 5 SD untuk semester ganjil secara detail yang ada pada tema 3 lengkap
Pada tematik 3 kelas 5 ini bertemakan Makanan Sehat, dan sebagian besar soal diambil dari referensi buku pelajaran dan materi yang sudah dibahas sebelumnya.
Soal Ulangan Semester 1 Kelas 5 Tema 3 |
Baca juga:
Soal Ulangan Akhir Semester 1 Kelas 5 Tema 2
Petunjuk Umum :
1. Tulislah identitas nama, kelas, dan nomor urutmu pada lembar jawaban yang telah disediakan!
2. Tuliskan semua jawaban di lembar jawaban!
3. Bacalah setiap butir soal dengan baik sebelum dijawab!
4. Kerjakan lebih dahulu soal yang dianggap mudah!
5. Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas!
6. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum lembar soal dan lembar jawaban diserahkan kepada pengawas!
------- SELAMAT BEKERJA -------
Berilah tanda silang pada huruf A, B, C atau D untuk jawaban yang paling benar!
1. Mupel PKn KD 3.3
- Keragaman budaya Indonesia harus kita sikapi dengan … .
A. bersikap acuh tak acuh
B. santai dan pasif
C. saling menghormati
D. mempelajari budaya sendiri
- Keberagaman bangsa Indonesia dapat dibentuk oleh banyaknya jumlah suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau serta wilayah di penjuru Indonesia. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri pada aspek … .
A. ekonomi dan budaya
B. sosial dan budaya
C. sosial, politik, dan budaya
D. politik dan sosial
- Salah satu keberagaman budaya adalah rumah adat. Rumah adat di bawah ini berasal dari ….
A. Sumatera Barat
B. Jawa Barat
C. Kalimantan barat
D. Nusa Tenggara Barat
- Bagi seorang pelajar, perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa dapat dilaksanakan dengan cara sebagai berikut, kecuali ... .
A. mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya
B. mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia
C. menyerang budaya asing yang masuk ke Indonesia
D. merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri
- Berikut ini yang bukan merupakan faktor penyebab terjadinya keragaman di Indonesia adalah perbedaan … .
A. lingkungan alam yang beragam
B. keadaan geografis
C. pengaruh kebudayaan asing
D. kondisi iklim dan kondisi alam
- Kegiatan berikut yang menunjukkan kerjasama di lingkungan masyarakat adalah … .
A. membersihkan selokan seorang diri
B. menolong tetangga yang membutuhkan bantuan
C. tidak ikut kerja bakti membersihkan lingkungan
D. mengerjakan tugas sekolah di rumah
- Di bawah ini yang bukan merupakan cara melestarikan keberagaman budaya adalah … .
A. mengajarkan budaya kepada orang lain
B. kenali budaya
C. memperkenalkan budaya ke luar negeri
D. menyimpan budaya rapat-rapat agar tidak diklaim oleh negara lain
- Keanekaragaman budaya daerah dapat dilihat dalam bentuk budaya daerah yaitu … .
A. upacara adat dan tarian daerah
B. rumah adat dan lambang negara
C. lagu daerah dan bahasa nasional
D. bahasa nasional dan seni pertunjukkan
- Keberagaman sosial budaya yang ada di Indonesia bukanlah menjadi pemecah bangsa melainkan sebagai … bangsa Indonesia.
A. penjamin
B. pengingat
C. pemersatu
D. peruntuh
- Berikut sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan sikap persatuan dalam keberagaman, kecuali … .
A. tidak memandang rendah suku atau budaya lain
B. tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik
C. tidak menerima keragaman suku bangsa sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya
D. lebih mengutamakan negara daripada kepentingan daerah atau suku masing-masing
2. Mupel Bahasa Indonesia KD 3.4
- Berikut ini yang merupakan ciri-ciri pantun adalah … .
A. bersajak a-b-b-a
B. baris pertama dan ketiga adalah sampiran
C. isi pantun pada baris kedua dan keempat
D. setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata
- Pantun merupakan puisi lama yang berasal dari Indonesia. Isi pada pantun terdapat pada baris … .
A. pertama dan kedua
B. pertama dan ketiga
C. kedua dan keempat
D. ketiga dan keempat
- Perhatikan pantun berikut!
Pantun tersebut termasuk jenis pantun … .
A. nasihat
B. jenaka
C. teka-teki
D. kiasan
- Amanat pada pantun biasanya terdapat pada bagian … .
A. isi
B. sampiran
C. seluruh bagian pantun
D. baris pertama dan kedua pantun
Isi yang sesuai untuk melengkapi pantun di atas adalah … .
A. Ingatlah selalu nasihat guru
Belajar giat raih prestasi
B. Ingatlah selalu nasihat ibu
Raihlah cita-cita tuk masa depan
C. Nasihat guru kan kukenang
Belajar giat raih prestasi
D. Setinggi langit cita citamu
Belajar giat pasti tercapai
Perhatikan pantun di bawah ini untuk menjawab soal nomor 16 - 18!
- Pantun di atas termasuk jenis pantun … .
A. teka-teki
B. nasihat
C. jenaka
D. kiasan
- Pesan yang disampaikan dalam pantun di atas adalah … .
A. kalau jalan-jalan harus membei kaca
B. kalau ingin pintar harus membeli kaca
C. kalau ingin pintar harus rajin belajar
D. kalau jalan-jalan harus dengan membaca
- Berdasarkan pantun di atas baris yang merupakan sampiran adalah … .
A. Jalan-jalan ke Pasar Anyar
Jangan lupa membeli kaca
B. Jalan-jalan ke Pasar Anyar
Kalau kamu ingin pintar
C. Jangan lupa membeli kaca
Kalau kamu ingin pintar
D. Kalau kamu ingin pintar
haruslah rajin belajar
- Pergi ke toko beli kedondong
Buahnya matang dibeli dua
Jadi anak jangan berbohong
Agar disayang orang tua
Amanat dari pantun diatas adalah … .
A. jika pergi ke toko jangan lupa beli dua buah kedondong
B. jika ingin disayang orang tua harus pandai
C. agar disayang orang tua harus membeli kedondong
D. agar disayang orang tua ketika berbicara jangan berbohong
- Perhatikan penggalan pantun berikut!
Jikalau ada kasur yang basah
Jemurlah ia di tanah datar
Penggalan pantun diatas merupakan bagian dari … .
A. pembuka
B. penutup
C. sampiran
D. isi
Mupel IPA KD 3.3
- Amati
gambar bagan pencernaan hewan
ruminansia berikut.
Makanan yang sudah dikunyah akan masuk ke dalam … melalui kerongkongan.
A. rumen
B. omasum
C. abomasum
D. retikulum
- Fungsi empedal pada organ pencernaan serangga adalah … .
A. mengeluarkan sisa-sisa makanan
B. tempat penyimpanan sementara
C. penyerapan sari-sari makanan
D. melumatkan dan menghancurkan makanan
- Urutan proses pencernaan pada manusia di bawah ini secara berurutan adalah … .
A. mulut-kerongkongan-lambung-usus halus-ususbesar-anus
B. mulut-kerongkongan-lambung-usus besar-usus halus-anus
C. mulut-kerongkongan-usus halus-lambung-usus besar-anus
D. mulut-lambung-kerongkongan-usus halus-usus besar-anus
Amati gambar organ pencernaan manusia di bawah ini untuk menjawab soal pada nomor 24 dan 25!
- Setelah makanan yang telah halus didorong melewati kerongkongan masuk ke bagian yang ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
- Sisa pencernaan makanan akan dibuang melalui bagian yang ditunjukkan oleh nomor … .
A. 6
B. 5
C. 3
D. 4
- Organ pencernaan pada manusia yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh adalah fungsi dari organ … .
A. lambung
B. usus halus
C. usus besar
D. kerongkongan
- Pada saat tidur Mirsa terbangun karena merasaka perutnya mulas. Mirsa lalu buang air besar. Beberapa saat setelah selesia, Mirsa merasakan gejala yang sama hingga bolak- balik ke toilet. Menurut kalian, Mirsa mengalami gangguan pencernaan yang disebut ... .
A. maag
B. diare
C. sakit gigi
D. apendisitis
- Berikut ini faktor penyebab gangguan sistem pencernaan pada manusia adalah … .
A. stres
B. pola makan teratur
C. makan dengan mengunyah pelan-pean
D. berjalan sebentar setelah makan
- Salah satu penyakit organ pencernaan berupa peradangan di sekitar mulut berbentuk bercak putih dan terasa perih disebut … .
A. maag
B. sariawan
C. sakit gigi
D. apendisitis
- Cara pengobatan yang paling efektif terhadap penyakit diare adalah … .
A. mencuci tangan setelah buang air besar
B. mengkonsumsi makanan bervitamin C
C. minum larutan oralit
D. makan secara teratur
Mupel IPS KD 3.2
- Setiap indivudu melakukan interaksi social. Kegiatan interaksi sosial terjadi karena … .
A. memiliki uang yang cukup untuk memenuhi keinginan
B. malas berusaha memenuhi segala kebutuhannya sendiri
C. tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri
D. tidak dapat mencukupi segala kebutuhan hidupnya
- Manusia perlu berinteraksi dengan orang lain maupun kelompok lain. Oleh karena itu manusia disebut sebagai makhluk … .
A. sosial
B. mandiri
C. sempurna
D. tidak sempurna
- Kegiatan petani sayur dalam menanam sayuran sebagai tanaman berkhasiat merupakan wujud interaksi … .
A. lingkungan alam dengan adat istiadat
B. manusia dengan lingkungan alam
C. manusia dengan lingkungan sosial
D. manusia dengan makhluk hidup lain
- Interaksi sosial antara petani dan pemerintah ditunjukkan oleh … .
A. petani menjual produk pertaniannya melalui koperasi
B. petani mendapat suplai benih dari pemerintah untuk dijual kembali
C. pemerintah mengadakan impor beras
D. pemerintah mengadakan penelitian yang hasilnya diterapkan petani untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih baik
- Ibu mendampingi Desta mengerjakan tugas yang diberikan sekolah. Pernyataan di samping merupakan contoh interaksi antara … .
A. individu dengan individu
B. individu dengan kelompok
C. kelompok dengan kelompok
D. kelompok dengan lingkungan
- Pembangunan sosial budaya dirancang untuk … .
A. membuat masyarakat menjadi lebih modern
B. meningkatkan taraf hidup masyarakat
C. menghilangkan perbedaan di masyarakat
D. manyatukan warga masyarakat
- Salah satu contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungan budaya adalah ….
A. petani menjual panennya ke pasar
B. konsumen membeli sayur dari penjual
C. petani menyesuaikan waktu tanam dengan musimnya
D. belajar tari daerah di sanggar tari
- Amati
gambar berikut!
Kegiatan jual beli di pasar seperti pada gambar di atas merupakan jenis interaksi lingkungan di bidang … .
A. ekonomi
B. sosial
C. budaya
D. pembangunan
- Di bawah ini yang termasuk bentuk pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam interaksi manusia dengan alam adalah … .
A. menanam padi saat musim penghujan
B. mambajak sawah dengan traktor
C. menjual hasil panen padi di pasar dengan gerobak
D. mengemburkan tanah sawah dengan cangkul
- Bu Endang seorang petani cabai. Ia harus segera menjual cabai-cabainya setelah dipanen jika terlalu lama disimpan akan rusak dan tidak laku dijual. Pak Agus seorang penjual kebutuhan bahan pangan di pasar. Pak Agus mau membeli cabai-cabai Bu Endang. Bu Endang senang karena hasil pertaniannya yang laku terjual. Adanya kerjasama antara petani dan penjual merupakan bentuk … .
A. interaksi
B. penjualan
C. monopoli
D. keuntungan
Mupel SBDP KD. 3.2
- Perhatikan perhatikan pernyataan berikut.
(1) Lagu bersifat gembira.
(2) Bersemangat.
(3) Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada do, namun tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada sol dan diakhiri dengan nada do.
Pernyataan di atas merupakan ciri-ciri dari tangga nada … .
A. mayor
B. minor
C. pentatonis
D. slendro
- Lagu “Desaku yang Kucinta ” diciptakan oleh … .
A. Pak Kasur
B. A.T.Mahmud
C. L. Manik
D. Ibu Sud
- Lagu “Desaku yang Kucinta ” merupakan contoh lagu yang menggunakan tangga nada … .
A. minor
B. mayor
C. harmonis
D. melodi
- Berikut yang termasuk alat musik ritmis adalah … .
A. piano
B. seruling
C. sasando
D. gendang
Mupel SBDP KD. 3.2
Tarian di bawah ini yang menggunakan pola lantai di atas adalah tari… .
A. Kecak
B. Zaman
C. Seudati
D. Bedhaya Ketawang
- Tari Kecak berasal dari daerah … .
A. Aceh
B. Kalimantan
C. Bali
D. Yogyakarta
- Perhatikan gambar berikut!
Properti tari yang digunakan oleh penari dalam tarian pada gambar adalah … .
A. topeng
B. topi
C. cambuk
D. kuda tiruan
- Teknik yang digunakan dalam pembuatan motif batik menggunakan canting sebagai alat pembuatan motif … .
A. tulis
B. jumputan
C. cap
D. campuran
- Alat berikut yang digunakan untuk membuat batik adalah … .
A. pahat
B. alu
C. las
D. canting
- Perhatikan gambar berikut!
Motif khas batik pada gambar tersebut berasal dari daerah … .
A. Solo
B. Bali
C. Yogyakarta
D. Pekalongan
Tags : Kelas 5 Soal Tematik