Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS

Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS - kisi-kisi ujian sekolah sd 2021 ini saya bagikan sesuai dengan tujuan ketuntasan pembelajaran yang sudah dilalui belakangan ini dengan metode online.

Baca juga: Kisi - Kisi Ujian Sekolah PPKN SD Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Dengan adanya kisi-kisi soal ujian sekolah sd 2021 ini diharapkan nantinya siswa mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Sekolah berbasis online melalui kajian materi yang akan di UAS kan nantinya.

Kisi-kisi ujian sekolah sd 2020-2021 dibuat berdasarkan kriteria materi yang akan dijadikan soal ketika ujian, sehingga akan lebih mudah siswa dalam mempelajari dan mempersiapkan apa yang mereka mesti lakukan untuk UAS nantinya.

Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS
Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS

Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS


Jenis Sekolah    : SD/MI
Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial
Alokasi Waktu    : 2 jam (120 menit)
Jumlah Soal    : 30 Pilihan Ganda, 20 Isian dan  10  Uraian
Tahun Pelajaran    : 2020 /2021

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

INDIKATOR SOAL

Level Kognitif

Bentuk Soal

Pilihan Ganda

Isian

Uraian

1.

Mengidentifikasi karakteristik ruang dan

Pemanfaatan sumber Daya alam untuk

Kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/

Kabupaten sampai tingkat provinsi.

 

Sumber Daya Alam

Disajikan jenis-jenis sumberdaya alam , peserta didik dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam kedalam kelompok tertentu

L.3

1

 

1

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan cara memperoleh sumber daya alam tertentu

L.2

2

1

 

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menyebutkan manfaat salah satu sumberdaya alam tertentu di Indonesia

L.1

3

2

 

Disajikan sebuah ilustrasi tentang persebaran sumber daya alam, peserta didik dapat menentukan jenis sumber daya alam serta wilayah asalnya secara tepat

L.2

4

 

 

2.

Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang

Keragaman sosial, ekononi, budaya, etnis, dan agama di Indonesia

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat mengidentifikasi nilai yang terkandung pada salah satu tradisi unik wilayah setempat.

L.1

5

3

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan fungsi bangunan tradisional pada daerah tertentu di Indonesia.

L.3

6

4

 

3

.

Mengidentifikasikegiatanekonomidan

hubungannyadenganberbagaibidangpekerjaan, sertakehidupansosialdanbudaya

di lingkungansekitarsampaiprovinsi

Kegiatan Ekonomi

 

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan mata pencaharian yang sesuai dengan sumber daya alam wilayah setempat dengan benar

L.3

7

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis kegiatan ekonomi yang dilakukan secara tepat

L.1

8

5

 

4.

Mengidentifikasi Kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini

Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan kerajaan atau rajanya yang bercorak Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam  di Indonesia.

L1

 

6

 

Disajikan gambar,peserta didik dapat menentukan peninggalan bersejarah pada zaman kerajaan  Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam  di Indonesia.

L.1

9

 

 

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menentutkan perubahan nama suatu tempat pada zaman pemerintahan kerajaan bercorak Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam  di Indonesia.

L.1

10

7

2

5.

Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekoniomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi

Letak Geografis Wilayah Indonesia

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat menentukan penyebab kondisi atau keadaan budaya Indonesia yang beragam.

L.3

11

 

 

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat mengidentifikasi kekayaan alam sebagai pengaruh posisi tertentu wilayah Indonesia.

L.2

 

 

3

Disajikan ilustrasi,peserta didik dapat mengidentifikasi dampak dari letak wilayah Indonesia.

 

L.3

12

8

4

 

6.

Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa

 

Interaksi Manusia dengan Lingkungan

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan dampak (positif/ atau dampak negatif) interaksi manusia dengan lingkungan alam secara tepat

L.3

   13

 

 

Peserta didik mampu menentukan bentuk kegiatan yang merupakan upaya melestarikan lingkungan

L.2

 

9

 

7.

Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya,dan  ekonomi masyarakat Indonesia

 

Peran Ekonomi Untuk Kesejahteraan Rakyat

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan lokasi atau kegiatan ekonomi yang dilakukan.

L.2

14

 

 

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan usaha peningkatan hasil produksi sektor agraris secara tepat.

L.2

15

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menjelaskan bentuk usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok dengan benar

 

L.2

 

10

5

8

Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.

ASEAN

Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik geografis wilayah ASEAN dengan benar

L.2

16

11

 

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menggali informasi tentang organisasi ASEAN dengan benar

L.2

17

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi kehidupan sosial budaya di wilayah ASEAN dengan benar

L.2

18

12

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi fakta politik yang terdapat di wilayah ASEAN dengan benar

L.2

 

13

 

Disajikan gambar tokoh, peserta didik dapat menentukan peran tokoh pendiri ASEAN secara tepat

L.2

19

 

6

9

Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

Perubahan social budaya dalam rangka modernisasi

Peserta didik dapat menganalisis dampak modernisasi bagi bangsa Indonesia dengan benar

L.4

20

 

7

Peserta didik dapat menganalisis pengaruh modernisasi bagi bangsa Indonesia dengan benar.

L.4

21

14, 15

 

Peserta didik dapat menganalisis cara mewujudkan pembangunan Indonesia secara tepat

L.4

22, 23

 

 

10

Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

Peran Indonesia dalam lingkup ASEAN

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat Mengidentifikasi peran Indonesia dalam lingkup ASEAN secara tepat

L.2

24,25

 

 

Peserta didik dapat mengidentifikasi contoh kerjasama Indonesia di wilayah ASEAN dengan benar

L.2

26

16,17

8

11

Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera

Makna proklamasi kemerdekaan serta upaya mempertahankan kemerdekaan

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menggali informasi mengenai peristiwa Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia dengan benar

L.3

27

18

9

Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi peran tokoh proklamasi kemerdekaan dengan benar

L.2

28

 

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat mengidentifikasi lembaga yang berperan pada awal kemerdekaan secara tepat

L.2

29

 

 

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat Mengidentifikasi perundingan dan konferensi secara tepat.

L.2

30

   19

 

Disajikan sebuah Ilustrasi, peserta didik dapat Menjelaskan peristiwa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan benar.

L.2

 

20

 

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat Menjelaskan upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa secara tepat.

L.2

 

 

10

 

Jika kisi - kisi diatas dirasa masih kurang jelas bisa kalian dapatkan pada link dibawah ini

DOWNLOAD

HOW TO DOWNLOAD

#Artikel terkait:

  • kisi-kisi ujian sekolah sd tahun 2020 2021
  • kisi-kisi ujian sekolah sd tahun 2021
  • kisi-kisi ujian sekolah sd 2021 kelas 6

 

Penutup: Demikian Kisi - Kisi Ujian Sekolah SD/ MI Tahun Pelajaran 2020/ 2021 Mapel IPS yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Baca juga

Tags :