Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5 Tema 5

Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5 Tema 5 - Sebagai bahan evaluasi selama pembelajaran semester 1 maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan soal ulangan semester 1 untuk kelas 5 yang nantinya bisa digunakan sebagai referensi bahan pembelajaran maupun untuk keperluan ulangan akhir semester 1.

Artikel kali ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 5 SD untuk semester ganjil secara detail yang ada pada tema 5 lengkap 

Dengan adanya soal UAS/PAS Tema 5 per mata pelajaran ini, semoga belajar tematik menjadi lebih mudah. Dengan demikian maka diharapkan peserta didik nantinya memiliki perbendaharaan soal yang lebih komplit. Di samping itu, soal UAS/ PAS per mata pelajaran ini juga dapat digunakan oleh Bapak/ Ibu guru sebagai referensi untuk membuat soal-soal tematik guna persiapan menghadapi Penilaian Akhir Semester 1

Pada tematik 5 kelas 5 ini bertema Ekosistem, dan sebagian besar soal diambil dari referensi buku pelajaran dan materi yang sudah dibahas sebelumnya.

Baca juga:

 
Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5 Tema 5
Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5 Tema 5


Soal Penilaian Akhir Semester 1 Kelas 5 Tema 5

Petunjuk Umum :

1.      Tulislah identitas dan nama muatan/mata pelajaran pada lembar jawaban yang disediakan!

2.      Tuliskan semua jawaban dilembar jawaban!

3.      Bacalah setia butir soal dengan baik sebelum dijawab!

4.      Kerjakan lebih dahulu soal yang dianggap mudah!

5.      Tanyakan kepada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas!

6.      Periksa kembali pekerjaanmu sebelum lembar soal dan lembar jawaban diserahkan kepada pengawas!

 

------- SELAMAT BEKERJA -------

 

Berilah tanda silang pada huruf  A, B,  C atau D untuk jawaban yang paling benar!

 

Mupel PPKn KD  3.4

 

  1. Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan ... .
    1. satu daerah, satu bahasa, dan satu nusa
    2. satu bahasa, satu bangsa, dan satu nusa
    3. satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa
    4. satu kepulauan, satu negeri, dan satu tanah air
  2. Nilai utama yang dipetik dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah ... .
    1. keberanian dari golongan tua mengusir penjajah
    2. adanya semangat  persatuan dan kesatuan bangsa
    3. semangat pertempuran melawan Belanda
    4. bangga sebagai bangsa Indonesia
  3. Contoh sikap yang baik dalam membina persatuan di lingkungan masyarakat adalah ... .
    1. membantu tetangga yang mengalami kesulitan materi
    2. membuat kelompok diskusi pada saat proses pembelajaran
    3. menolong kakak dalam membersihkan halaman rumah
    4. bergotong royong dengan tetangga membangun jembatan
  4. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah kewajiban setiap warga negara Indonesia. Jika persatuan dan kesatuan bangsa tidak dijaga, dapat terjadi perselisihan yang pada akhirnya memecah belah.

Berikut bukan manfaat persatuan dan kesatuan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ... .

    1. persaudaraan antarwarga terjalin lebih cepat
    2. pembangunan nasional akan berjalan lancar, aman, dan cepat
    3. kesejahteraan masyarakat akan tercapai secara adil dan seimbang
    4. terjadi perselisihan yang berakar pada perbedaan suku, budaya, dan agama

5.                   

Perhatikan gambar berikut!


 


Peran tokoh pada gambar  dalam mempersiapkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah ... .

    1. mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi adalah Bung Karno
    2. melakukan perundingan dengan pemuda yang menculik Soekarno dan Hatta
    3. membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
    4. mengetik teks Proklamasi Indonesia
  1. Bendera Merah Putih dikibarkan pertama kali oleh ... .
    1. Ahmad Soebardjo, Darwis, dan Latief Hendraningrat
    2. Suhud, SK Trimurti, dan Latief Hendraningrat
    3. Soepomo, Ahmad Soebardjo dan SK Trimurti
    4. Sukarni, B.M Diah dan Suhud Sastro Kusumo
  2. Sistem gotong – royong dan saling membantu dengan cara “meminjam air” dalam pengelolaan irigasi sawah di daerah Bali disebut ... .
    1. subak
    2. pekaseh
    3. terasering
    4. sengkedan
  3. Kemerdekaan bangsa Indonesia terwujud berkat ... .
    1. persatuan dan kesatuan
    2. keprihatinan yang tinggi
    3. dendam kepada penjajah
    4. penderitaan selama dijajah
  4. Sikap berikut yang menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah    ... .
    1. menghargai kebudayaan daerah sendiri saja
    2. menjalin kerjasama dengan warga satu suku
    3. memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana
    4. memberikan bantuan kepada korban bencana di daerahnya
  5. Hakikat wawasan nusantara adalah ... .
    1. tingkah laku setiap manusia
    2. tingkah laku bangsa Indonesia
    3. cara pandang suatu daerah di Indonesia
    4. cara pandang dan sikap bangsa Indonesia

 

Mupel  Bahasa Indonesia  KD  3.5

 

  1. Alat informasi yang digunakan untuk menyampaikan permintaan, penawaran, pemberitahuan, atau gagasan dari satu pihak ke pihak lain disebut ... .
    1. surat
    2. koran
    3. telepon
    4. majalah
  2. Perhatikan ciri- ciri surat undangan berikut.

1)     Digunakan untuk keperluan tidak resmi.

2)     Terdapat nomor, lampiran, dan perihal.

3)     Menggunakan bahasa sehari- hari.

4)     Menggunakan bahasa baku.

5)     Menggunakan kepala surat.

Ciri- ciri surat undangan resmi ditunjukan oleh nomor ... .

    1. 1), 2), dan 3)
    2. 1), 2), dan 4)
    3. 2), 4), dan 5)
    4. 3), 4), dan 5)
  1. Surat undangan tidak resmi merupakan surat undangan yang ditulis oleh ... .
    1. instansi
    2. organisasi
    3. kedinasan
    4. perorangan
  2. Perhatikan surat undangan berikut.

Hari aku berulang tahun yang ke-11 .... Pesta ulang tahun akan diadakan pada hari Jumat, 18 Oktober 2019, pukul 16.00 WITA. Pesta ulang tahun diadakan di rumahku. Aku menungu kehadiran teman-teman. Teman-teman, datang, ya.

Salam Manis,
Dhita
Kalimat efektif yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ... .

    1. Aku akan mengadakan pesta ulang tahun bersama semua teman-teman sekalian.
    2. Aku ingin mengadakan pesta ulang tahun buat semua teman-teman.
    3. Aku ingin merayakan ulang tahun bersama teman- teman semua.
    4. Aku ingin merayakan ulang tahun bersama teman-teman.
  1. Bagian surat yang berisikan identitas lembaga yang menulis surat, logo lembaga, alamat, dan nomor telepon dari lembaga, termasuk ke dalam bagian surat ... .
    1. salam pembuka
    2. nomor surat
    3. kop surat
    4. isi surat
  2. Format surat undangan pribadi yang benar adalah ... .
    1. nomor surat, alamat yang dituju, isi surat
    2. tanggal pembuatan, alamat yang dituju, isi surat
    3. kop surat, tanggal pembuatan , alamat pembuatan
    4. kepala surat, tanggal surat, alamat yang dituju, isi surat
  3. Berikut yang termasuk surat undangan resmi adalah ... .
    1. undangan rapat kepala sekolah
    2. undangan resepsi perkawinan
    3. undangan ulang tahun
    4. undangan khitanan
  4. Demikianlah undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Dalam surat undangan, kalimat di atas termasuk bagian surat ... .

    1. isi
    2. penutup
    3. pembuka
    4. pengantar
  1. Penulisan tanggal yang benar pada surat dinas yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah adalah ... .
    1. 04 - 02 - 2020
    2. 04 / 02 / 2020
    3. 04 Pebruari 2020
    4. 04 Februari 2020
  2. Bacalah surat undangan berikut.

Kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu pada acara "Perpisahan dan Malam Kesenian" yang akan kami selenggarakan pada: 

Hari, Tanggal : Sabtu, 27 Juli 2019
Waktu            : pukul 19.30 sampai selesai 


Penggalan surat di atas mengemukakan ....

    1. tempat undangan dilaksanakan
    2. waktu pelaksanaan undangan
    3. orang yang mengundang
    4. tujuan undangan

 

Mupel  IPA KD 3.5

 

  1. Kelompok hewan berikut yang termasuk omnivora adalah ... .
    1. kucing, kelinci, dan burung pelikan
    2. burung jalak, tikus, dan bebek
    3. kura- kura, anjing, dan ular
    4. kelelawar, sapi, dan rusa

22.  Berikut ciri hewan pemakan tumbuhan yaitu … .

A.    sisi rahang dan ujung gigi gerahamnya bertemu untuk menyobek makanan

B.     gigi taring yang tajam untuk merobek makanan berupa daging

C.     mempunyai gigi seri yang tajam untuk memotong makanan

D.    mempunyai kuku yang tajam untuk menangkap mangsa

  1. Bison, zebra, singa, jerapah, dan serigala merupakan hewan yang biasanya hidup di ... .
    1. hutan hujan tropis
    2. padang rumput
    3. hutan gugur
    4. gurun pasir
  2. Perhatikan istilah berikut!

1)      Nyamuk dewasa

2)      Telur

3)      Nyamuk muda

4)      Pupa

5)      Jentik

Urutan daur hidup nyamuk yang benar adalah ... .

    1. 2) - 3) -  4) - 5) - 1)
    2. 2) -  4) -  3) -  5) – 1)
    3. 2) -  4) -  5) -  3) - 1)
    4. 2) -  5) - 4) - 3) - 1)

 

  1. Kupu-kupu mengalami tahap kepompong dalam daur hidupnya. Hewan berikut  yang memiliki daur hidup  seperti kupu-kupu adalah ... .
    1. semut
    2. kecoak
    3. nyamuk
    4. belalang

26.   

Perhatikan gambar daur hidup hewan berikut.


 


Pada daur hidup hewan tersebut  yang merugikan petani, ditunjukan pada nomor ... .

    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
  1. Susunan yang terdapat dalam ekosistem adalah  ... .
    1. individu, populasi, dan komunitas
    2. habitat, individu, dan lingkungan
    3. individu, lingkungan, dan populasi
    4. komunitas, habitat, dan lingkungan

28.  Perhatikan rantai makanan berikut.

Pohon kelapa → … → ular → burung elang

Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi rantai makanan tersebut adalah … .

    1. tupai
    2. ayam
    3. kelinci
    4. musang

29.               

Berdasarkan rantai makanan berikut, peran padi dan musang berturut- turut adalah ... .


 


    1. produsen dan dekomposer
    2. konsumen I dan produsen
    3. produsen dan konsumen II
    4. konsumen II dan dekomposer
  1. Berikut kegiatan manusia yang merusak keseimbangan ekosistem, yaitu ... .
    1. mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai
    2. menggunakan pestisida secara berlebihan
    3. menangkap ikan menggunakan jaring
    4. melakukan tebang pilih tanam

 

 

Mupel  IPS KD. 3.1

 

  1. Letak Indonesia antara Benua Asia dan Benua Australia serta diapit Samudra Pasifik dan Samudra Hindia merupakan letak Indonesia secara ... .
    1. demografis
    2. astronomis
    3. geografis
    4. geologis
  2. Letak astronomis Indonesia membunyai pengaruh yang besar terhadap kondisi Indonesia. Berikut ini yang bukan merupakan dampak dari letak astronimis Indonesia adalah ... .
    1. wilayah Indonesia mendapat sinar matahari sepanjang tahun
    2. Indonesia memiliki tiga daerah waktu
    3. Indonesia memiliki beraneka ragam budaya
    4. Indonesia memiliki dua musim, yaitu penghujan dan kemarau
  3. Negara Indonesia dibagian selatan berbatasan darat dengan negara ... .

A.    Papua Nugini

B.     Timor Leste

C.     Australia

D.    Malaysia

  1. Keterangan dari simbol- simbol yang digunakan pada peta untuk memudahkan memahami isi peta dinamakan ... .
    1. mata angin
    2. judul peta
    3. inset peta
    4. legenda
  2. Berikut ini yang  bukan merupakan karakteristik wilayah Indonesia adalah … .
    1. berada di antara Benua Afrika dan Benua Asia
    2. dilalui jalur pegunungan dunia
    3. terletak di garis katulistiwa
    4. beriklim tropis
  3. Berikut merupakan dampak negatif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia yaitu ... .
    1. banyak pintu masuk ilegal, sehingga rawan terjadi penyelundupan
    2. berada di persilangan kegiatan perekonomian dan lalu lintas dunia
    3. kaya sumber daya alam flora, fauna, dan bahan tambang
    4. memudahkan interaksi dengan bangsa lain
  4. Ada banyak provinsi di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa terdapat di kota … .
    1. Tebing Tinggi
    2. Pontianak
    3. Bandung
    4. Medan
  5. Bagian permukaan bumi yang memiliki ketinggian 0 sampai 200 meter di atas permukaan laut disebut ... .
    1. perbukitan
    2. pegunungan
    3. dataran tinggi
    4. dataran rendah
  6. Pelabuhan Gilimanuk merupakan kenampakan buatan yang berada di Kabupaten ... .
    1. Karangasem
    2. Klungkung
    3. Jembrana
    4. Badung
  7. Di Indonesia kenampakan buatan berupa tanjung banyak dibangun dan dijadikan ... .
    1. bandar udara
    2. pelabuhan
    3. tambak
    4. waduk

 

Mupel  SBDP  KD. 3.2

 

  1. Tangga nada diatonik merupakan tangga nada yang mempunyai dua jarak nada yaitu ... .
    1. ½ dan ½
    2. 1 dan ½
    3. 1 dan 1
    4. 1 dan 2

 

  1. Perhatikan ciri-ciri tangga nada diatonik berikut.

1)      Urutan nadanya diawali dengan nada do = C

2)      Lagu bersifat sedih, sendu, dan khidmat

3)      Lagu dinyanyikan dengan penuh semangat

4)      Memiliki interval nada 1-1- ½ -1-1-1- ½

5)       Memiliki interval nada 1- ½ -1-1-1- ½ -1-1

Ciri- ciri lagu bertangga nada diatonik minor ditunjukan oleh nomor ... .

    1. 1) dan 3)
    2. 1)  dan 4)
    3. 2) dan  5)
    4. 4) dan 5)
  1. Berikut ini yang termasuk lagu dengan tangga nada mayor adalah ... .
    1. Hari Merdeka
    2. Ibu Kita Kartini
    3. Indonesia Pusaka
    4. Mengheningkan Cipta
  2. Perhatikan tabel berikut.

Judul Lagu

Pencipta

(1).  Hari Merdeka

(2).  Bangun Pemudi Pemuda

(3).  Bagimu Negeri

(P).  Husein Mutahar

(Q). R. Kusbini

(R). A. Simanjuntak

Pasangan yang tepat antara judul lagu dengan pencitanya pada tabel tersebut  adalah … .

    1. (1)-(P), (2)-(Q), dan (3)-(R)
    2. (2)-(R), (1)-(Q), dan (3)-(P)
    3. (2)-(Q), (3)-(P), dan (1)-(R)
    4. (3)-(Q), (1)-(P), dan (2)-(R)

45.               

Perhatikan tangga nada berikut.


 


Jenis tangga nada pada gambar  adalah tangga nada minor ... .

    1. asli
    2. melodis
    3. harmonis
    4. pentatonis

 

Mupel  SBDP  KD. 3.3

 

  1. Pada dasarnya ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai diantaranya yaitu ... .
    1. angka delapan
    2. horizontal
    3. diagonal
    4. zig- zag
  2. Pola lantai garis lurus dalam tari kreasi daerah memberikan kesan  … .
    1. sederhana tetapi lincah
    2. lembut tetapi lemah
    3. sederhana tetapi kuat
    4. lincah dan kuat

48.               

Perhatikan gambar berikut.


 


Pola lantai pada gambar tari tersebut adalah ... .

    1. melengkung
    2. horizontal
    3. melingkar
    4. vertikal
 49. Tari berikut yang menggunakan pola lantai melingkar, yaitu tari ... .
    1. Remo
    2. legong
    3. Saman
    4. Baris Gede
 50. Formasi penari untuk pola lantai horizontal adalah ... .
    1. penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri
    2. membentuk garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya
    3. berbaris membentuk garis lurus ke samping
    4. penari membentuk garis lingkaran
Penutup: Itulah  Soal Ulangan Semester 1 Kelas 5 Tema 5 yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, selamat belajar, semoga bermanfaat.
Baca juga

Tags :