Kisi - Kisi Ujian Sekolah PPKN SD Tahun Pelajaran 2020/ 2021
Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD 2021 Mapel PPKN - Selamat datang kembali di web pembelajaran Online Education Mr Surya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ksisi - kisi ujian sekolah terbaru yang bisa nantinya dijadikan sebagai acuan dan bahan pembelajaran dalam menghadapi ujian sekolah yang akan datang
Kisi - Kisi Ujian Sekolah PPKN SD Tahun Pelajaran 2020/ 2021
Jenis sekolah |
: Sekolah Dasar |
Mata pelajaran |
: Pendidikan Kewarganegaraan / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Alokasi waktu |
: Tentatif |
Jumlah soal |
: 60 butir |
Bentuk soal |
: 1. Pilihan Ganda 30 butir |
|
: 2. Isian 20 butir 3. Uraian 10 butir |
Kurikulum |
:Kurikulum 2013 |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
1 |
Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Simbol sila-sila Pancasila |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan sila Pancasila |
PG |
1 |
|
|
|
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan nilai yang terkandung dalam sila Pancasila |
PG |
2 |
2 |
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
Kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban warga masyarakat |
PG |
3 |
|
|
|
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan hak sebagai warga masyarakat |
PG |
4 |
3 |
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari |
Manfaat keberagaman karakteristik individu |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan contoh keberagaman individu dengan benar |
PG |
5 |
4 |
Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan |
Bentuk keragaman suku, bangsa, sosial, dan budaya |
IV |
Disajikan tabel tarian daerah, peserta didik dapat memasangkan dengan tepat nama tarian dan asal daerah dengan benar |
PG |
6 |
5 |
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Lahirnya dan perumusan Pancasila |
V |
Perumusan pancasila dan segala kejadian dan peristiwa perumusan Pancasila |
PG |
7 |
|
|
|
V |
Peserta didik dapat menentukan tokoh-tokoh yang berperan dalam perumusan Dasar Negara |
PG |
8 |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
|
|
|
V |
Peserta didik dapat menunjukkan perilaku percaya diri yang dijiwai keteladanan oleh para pahlawan |
PG |
9 |
6 |
Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari |
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab |
V |
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu hak yang dimiliki seorang siswa dengan benar |
PG |
10 |
|
|
|
V |
Peserta didik dapat menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang memuat hak warga negara dengan benar |
PG |
11 |
7 |
Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat |
Keberagaman sosial budaya masyarakat |
V |
Peserta didik dapat menunjukkan faktor penyebab keragaman di Indonesia dengan benar |
PG |
12 |
|
|
|
V |
Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang tepat menghadapi keragaman budaya yang ada di Indonesia dengan benar |
PG |
13 |
8 |
Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup |
Persatuan dan kesatuan |
V |
Peserta didik dapat menjelaskan alat pemersatu bangsa dengan benar |
PG |
14 |
|
|
|
V |
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu wujud toleransi dengan benar |
PG |
15 |
9 |
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
VI |
Disajikan tabel nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat menganalisis nilai yang terkandung dalam sila tertentu dengan benar |
PG |
16 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan benar. |
PG |
17 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang mencerminkan rela berkorban dengan benar. |
PG |
18 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menunjukkan nilai moral yang yang terkandung pada sila Pancasila dengan benar |
PG |
19 |
|
|
|
|
|
|
|
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan sikap menghargai yang sesuai dengan sila dalam Pancasila |
PG |
20 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan kedudukan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar |
PG |
21 |
10 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
Keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang tepat menanggapi keberagaman budaya di Indonesia dengan benar |
PG |
22 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan sikap menghormati antar umat beragama dengan benar |
PG |
23 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan factor perubahan social budaya dengan benar |
PG |
24 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif faktor pengaruh tingkat ekonomi |
PG |
25 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu unsur penting dalam membangun kebudayaan suatu daerah dengan bnear |
PG |
26 |
11 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara |
VI |
Makna persatuan dan kesatuan |
PG |
27 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan sikap persatuan dan kesatuan pada suatu lingkungan dengan benar |
PG |
28 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI |
Menunjukkan manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia sebagai perwujudan dari makna Bhinneka Tunggal Ika |
PG |
29 |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
|
|
|
VI |
Menunjukkan manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia |
PG |
30 |
12 |
Mengasosiasikan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Simbol sila-sila Pancasila |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan sila Pancasila |
Isian |
1 |
13 |
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
Kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban warga masyarakat |
Isian |
2 |
14 |
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari |
Manfaat keberagaman karakteristik individu |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan contoh keberagaman individu dengan benar |
Isian |
3 |
|
Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan |
Bentuk keragaman suku, bangsa, sosial, dan budaya |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan asal salah satu suku di Indonesia dengan benar |
Isian |
4 |
|
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Lahirnya dan perumusan Pancasila |
V |
Perumusan pancasila dan segala kejadian dan peristiwa perumusan Pancasila |
Isian |
5 |
15 |
Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari |
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab |
V |
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tanggung jawab yang dimiliki seorang siswa dengan benar |
Isian |
6 |
|
|
|
V |
Peserta didik dapat menyebutkan kewajiban seseorang terhadap lingkungan dengan benar |
Isian |
7 |
16 |
Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat |
Keberagaman sosial budaya masyarakat |
V |
mengatasi berbagai perbedaan yang ada di Indonesia dengan benar |
Isian |
8 |
NO. |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
KELAS |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO. SOAL |
|
||||||
17 |
Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup |
Persatuan dan kesatuan |
V |
Peserta didik dapat menjelaskan alat pemersatu bangsa dengan benar |
Isian |
9 |
|
|
|
|
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu wujud toleransi dengan benar |
Isian |
10 |
18 |
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga Nengara |
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan adanya aturan dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan benar |
Isian |
11 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan sikap yang menunjukkan hak dalam peraturan perundang-undangan dengan benar. |
Isian |
12 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan pelaksanaan disiplin tanggung jawab di rumah |
Isian |
13 |
19 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
Keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan sikap yang tepat menanggapi keberagaman budaya di Indonesia dengan benar |
Isian |
14 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan budaya di suatu daerah. |
Isian |
15 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan sikap menghormati antar budaya dengan benar |
Isian |
16 |
|
|
|
|
|
|
|
20 |
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya |
Persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara |
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan hari kebangkitan suatu organisasi nasional dengan benar |
Isian |
17 |
|
|
|
VI |
Menunjukkan manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia sebagai perwujudan dari makna Bhinneka Tunggal Ika |
Isian |
18 |
|
|
|
VI |
makna Bhinneka Tunggal Ika |
Isian |
19 |
|
|
|
VI |
Menunjukkan dampak persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara |
Isian |
20 |
21 |
Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
Pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan hak dasar seorang anak dengan benar |
Uraian |
1 |
22 |
Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan |
Bentuk keragaman suku, bangsa, sosial, dan budaya |
IV |
Peserta didik dapat menyebutkan asal salah satu alat musik di Indonesia dengan benar |
Uraian |
2 |
23 |
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
V |
Peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan benar |
Uraian |
3 |
24 |
Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup |
Persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup |
V |
Peserta didik dapat menjelaskan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan benar |
Uraian |
4 |
|
Menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat |
Keberagaman sosial budaya masyarakat |
V |
Peserta didik dapat menyebutkan semboyan yang dapat mengatasi berbagai perbedaan yang ada di Indonesia dengan benar |
Uraian |
5 |
25 |
Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
Keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat |
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan cara untuk menjaga kelestarian budaya daerah dengan benar |
Uraian |
6 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif faktor pengaruh tingkat ekonomi |
Uraian |
7 |
26 |
Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga Nengara |
VI |
Peserta didik dapat mendeskripsikan gambar dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan benar |
Uraian |
8 |
27 |
Menelaah dampak globalisasi |
Politik Luar Negeri Indonesia Era Globalisasi |
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan makna globalisasi |
Uraian |
9 |
|
|
|
VI |
Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari globalisasi dengan benar |
Uraian |
10 |
Apabila dirasa kurang jelas anda bisa download file lengkapnya dibawah ini
Alternatif pencarian:
- kisi-kisi ujian sekolah sd 2021
- kisi-kisi soal ujian sekolah sd 2021
- kisi-kisi ujian sekolah sd 2020-2021
- kisi-kisi ujian sekolah sd tahun 2020 2021
- kisi-kisi ujian sekolah sd tahun 2021
- download kisi-kisi ujian sekolah sd 2021
Penutup: Itulah Kisi - Kisi Ujian Sekolah PPKN SD Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa dimanfaatkan sebaik - baiknya. Selamat belajar!