Materi IPS Kelas 6 Alat Komunikasi Masa Lampau Dan Masa Kini
![]() |
Materi IPS Kelas 6 Alat Komunikasi Masa Lampau Dan Masa Kini |
Perkembangan alat komunikasi sudah terjadi sejak zaman dahulu, dimana ketika itu manusia cendrung menggunakan alat komunikasi sederhana dan tradisional, dan hingga kini manusia sudah menggunakan alat komunikasi modern yang sudah tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
Alat komunikasi mengalami perkembangan, seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini menyebabkan perbedaan antara alat komunikasi masa dulu dan sekarang.`
Perbedaan Alat Komunikasi Masa Lalu Dan Masa Kini
Alat komunikasi mengalami perkembangan, seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini menyebabkan perbedaan antara alat komunikasi masa dulu dan sekarang. Secara umum perbedaan alat komunikasi masa lalu dan masa kini adalah seperti tabel berikut ini:
NO
|
Komunikasi Masa
Lampau/ Tradisional
|
Komunikasi Masa
Kini/ Modern
|
1.
|
jarak jangkau terbatas
|
jarak jangkau sangat jauh
|
2.
|
Komponennya sederhana, murah dan bisa didapat dari alam
|
peralatannya rumit
|
3.
|
Pembuatannya mudah
|
mudah didapat
|
4.
|
Kurang fleksibel
|
fleksibel dan praktis
|
5.
|
Penyampaian informasi lambat, dan jarak jangkau informasinya terbatas
|
Mewah dan berteknologi canggih.
|
Contoh Alat komunikasi Masa Lalu dan Masa Kini
Ada beberapa contoh alat komunikasi masa lalu dan masa kini antara lain seperti tabel berikut ini:
No
|
Contoh Alat
Komunikasi Masa lalu
|
Contoh Alat
komunikasi Masa Kini
|
1.
|
Api/ Asap
|
LCD Projektor
|
2.
|
Kentungan
|
Telephone
|
3.
|
Gong
|
Radio
|
4.
|
Lonceng
|
Ponsel
|
5.
|
Bedug
|
Laptop
|
6.
|
Telpon Kaleng
|
Smart Watch
|
Nah setelah kalian memahami perbedaan alat komunikasi modern dan tradisional beserta contohnya, selanjutnya silahkan kalian kerjakan tugas berikut ini.
Tugas Mandiri
Silahkan kalian perhatikan buku Tematik 6 I halaman 37 - 38. Kerjakan pada buku laitiah kalian!
Penutup: Demikian Pembelajaran IPS kali ini, berkaitan dengan Materi IPS Kelas 6 Alat Komunikasi Masa Lampau Dan Masa Kini
seconds.