Materi IPS Kelas 5: Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia

Materi IPS Kelas 5: Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia - Pada pertemuan kali ini Pembelajaran IPS Kelas 5 akan membahas materi tentang Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia.

Materi IPS Kelas 5: Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia
Materi IPS Kelas 5: Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu membedakan kegiatan yang termasuk budaya dan kegiatan yang bukan budaya.
  • Peserta didik mampu menceritakan kegiatan yang merupakan budaya masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya

Materi IPS Kelas 5: Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. 

Salah satu wujud budaya di Indonesia adalah adanya Kearifan lokal di setiap daerah yang tentu hal ini merupakan kekayaan bagi budaya nasional bangsa Indonesia.

Pengertian kearifan lokal menurut UU No. 32 Tahun 2009 adalah Nilai - nilai luhur yang berlaku di dalam tata kehidupan masyarakat yang bertujuan untuk melindungi sekaligus mengelola lingkungan hidup secara lestari.

Kearifan lokal adalah suatu hal yang telah melekat pada masyarakat dan menjadi ciri khas di daerah tertentu secara turun temurun dan telah diakui oleh masyarakat luas.

Dua garis besar kearifan lokal adalah sebagai berikut:

1. Kearifan lokal tradisional atau kearifan lokal lama, yaitu kearifan lokal yang telah dijalankan secara turun temurun dalam waktu yang panjang

2. Kearifan lokal kontemporer atau kearifan lokal baru, yaitu kearifan lokal yang muncul karena pengaruh perkembangan teknologi dan budaya luar di suatu daerah.

Kearifan lokal berperan penting dalam perkembangan bahasa, agama, kesenian, taraf pendidikan masyarakat, dan teknologi. 

Fungsi kearifan lokal terhadap budaya luar adalah sebagai berikut:

1. Sebagai filter dan pengendali terhadap budaya luar

2. Mengakomodasi unsur - unsur budaya luar

3. Mengintegrasikan unsur budaya luar ke dalam budaya asli

4. Memberi arah pada perkembangan budaya.

Source: Tematik 5G hal 132

 Beberapa contoh kearifan lokal adalah:

1. Awig-Awig (Lombok Barat dan Bali) merupakan aturan adat yang menjadi pedoman untuk bertindak dan bersikap terutama dalam hal berinteraksi dan mengolah sumber daya alam dan lingkungan didaerah Lombok Barat dan Bali.

2. Cingcowong (Sunda/Jawa Barat) merupakan upacara untuk meminta hujan tradisi Cingcowong ini dilakukan turun temurun oleh masyarakat Luragung guna untuk melestarikan budaya serta menunjukan bagaimana suatu permintaan kepada yang Maha Kuasa apabila tanpa adanya patuh terhadap perintahnya.

3. Bebie (Muara Enim-Sumatera Selatan) merupakan tradisi menanam dan memanen padi secara bersama-sama dengan tujuan agar pemanenan padi cepat selesai dan setelah panen selesai akan diadakan perayaan sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang sukses.

4. Papua, terdapat kepercayaan te aro neweak lako (alam adalah aku). Gunung Erstberg dan Grasberg dipercaya sebagai kepala mama, tanah dianggap sebagai bagian dari hidup manusia. Dengan demikian maka pemanfaatan sumber daya alam secara hati-hati.

5. Dayak Kenyah, Kalimantan Timur, terdapat tradisi tana‘ ulen. Kawasan hutan dikuasai dan menjadi milik masyarakat adat. Pengelolaan tanah diatur dan dilindungi oleh aturan adat.

NOTE: Silahkan kalian buat sedikit ringkasan untuk hal yang dianggap penting pada materi diatas!

Mari Diskusi

1. Lengkapi tabel dibawah ini!

Kegiatan yang termasuk Budaya

Kegiatan yang tidak termasuk Budaya

 

 

 

 

 

 

2. Hal - hal apa yang dapat dilakukan masyarakat untuk melestarikan Budaya?

3. Tuliskan satu kegiatan yang merupakan budaya masyarakat di daerah tempat tinggalmu!

NOTE: Jawaban ini kalian buat pada buku latihan (tidak perlu dikumpulkan lewat WA)dan akan dibahas pada pertemuan berikutnya melalui Zoom.

Penutup: Demikian  paparan Materi IPS Kelas 5: Kepribadian Budaya Bangsa Indonesia yang bisa saya sajikan kali ini, selamat belajar semoga bisa membantu pemahaman tentang kebudayaan maupun kearifan lokal.

Baca juga

Tags :