Kenapa Laos, Kamboja dan Vietnam Disebut Negara Indochina? Ini Penjelasannya

Kenapa Laos, Kamboja dan Vietnam Disebut Negara Indochina? Ini Penjelasannya - Negara-negara Laos, Kamboja, dan Vietnam disebut negara Indochina karena wilayah geografis mereka terletak di Semenanjung Indochina, juga dikenal sebagai Semenanjung Asia Tenggara Daratan. 

Kenapa Laos, Kamboja dan Vietnam Disebut Negara Indochina? Ini Penjelasannya

Semenanjung Indochina adalah sebuah wilayah yang terletak di bagian tenggara Asia dan meliputi beberapa negara seperti Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

Istilah "Indochina" berasal dari kata "Indo" yang merujuk pada India dan "China" yang merujuk pada Tiongkok. Istilah ini awalnya digunakan oleh para kolonialis Eropa untuk menggambarkan wilayah tersebut sebagai wilayah yang berada di antara India dan Tiongkok.

Ketiga negara tersebut, Laos, Kamboja, dan Vietnam, memiliki sejarah yang terkait erat dengan pengaruh budaya, politik, dan sejarah Tiongkok serta pengaruh budaya India dan wilayah Asia Tenggara lainnya. Hal ini menciptakan keragaman budaya dan pengaruh yang khas di daerah ini.

Selain itu, sejarah modern ketiga negara ini juga terkait dengan pengaruh kolonialisme Prancis. Selama masa kolonial, Prancis menguasai wilayah ini dan membentuk wilayah administratif yang dikenal sebagai Indochina Prancis. Setelah kemerdekaan, ketiganya tetap berbagi sejarah yang kompleks dan saling terkait.

Kesamaan geografis, sejarah, dan pengaruh budaya inilah yang menyebabkan ketiga negara tersebut sering disebut sebagai negara-negara Indochina.

#TAGS

kenapa disebut indochina
indochina adalah negara
negara-negara yang berada di semenanjung indocina
peta indochina
bendera indochina
semenanjung indochina
mengapa vietnam laos, dan kamboja disebut sebagai negara mekong
negara yang dikenal sebagai negara kepulauan di kawasan asia tenggara adalah

Baca juga

Tags :