Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS
Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS - kisi-kisi ujian sekolah sd 2021 ini saya bagikan sesuai dengan tujuan ketuntasan pembelajaran yang sudah dilalui belakangan ini dengan metode online.
Baca juga: Kisi - Kisi Ujian Sekolah PPKN SD Tahun Pelajaran 2020/ 2021
Dengan adanya kisi-kisi soal ujian sekolah sd 2021 ini diharapkan nantinya siswa mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Sekolah berbasis online melalui kajian materi yang akan di UAS kan nantinya.
Kisi-kisi ujian sekolah sd 2020-2021 dibuat berdasarkan kriteria materi yang akan dijadikan soal ketika ujian, sehingga akan lebih mudah siswa dalam mempelajari dan mempersiapkan apa yang mereka mesti lakukan untuk UAS nantinya.
Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS |
Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Alokasi Waktu : 2 jam (120 menit)
Jumlah Soal : 30 Pilihan Ganda, 20 Isian dan 10 Uraian
Tahun Pelajaran : 2020 /2021
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
Level
Kognitif |
Bentuk
Soal |
||
Pilihan Ganda |
Isian |
Uraian |
|||||
1. |
Mengidentifikasi karakteristik
ruang dan Pemanfaatan sumber Daya
alam untuk Kesejahteraan masyarakat
dari tingkat kota/ Kabupaten sampai tingkat provinsi. |
Sumber Daya Alam |
Disajikan jenis-jenis sumberdaya alam , peserta didik dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam kedalam kelompok tertentu |
L.3 |
1 |
|
1 |
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan cara memperoleh
sumber daya alam tertentu |
L.2 |
2 |
1 |
|
|||
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menyebutkan manfaat salah satu sumberdaya alam tertentu
di Indonesia |
L.1 |
3 |
2 |
|
|||
Disajikan sebuah ilustrasi tentang persebaran sumber daya alam, peserta
didik dapat menentukan jenis sumber daya alam serta wilayah asalnya secara
tepat |
L.2 |
4 |
|
|
|||
2. |
Mengidentifikasi keragaman
sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang |
Keragaman sosial,
ekononi, budaya, etnis, dan agama di Indonesia |
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat mengidentifikasi nilai yang terkandung pada salah satu
tradisi unik wilayah setempat. |
L.1 |
5 |
3 |
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan fungsi bangunan tradisional pada daerah tertentu di
Indonesia. |
L.3 |
6 |
4 |
|
|||
3 . |
Mengidentifikasikegiatanekonomidan hubungannyadenganberbagaibidangpekerjaan,
sertakehidupansosialdanbudaya di
lingkungansekitarsampaiprovinsi |
Kegiatan Ekonomi |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan
mata pencaharian yang sesuai dengan sumber daya alam wilayah setempat dengan
benar |
L.3 |
7 |
|
|
Disajikan sebuah
ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi yang dilakukan
secara tepat |
L.1 |
8 |
5 |
|
|||
4. |
Mengidentifikasi Kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di
lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini |
Kerajaan Hindu,
Buddha dan Islam di Indonesia |
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan
kerajaan atau rajanya yang bercorak Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di Indonesia. |
L1 |
|
6 |
|
Disajikan gambar,peserta didik dapat menentukan peninggalan bersejarah pada zaman
kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau
Islam di Indonesia. |
L.1 |
9 |
|
|
|||
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menentutkan perubahan nama suatu tempat pada zaman pemerintahan
kerajaan bercorak Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di Indonesia. |
L.1 |
10 |
7 |
2 |
|||
5. |
Mengidentifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekoniomi, sosial, budaya,
komunikasi, serta transportasi |
Letak Geografis Wilayah Indonesia |
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menentukan penyebab kondisi atau keadaan budaya
Indonesia yang beragam. |
L.3 |
11 |
|
|
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat mengidentifikasi kekayaan alam sebagai pengaruh posisi tertentu
wilayah Indonesia. |
L.2 |
|
|
3 |
|||
Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat mengidentifikasi dampak dari letak wilayah Indonesia. |
L.3 |
12 |
8 |
4 |
|||
6. |
Menganalisis peran ekonomi
dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya
untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa |
Interaksi Manusia dengan Lingkungan |
Disajikan
ilustrasi, peserta didik dapat menentukan dampak (positif/ atau dampak
negatif) interaksi manusia dengan lingkungan alam secara tepat |
L.3 |
13 |
|
|
Peserta didik mampu menentukan
bentuk kegiatan yang merupakan upaya melestarikan lingkungan |
L.2 |
|
9 |
|
|||
7. |
Menganalisis
bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap
pembangunan sosial, budaya,dan ekonomi
masyarakat Indonesia |
Peran Ekonomi Untuk Kesejahteraan
Rakyat |
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan lokasi atau kegiatan ekonomi
yang dilakukan. |
L.2 |
14 |
|
|
Disajikan sebuah
pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan usaha peningkatan hasil produksi
sektor agraris secara tepat. |
L.2 |
15 |
|
|
|||
Disajikan
sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menjelaskan bentuk usaha ekonomi yang
dikelola secara berkelompok dengan benar |
L.2 |
|
10 |
5 |
|||
8 |
Mengidentifikasi
karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di
wilayah ASEAN. |
ASEAN |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
karakteristik geografis wilayah ASEAN dengan benar |
L.2 |
16 |
11 |
|
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menggali informasi tentang organisasi ASEAN dengan benar |
L.2 |
17 |
|
|
|||
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan sosial budaya di wilayah
ASEAN
dengan benar |
L.2 |
18 |
12 |
|
|||
Disajikan
sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi fakta politik
yang terdapat di wilayah ASEAN dengan benar |
L.2 |
|
13 |
|
|||
Disajikan gambar tokoh, peserta didik dapat menentukan peran tokoh pendiri ASEAN secara tepat |
L.2 |
19 |
|
6 |
|||
9
|
Menganalisis
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. |
Perubahan
social budaya dalam rangka modernisasi |
Peserta didik
dapat menganalisis dampak modernisasi bagi bangsa Indonesia dengan benar |
L.4 |
20 |
|
7 |
Peserta didik
dapat menganalisis pengaruh modernisasi bagi bangsa Indonesia dengan benar. |
L.4 |
21 |
14, 15 |
|
|||
Peserta didik
dapat menganalisis cara mewujudkan pembangunan Indonesia secara tepat |
L.4 |
22, 23 |
|
|
|||
10 |
Menganalisis
posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,
sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
Peran
Indonesia dalam lingkup ASEAN |
Disajikan
sebuah ilustrasi, peserta didik dapat Mengidentifikasi peran Indonesia dalam
lingkup ASEAN secara tepat |
L.2 |
24,25 |
|
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi contoh kerjasama Indonesia di wilayah ASEAN
dengan benar |
L.2 |
26 |
16,17 |
8 |
|||
11 |
Memahami
makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya
mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera |
Makna
proklamasi kemerdekaan serta upaya mempertahankan kemerdekaan |
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menggali informasi
mengenai peristiwa Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia dengan benar |
L.3 |
27 |
18 |
9 |
Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi peran tokoh
proklamasi kemerdekaan dengan benar |
L.2 |
28 |
|
|
|||
Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi
lembaga yang berperan pada awal kemerdekaan secara tepat |
L.2 |
29 |
|
|
|||
Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat Mengidentifikasi
perundingan dan konferensi secara tepat. |
L.2 |
30 |
19 |
|
|||
Disajikan sebuah Ilustrasi, peserta didik dapat Menjelaskan peristiwa
dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan benar. |
L.2 |
|
20 |
|
|||
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat Menjelaskan upaya meningkatkan
kesejahteraan bangsa secara tepat. |
L.2 |
|
|
10 |
Jika kisi - kisi diatas dirasa masih kurang jelas bisa kalian dapatkan pada link dibawah ini
#Artikel terkait:
- kisi-kisi ujian sekolah sd tahun 2020 2021
- kisi-kisi ujian sekolah sd tahun 2021
- kisi-kisi ujian sekolah sd 2021 kelas 6
Penutup: Demikian Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.
Tags : IPS Kelas 6 Semester 2